in ,

Sate Melayu, Unik dengan Siraman Sari Jeruk Kit Kia Asli Kalimantan Barat

Sate Melayu Berkuah Khas Kalimantan Barat Disiram dengan Jeruk Kit Kia

Sate Melayu Khas Kalimantan Barat
Sate Melayu Khas Kalimantan Barat

Kekayaan kuliner Indonesia yang tidak terkira jumlahnya dengan citarasa khas daerah masing-masing menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong lokal maupun internasional. Walaupun terlihat sama, namun beberapa sajian nusantara mempunyai suatu ciri khas, misalnya saja Sate Melayu.

Baca juga : Oleh-oleh Pontianak, Siap-siap Borong Banyak!

Teman Traveler mungkin pernah mendengar tentang sate Padang atau sate Ponorogo yang memiliki saus ciri khas daerah tersebut. Nah satu lagi cara penyajian penganan populer di Indonesia ini, sate Melayu khas Kalimantan Barat. Seperti apa sih keunikannya bisa dibaca pada ulasan berikut ya.

Jeruk Kit Kia Khas Pontianak sebagai Penguat Citarasa

Perasan Jeruk Memperkuat Citarasa via Instagram @buncitfoodies

Sate yang berasal dari Malayu, Kalimantan Barat ini terbuat dari daging ayam ataupun daging sapi yang dihidangkan dengan kuah kaldu. Itulah pembeda dengan sate pada umumnya. Selain itu, untuk menambah kelezatan sate Melayu ditambahkan jeruk kit kia atau songkit yang tumbuh di Kalimantan Barat banyak ditemukan di Pontianak. Penggunaan jeruk kit kia terkadang memang digantikan oleh jeruk sambal atau jeruk nipis, sehingga terasa berbeda.

Bumbu Medok Melayu Dibalik Kelezatan Sate

Pembakaran Sate yang Sudah Direndam Bumbu Medok Melayu via Instagram @simonmitra73

Keunikan lain sate Melayu adalah pada proses pembuatannya, daging ayam atau sapi yang sudah ditusuk-tusuk direndam dalam bumbu medok Melayu sehari sebelum dibakar. Bumbu ini memiliki tekstur kental dengan dominasi citarasa rempah-rempah, sebut saja kunyit. Berkat rempah-rempah yang terkandung di dalamnya, citarasa sate Melayu menjadi sangat kaya.

Dihidangkan dengan Kuah Kaldu

Sate Berkuah via Instagram @buncitfoodies

Benar-benar tidak ada habisnya jika membahas keistimewaan sate Melayu, kalau sate pada umumnya disiram dengan bumbu kacang atau kecap. Maka penganan satu ini dihidangkan dengan kuah kaldu, terbuat dari jenis daging satenya, dicampur kayu manis dan bunga pekak. Penyajiannya pun spesial, dalam satu wadah terdapat potongan ketupat, timun, lalu sate yang telah dibakar, disiram dengan kuah kaldu. Terakhir tentu tidak ketinggalan perasan jeruk kit kia atau songkit.

Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Patut Dipertahankan

Kuliner dari Malayu Kalimantan Barat via Instagram @buncitfoodies

Sate Melayu memiliki citarasa manis dan berempah ini termasuk cukup populer di Kalimantan. Kalau sudah mencoba sekali, akan kecanduan karena banyaknya keunikan sajian ini seperti yang telah disebutkan di atas. Inilah alasan mengapa sate Melayu harus dipertahankan agar tetap bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Sate memang makanan populer bagi seluruh kalangan di Indonesia mulai dari anak-anak sampai orang tua, mulai dari kelas sosial atas sampai bawah. Pilihan untuk menyantap sate pun beragam, salah satunya seperti sate Melayu yang telah diulas di atas. Teman Traveler sudah pernah menjajal sate apa saja nih? Next

ramadan
Via Instagram/citraciki

Cantik Banget, Ini Dia Pose Artis Pakai Hanbok Saat Traveling ke Korea Selatan

Tips Liburan Hemat

Tips Hemat Budget Akomodasi Saat Liburan, Traveler Cerdas Wajib Catat!