in , ,

Rumah Teh Ndoro Donker, Nikmatnya Menyesap White Tea di Kaki Lawu

Ngeteh Sambil Dimanja Sejuknya Udara Pegunungan di Rumah Teh Ndoro Donker

Rumah Teh Ndoro Donker
Rumah Teh Ndoro Donker (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Ingin menikmati teh dengan suasana beda di dekat Solo? Teman Traveler bisa berkunjung ke Rumah Teh Ndoro Donker. Tempatnya ada di kawasan Ngargoyoso, sekitaran kaki Gunung Lawu. Di sini kalian bisa meneguk secangkir teh nikmat, sambil ditemani semilir angin dan hamparan perkebunan cantik.

Baca juga : The Unknown Underground Worlds of Jogjakarta

Sejarah Panjang

dscf2289_U5g.JPG
Depan Rumah Teh Ndoro Donker (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sebelum jadi tempat nongkrong dengan specialty teh seperti sekarang, bangunan Ndoro Donker merupakan rumah kepala kebun teh Desa Kemuning yang dimiliki sebuah perusahaan Belanda. Tempatnya konon telah berdiri sejak tahun 1700-an.

Fungsinya sempat beralih menjadi rumah kepala kebun PT. Rumpun Sari, hingga akhirnya direnovasi menjadi Rumah Teh Ndoro Donker pada 2011. Sebelumnya, tempat ini sempat lama kosong dan tidak dihuni.

Sensasi Ngeteh yang Beda

dscf2121_HG8.JPG
Nuansa ngeteh yang beda (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Mengunjungi Rumah Teh Ndoro Donker, Teman Traveler bakal disuguhi suasana yang berbeda. Lokasinya berada di tengah perkebunan teh Dusun Kemuning, membuat suasana di sekitar sini terasa sangat menyejukkan. Pemandangan hamparan perkebunan luas serasa membuat pikiran tenang
dan rileks sejenak.

Sebagian besar pengunjung lebih suka duduk di ruang terbuka yang ada di samping dan belakang bangunan karena langsung menghadap kebun teh. Teman Traveler harus merasakan ngeteh di sini, sebab sensasinya memang benar-benar beda.

Beragam Menu yang Tersedia

dscf2088_n0x.JPG
Beragam menu yang tersedia (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Sebagai salah satu rumah teh yang lumayan terkenal, mereka sajikan aneka varian racikan teh di sini. Semuanya miliki rasa nikmat yang begitu khas. Teman Traveler bisa membelinya per cangkir, atau teko jika kalian datang bersama rombongan.

Jika tertarik mencicipi teh premium dari Ndoro Donker, Teman Traveler bisa pesan White Tea. Menu yang jadi salah satu andalan mereka ini dibanderol Rp55.000 per teko. Bahan utamanya adalah pucuk daun teh putih, yang jumlah pohonnya tidak terlalu banyak di kawasan perkebunan sekitar sini.

dscf2102_Dic.JPG
Secangkir Teh dan Fried Cassava (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Mereka juga sediakan beberapa kuliner yang namanya terdengar cukup asing. Sebut saja Timus Batang Keju. Usut punya usut, timus merupakan makanan tradisional Jawa yang terbuat dari ubi parut goreng. Rasanya dominan manis.

Teman Traveler juga bisa mencicipi Cassava Roll, Fried
Cassava, atau Ketela Lumur Madu yang dijamin bakal bikin air liur menetes! Percaya deh, takkan rugi habiskan waktu akhir pekan di sini.

Lokasi

dscf2171_yos.JPG
Hamparan kebun teh di sekitar kedai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Tempat ini buka tiap hari, mulai pukul 09.00 sampai 18.00. Alamatnya berada di Jalan Karangpandan – Ngargoyoso, Kemuning, Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jika berangkat dari Solo, Teman Traveler bakal menempuh waktu perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Siap-siap melewati jalan berkelok dan naik turun ya, lantaran tempat nongkrong keren ini berada di kaki Gunung Lawu. 

Itulah sedikit ulasan mengenai Rumah Teh Ndoro Donker, tempat apik untuk menikmati teh dengan cara berbeda di Solo. Suasana dan deretan menunya dijamin bakal bikin Teman Traveler puas. Jadi jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Solo ya. Next

ramadan

Memandang Alam Minangkabau di Puncak Pusaran Angin

Hotel Ciputra World Surabaya

Hotel Ciputra World, Akomodasi Artistik dengan Sky Pool di Surabaya