in ,

Jalan-jalan ke Rumah Mewah Para Bangsawan di Jawa

Jawa bukan hanya dikenal akan pantai dan gunungnya. Ternyata, ada loh tempat wisata cantik dan menarik perhatian banyak orang, bahkan di mata wisatawan asing. Salah satunya adalah keraton yang merupakan rumah mewah bagi para bangsawan Jawa beserta keluarganya. Wah, lalu seperti apa sih kemegahan dari keraton di Jawa ini? Yuk, simak rangkumannya berikut ini!

Baca juga : Kuliner Enak Sekitar Simpang Lima Semarang, Kenyang Hingga Tengah Malam

1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat [image source]
Berlokasi di pusat kota Yogyakarta dan masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan, bahkan tradisi kesultanan masih tetap berjalan. Bangunan tua yang secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia ini memiliki arsitektur cantik dan termasuk istana terbaik di Jawa. Selain menjadi tempat tinggal sultan, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat juga menjadi objek wisata Jogja sasaran banyak orang. Di dalamnya terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan sejak zaman pertama kali dibangun. Selain gedung, tempat bersejarah ini juga memiliki taman cantik bak istana di luar negeri.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Taman
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Taman [image source]
Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta.

2. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan
Keraton Kasepuhan [image source]
Bagi warga Cirebon pasti sudah hafal dengan lokasi keraton satu ini. Yap, keraton Kasepuhan terletak di Jl. Kasepuhan no. 43, Lemahwungkuk, Cirebon. Dikenal juga sebagai tempat tinggal kuno yang megah dan terawat. Kasepuhan juga memiliki arsitektur yang indah dan berbeda dengan lainnya. Dulu menjadi pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon, bangunan satu ini juga memiliki banyak benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan sejak era Sunan Gunung Jati. Yang paling antik adalah kereta Singa Barong yang sudah tidak digunakan dan dikeluarkan setahun sekali untuk dimandikan.

Keraton Kasepuhan, Cirebon
Keraton Kasepuhan, Cirebon [image source]
Alamat : Jalan Kasepuhan no 43, Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

3. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan
Keraton Kacirebonan [image source]
Selain Kasepuhan, Cirebon memiliki satu lagi keraton yang masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Ialah Keraton Kacirebonan yang terletak di wilayah kelurahan Pulasaren, Pekalipan, tepatnya 1 km sebelah barat daya dari Keraton Kasepuhan. Tak kalah cantik dan terawat, bangunan tua yang menjadi istana bagi bangsawan terdahulu ini memiliki arsitektur yang menawan. Selain itu, beberapa tradisi seperti Upacara Pajang Jimat dan beberapa lainnya masih tetap dilaksanakan demi menjaga budaya yang ada. Jalan-jalan ke sini pasti bakalan seru sekaligus kaya ilmu.

Keraton Kacirebonan, Cirebon
Keraton Kacirebonan, Cirebon [image source]
Alamat : Pulasaren, Pekalipan, Pulasare, Cirebon, Jawa Barat

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta [image source]
Selain Jogja, Solo juga memiliki istana. Ialah Keraton Surakarta Hadingningrat, pengganti istana Kartasura yang porak poranda akibat Geger Pecinan pada tahun 1743. Dua keraton ini sebenarnya memiliki banyak persamaan, mulai dari arsitektur hingga tata ruang terlihat menyerupai. Bagaimana tidak, ternyata dua tempat tinggal sultan ini dikerjakan oleh arsitekt yang sama. Tidak perlu khawatir, tradisi kesultanan masih erat di pegang di sini.

Keraton Surakarta
Keraton Surakarta [image source]
Alamat : Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta

5. Pura Mangkunagaran

Pura Mangkunegaran Malam
Pura Mangkunegaran Malam [image source]
Istana mewah di Jawa berikutnya yang tak kalah menarik perhatian adalah Pura Mangkunagaran. Bangunan tua ini terletak di Surakarta dan memiliki gaya yang hampir sama dengan Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Bentuknya seperti rumah khas Belanda dengan warna serba putih dan mewah. Bukan hanya di luarnya saja, bagian dalam pun juga elegan dengan barang-barang mewah ala Eropa.

Pura Mangkunegaran, Solo
Pura Mangkunegaran, Solo [image source]
Alamat : Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surkarta, Jawa Tengah 57131, Indonesia

6. Pura Paku Alaman

Pura Pakualaman
Pura Pakualaman [image source]
Istana yang terlupakan, begitulah banyak orang menyebut Pura Paku Alaman. Bangunan yang terletak di Jalan Sultan Agung, Jogja ini merupakan istana Kadipaten Paku Alaman. Tak sebesar Kraton kesultanan, nampak lebih sederhana tapi unik. Selain Dalem Ageng Proboyekso dengan arsitektur yang indah, Bangsal Sewarengga, Gedung Maerakaca, juga ada perpustakaan di dalamnya. Tentu saja, beberapa dokumen perjanjian, atribut kerajaan terdahulu, hingga foto bersejarah dipamerkan di beberapa bagian istana.

Pura Pakualaman Gerbang
Pura Pakualaman Gerbang [image source]
Alamat : Jl. Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.

Cantik, terawat dan bernilai seni  tinggi, begitulah melihat pesona rumah mewah yang ada di tanah Jawa ini. Nah, dari beberapa bangunan di atas, mana nih yang sudah kamu kunjungi? Next

ramadan
Pemakaman Tanpa dikubur

Trunyan, Desa Mistis di Bali yang Terkenal dengan Pemakaman Uniknya

Lezatnya Es Krim Citarasa Peninggalan Belanda di Indonesia