in ,

Sempat Akan Jadi Parkiran, Rumah Bung Tomo Kini Kembali Dibangun

Mengenang Rumah Bung Tomo yang Kini Dibangun Kembali Setelah Sempat Dirobohkan

Rumah Radio Bung Tomo
Rumah Radio Bung Tomo

Peristiwa pertempuran 10 November saat arek-arek Suroboyo dengan gigih melawan pasukan Britania Raya memang telah terjadi 73 tahun lalu. Kala itu Bung Tomo mengumandangkan pidato dengan semangat membara melalui radio, menyemangati pemuda Surabaya, untuk tidak menyerah terhadap pasukan sekutu. Siaran tersebut dilakukan di rumah Bung Tomo yang berlokasi di Jalan Mawar Nomor 10-12 Surabaya. Lalu bagaimanakah kabar rumah berstatus sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) tersebut?

Baca juga : Kuotie Shantung 68, Kuliner Legendaris di Kawasan Pancoran

Rumah Saksi Bisu Peristiwa 10 November

Kondisi Rumah Bung Tomo Sebelum Diratakan via Jawapos.com
Kondisi  Sebelum Diratakan via Dite Surendra/Jawapos.com

Walaupun telah berlalu, namun semangat Bung Tomo dan arek-arek Suroboyo dalam berjuang sebaiknya dicontoh. Dalam rangka mengenang peristiwa pertempuran tersebut, rakyat Indonesia merayakan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November, tahun ini memasuki tahun ke-73. Tidak hanya di nusantara, perjuangan Indonesia pun dikenal di luar negeri berkat pidato salah satu warga negara Amerika. Dilakukan di Rumah Bung Tomo atau dikenal juga dengan sebutan Rumah Radio Bung Tomo. Pidato Bung Tomo dan warga negara Amerika tersebut mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo dan Indonesia untuk tidak menyerah mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Digunakan Sebagai Studio Siaran via Tempo.co
Digunakan Sebagai Studio Siaran via Dukut/Tempo.co

Bangunan Cagar Budaya yang Dirobohkan demi Kepentingan Bisnis

Rumah Bung Tomo sempat Diratakan via Kompas.com
Sempat Diratakan via Achmad Faizal/Kompas.com

Rumah Radio Bung Tomo telah diresmikan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Surabaya Nomor 188.45 tahun 1998. Rumah yang bertempat di Jalan Mawar Nomor 10-12 itu oleh pemiliknya telah dibagi menjadi 3 bagian. Salah satu bagian dibeli oleh pihak swasta, kemudian dirobohkan untuk dijadikan parkiran pusat perbelanjaan pada tahun 2016 lalu. Kejadian tersebut terlepas dari perhatian pemerintah dan masyarakat setempat.

Bangunan Cagar Budaya Semenjak Tahun 1998 via Instagram @hudagar
Bangunan Cagar Budaya Semenjak Tahun 1998 via Instagram @hudagar

Rumah Radio Bung Tomo Dibangun Kembali

Putra Bung Tomo Menunjukkan Rumah Bung Tomo via Instagram @radarsurabaya
Menunjukkan Rumah Awal Bung Tomo via Instagram @radarsurabaya

Terjadi protes dari beberapa kalangan, akhirnya pihak pembeli tersebut menghentikan aksinya. Setelah melalui proses panjang, pemilik lahan pun memutuskan untuk membangun ulang rumah bersejarah milik Bung Tomo tersebut. Pembangunan ditargetkan dapat selesai dalam kurun waktu tiga tahun, yaitu 2020.

Proses Pembangunan Ulang Sempat Diprotes

Rumah Radio Bung Tomo via Liputan6
Rumah Radio Bung Tomo via Liputan6.com

Sayangnya dalam prosedur pembangunan kawasan bersejarah ini sempat mengalami kendala, salah satunya protes dari pihak tertentu mengenai desain rumah yang dianggap tidak sesuai dengan bentuk asli bangunan. Setelah sempat tidak terdengar kabarnya, pembangunan rumah sudah mengalami perkembangan sampai beberapa waktu lalu. Bangunan sudah berdiri hingga bagian atapnya. Status Bangunan Cagar Budaya Rumah Radio Bung Tomo akan tetap dipertahankan.

Semoga pembangunan tempat bersejarah ini bisa berjalan dengan mulus dan selesai tepat waktu ya. Sehingga generasi muda bisa napak tilas Hari Pahlawan, perjuangan Bung Tomo dan arek-arek Suroboyo. Bagaimana nih menurut pendapat teman-teman mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dengan Rumah Radio Bung Tomo? Next

ramadan
Wisata Sejarah di Tanah Datar

Wisata Sejarah di Tanah Datar, Menilik Masa Lalu di Tanah Minangkabau

Mata Air Citaman di Pandeglang

Jernihnya Mata Air Citaman di Banten, Situs Purbakala yang Berusia 2500 Tahun