in ,

Sambai Oen Peugagah, Kuliner Unik di Aceh yang Terbuat dari 44 Jenis Dedaunan

Sambai Oen Peugagah Khas Aceh

Sambai Oen Peugagah

Aceh memiliki pesona tersendiri yang menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya keindahan alam, kulinernya pun susah untuk dilupakan. Apalagi mie aceh yang dicampur dengan kepiting ukuran besar. Tidak hanya itu, ada kuliner unik Aceh yang terbuat dari berbagai jenis daun. Namanya Sambai Oen Peugagah yang biasanya hanya ada saat bulan suci Ramadan datang.

Baca juga : Beautiful Flower Gardens You Must Visit in Bali

Menu Tradisional Sejak Zaman Kerajaan

Kuliner Unik dengan banyak macam daun
Kuliner Unik dengan banyak macam daun via instagram/@sy.rachella

Saat menyambut bulan suci, Aceh menggelar tradisi meugang. Dalam acara tersebut, ada juga kuliner khas yang tak pernah lupa disajikan. Namanya Sambai Oen Peugagah yang dipercaya menjadi makanan favorit bagi nenek moyang mereka. Konon, sajian istimewa ini sudah ada pada zaman kerajaan Aceh. Hingga saat ini terus dilestarikan agar tak dilupakan.

Mirip Urap dengan 44 Jenis Daun

Disajikan dengan kelapa parut
Disajikan dengan kelapa parut via instagram/@fitrianisamidan

Sambai Oen Peugagah bisa dikatakan sebagai lalapan yang sekilas mirip dengan urap. Bedanya, warna dominan hijau. Tidak hanya itu, racikan untuk membuat kuliner unik ini juga membutuhkan resep rahasia. Setidaknya 44 jenis daun dipersiapkan demi mendapatkan cita rasa sempurna. Ada jeruk purut, daun mengkudu, peugagah, sigeuntot, hingga daun lawah. Sayang, kini makanan ini tidak menggunakan jenis dedaunan lengkap. Hal ini karena bahan bakunya yang makin susah ditemukan.

Disantap dengan Taburan Kelapa Parut

Hanya ada saat bulan ramadhan
Hanya ada saat bulan ramadhan via instagram/@salman_atjeh

Untuk membuat kuliner unik ini butuh teknik khusus yang harus dikuasai. Kalau tidak, aromanya akan menyengat. Setelah proses penyucian, semua jenis daun dicincang tipis. Setelah itu dilumur dengan kelapa parut yang sudah dicampur dengan bumbu spesial. Isinya tidak lain rajangan bawang merah, cabai mreah, bunga kala, cabai rawit, hingga asam sunti. Biasanya, ada yang menaburi  bawang goreng, kacang atau kemiri goreng yang sudah dihaluskan. Soal rasanya, gurih, pedas, asam yang nagih.

Menu Berbuka yang Khas dari Aceh

Sambal khas Aceh
Sambal khas Aceh via instagram/@danirandi

Sajian nikmat ini tidak akan kamu temukan saat hari biasa. Hanya bulan di suci saja kamu bisa menemukannya di beberapa tempat. Bahkan di kota Banda Aceh kamu sangat mudah menemukannya. Tempat lain yang menawarkan menu ini ada di Peunayong, Gampong Baro dan Ulee Kareng.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner enak di Aceh ini kan? Yuk, liburan ke Kota Serambi Mekkah. Next

ramadan
Via Instagram puncakpatran

Puncak Patran Batang, Panorama di Atas Awan Berpadu Wisata Kekinian

4 Film Dokumenter yang Akan Membuatmu Ingin Segera Keliling Dunia