in ,

Sate Kambing Bu Hj. Bejo, Kuliner Legendaris di Solo Favorit Jokowi

Salah Satu Legenda Kuliner di Solo, Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Sate Kambing Bu Hj. Bejo di Solo
Sate Kambing Bu Hj. Bejo di Solo

Sebagai kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi), Solo memang menyuguhkan banyak tempat makan enak. Dan sebagian besar tempat kuliner di Solo sudah dicicipi oleh Presiden Indonesia ke-7 ini. Salah satu yang jadi favorit presiden Jokowi adalah Sate Kambing Bu Hj. Bejo yang sudah ada hampir 4 dekade lamanya. Yuk ulas lebih mendalam mengenai kuliner Solo ini.

Baca juga : Piknik ‘Aesthetic’ di Galso Cafe Batu

Kuliner Legendaris Sudah Ada Sejak 1970-an

Sate Kambing, Via Instagram/kyirfano
Sate Kambing, Via Instagram/kyirfano

Tidak hanya digemari oleh Presiden Jokowi dan keluarganya, tempat kuliner yang telah lama berdiri ini jadi favorit masyarakat luas. Sudah dirintis sejak tahun 1970-an, warung satu ini masih eksis. Awalnya, Hj. Bejo bersama dengan suaminya, almarhum Bejo memulai usahanya pada tahun 1971 menggunakan gerobak yang dipikul.

Sehari-hari, pasangan ini menjual barang dagangannya dengan berjalan kaki dengan rute yang tidak menentu, tujuannya cuma satu supaya dagangannya cepat laku. Kemudian di tahun 1999, warung yang menjual sate tersebut pindah ke Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lembu, atau yang lebih terkenal dengan Lojiwetan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta yang masih ditempati hingga sekarang ini.

Rahasia Kelezatan Menu Unggulan

Sate Buntel Hj. Bejo, Via Instagram/soloculinery
Sate Buntel Hj. Bejo, Via Instagram/soloculinery

Menu-menu yang ditawarkan di Sate Kambing Bu Hj. Bejo adalah berbagai macam olahan kambing seperti halnya sate, sate buntel, gule, tongseng, tengkleng, dan juga nasi goreng. Citarasa dari berbagai menu yang disuguhkan begitu khas, tak salah banyak orang rela antri untuk mencicipinya. Dan dari banyaknya menu yang ditawarkan, sate buntel dan juga tengkleng merupakan yang paling difavoritkan.

Disuguhkan di piring dan tanpa tusuk, Via Instagram/kanmakan.sakmasak
Disuguhkan di piring dan tanpa tusuk, Via Instagram/kanmakan.sakmasak

Rasa sate buntel di Warung Sate Bu Hj. Bejo ini begitu nikmat dan bumbu-bumbunya pas. Karena hal itulah, sampai sekarang Presiden Jokowi dan keluarga masih kerap berkunjung.

Salah satu resep rahasia yang membuat sate buntel di sini memiliki rasa yang nikmat adalah proses pencelupan dan peresapan bumbunya yang dilakukan berkali-kali. Mulai dari saat digiling, sebelum disate dan saat proses pemasakan.

Bikin air liur mengucur, Via Instagram/ny.rempong
Bikin air liur mengucur, Via Instagram/ny.rempong

Sate buntel di sini empuk, tidak ada aroma prengus kambingnya. Bumbunya juga memiliki citarasa yang begitu kuat. Biasanya sate buntel ini disajikan dengan nasi hangat dan bumbu kecap. Jika ingin rasanya lebih nikmat, Teman Traveler bisa meminta sambel rawit merah ulek, atau cabai utuh. Satu lagi ciri khas di Sate Kambing Bu Hj. Bejo, yakni sate buntelnya dilepas dari tusukan. Tapi jika ingin dengan tusuknya, bisa minta ke penjual.

Harga Sate Kambing Bu Hj. Bejo

Harga menu, Via Instagram/ny.rempong
Harga menu, Via Instagram/ny.rempong

Sate Kambing Bu Hj. Bejo buka setiap hari mulai jam 07:00 pagi sampai pukul 16:00. Sate kambing, sate buntel, dan tengkleng di sini dibanderol dengan harga Rp45.000 per porsinya. Harga yang cukup sepadan dengan rasa yang ditawarkan. Maka dari itulah, jangan lupa untuk mampir jika sedang traveling ke Solo.

Solo memang menyuguhkan ragam pilihan kuliner dengan citarasa yang tidak perlu untuk diragukan lagi kelezatannya. Nah, apakah kamu pernah mencoba sate Kambing Bu Hj. Bejo ini, yuk share ceritanya di kolom komentar. Apakah Teman Traveler termasuk yang doyan dengan sate buntel? Next

ramadan
Via Instagram/kelly_tandiono

Wisata Tempat Berkuda di Jakarta dan Sekitarnya, Liburan Sembari Olahraga

Pesta Rakyat Banda 2018 di Maluku

Pesta Rakyat Banda 2018, Menilik Sejarah Indonesia di Kepulauan Banda Maluku