in ,

4 Mitos Rumah Angker di Indonesia, Lokasi Syuting Perempuan Tanah Jahanam Seram

Mana yang paling seram ya?

Di Indonesia banyak sekali terdapat rumah-rumah yang terbengkalai selama puluhan tahun. Dengan berbagai macam sejarah, gedung-gedung kokoh ini harus ditinggalkan begitu saja. Oleh karenanya, Travelingyuk akan merangkum sejumlah rumah terbengkalai yang dianggap angker di Indonesia. Kira-kira, rumah mana saja yang dimaksud? Kita tengok keseramannya di bawah ini. 

Baca juga : Kuliner Tradisional khas Batam, Gurihnya Bikin Ketagihan

1. Rumah Kapal 

rumah angker indonesia
Rumah Kapal via twitter/cumasejam

Rumah yang satu ini memang tidak besar, tetapi aura mistis sudah terasa kental meskipun kalian belum masuk ke dalamnya. Berlokasi di Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Rumah Kapal sendiri diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat tinggal bagi beberapa jenis jin. 

Jin yang tinggal di rumah ini sosoknya tinggi besar dan menyerupai kelelawar. Selain itu, ada juga siluman naga yang mendiami rumah angker ini. Cerita seram dari Rumah Kapal semakin kental tatkala banyak kecelakaan yang mencederai orang yang melintas di dekat rumah ini.

Konon, peristiwa kecelakaan yang terjadi adalah ‘ulah’ dari makhluk gaib penunggu rumah. Mereka berbuat seperti itu, karena tidak suka dengan pengguna jalan yang seenaknya, seperti kebut-kebutan. 

2. Rumah Ambulance 

rumah angker indonesia
Rumah Ambulance via twitter/tempatangker

Apakah Teman Traveler pernah menonton film berjudul Hantu Ambulance? Ternyata, film ini terinspirasi dari sebuah rumah di Bandung ini. Di halaman rumah tersebut terparkir sebuah mobil ambulance tua yang tertutup. 

Peristiwa horor terjadi saat penutup mobil ambulance ini dibuka, seorang kru film kerasukan dan bohlam lampu kamera menjadi pecah. Tapi, ada juga kisah lain yang menyebutkan bahwa rumah ini adalah bekas tempat kos yang dijadikan lokasi prostitusi dengan kisah hantu ambulance untuk mengelabui warga. Namun untuk saat ini, rumah ambulance sudah beralih fungsi menjadi sebuah distro. 

3. Rumah Darmo 

Rumah Darmo via twitter/DS_NZero

Surabaya juga punya rumah angker yang sudah populer sejak dulu, bernama Darmo. Konon, rumah ini dulunya merupakan rumah mewah milih sebuah keluarga Belanda. Dilansir dari Bacaterus, keluarga ini menjadi kaya raya berkat pesugihan atau ilmu hitam. 

Akan tetapi, lama kelamaan keluarga ini tidak memenuhi perjanjiannya dengan mahluk halus. Mereka memilih kabur dengan jalur laut. Kemudian, kapal yang mereka tumpangi tenggelam dan menewaskan seluruh penumpangnya. 

Sejak saat itu rumah megah tersebut menjadi tak berpenghuni. Oleh karena itu,rumah tersebut kini ditinggali banyak makhluk halus yang kerap kali mengganggu warga sekitar ataupun orang yang mencoba masuk ke dalamnya.

4. Rumah Lemahbang Dewo 

Rumah Lemahbang Dewo via youtube/RIQI tv

Selanjutnya ada Rumah Lemahbang Dewo yang ada di Desa Lemahbangdewo, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Rumah satu ini memiliki tampilan yang sangat menyeramkan. Ini diperlengkap dengan adanya pohon yang akar-akarnya menjalar di dinding rumah. Selain itu, catnya yang kusam juga semakin menjelaskan kalau tempat ini sudah lama tak terurus. Benar saja, menurut warga setempat, rumah mewah ini ternyata sudah 30 tahun terbengkalai. 

Hal inilah yang membuat Joko Anwar semakin yakin menggunakan rumah ini sebagai lokasi syuting Perempuan Tanah Jahanam. Namun, ada banyak risiko yang diterima dirinya beserta kru saat syuting di lokasi tersebut. Seperti bayangan tiga anak kecil yang tidak mau menghilang ketika sedang pengambilan gambar. 

Itulah deretan rumah yang dianggap angker di Indonesia. Mereka memiliki sejarah dan cerita mistis masing-masing yang membuat semua orang bergidik ngeri. Nah, apakah di kota kalian ada rumah-rumah yang dianggap mengerikan oleh warga setempat? Kalau ada, share di kolom komentar, ya. 
Next

ramadan

Hari Puspa&Satwa Nasional, Wisata Penangkaran Hewan di Indonesia

Destinasi Terindah Sumba

Destinasi Terindah di Sumba, Salah Satunya Tempat Persinggahan Arwah