in ,

Serunya Keluarga SBY Liburan ke Pacitan

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]

Pacitan adalah tanah kelahiran salah satu mantan presiden Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, nggak heran jika beliau dengan keluarga sering sekali berkunjung ke sana. Selain itu, Pacitan memang terkenal dengan wisata pantainya yang begitu menawan.  Daratannya dikelilingi oleh pegunungan dengan pemandangan alam menakjubkan. Belum lagi gua-gua yang akan memberikan pengalaman berkesan saat kamu memasukinya.

Baca juga : Yuk Mampir ke Istana Gebang Blitar, Kenalan dengan Rumah Masa Muda Soekarno

Di bulan Agustus Pacitan menggelar beberapa acara, salah satunya adalah Festival Hello Pacitan yang diadakan tanggal 17 hingga 21 Agustus kemarin. Acara tersebut adalah sebuah lomba selancar tingkat internasional yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Tentu saja aksi peselancar dalam menaklukkan ombak Pacitan adalah tontonan seru dan sayang dilewatkan. Bahkan keluarga SBY juga datang untuk liburan di Pacitan dan salah satu kegiatan mereka adalah menyaksikan lomba selancar bergengsi tersebut. Apakah kamu penasaran dengan aktivitas Bapak SBY, Ibu Ani dan keluarganya yang lain selama ada di Pacitan kemarin? Lihat sendiri foto-fotonya berikut ini.

1. Berkunjung ke Sungai Grindulu

Bukan hanya pantai yang menawan, tapi Pacitan juga indah dengan sungai-sungainya yang mengalir dari hulu ke muara. Beberapa di antaranya bahkan menyuguhkan pemandangan alam bak surga menakjubkan. Seperti tempat yang dikunjungi oleh keluarga SBY berikut ini. Nampak dalam foto Ibu Ani berfoto bersama dengan anak dan menantunya. Tak ketinggalan pula cucu laki-lakinya yaitu Airlangga Yudhoyono. Hamparan air sungai dengan latar belakang pegunungan begitu anggun dan serasi.

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]
Keluarga SBY di Pacitan [via instagram @aniyudhoyono]
Ya, tempat yang dimaksud dalam foto ini adalah Sungai Grindulu, Pacitan. Aliran sungai yang bermula dari Gunung Gembes (1.200 Mdpl) di perbatasan Desa Jeruk dengan Desa Bangunsari, Kecamatan Bandar ini melewati beberapa kecamatan. Mulai dari Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Pacitan dan bermuara di Samudera Hindia. Dengan begitu, panjang sungai mencapai 60 kilometer. Masyarakat sekitar sungai banyak melakukan aktivitas selain menonjolkan daya tarik pariwisatanya. Ada nelayan yang mencari ikan, hingga kuli penambang pasir serta batu kali.

2. Sungai Grindulu Menurut Ibu Ani Yudhoyono

Kebanyakan orang akan memilih pantai atau gunung sebagai tujuan wisata, jarang ada yang meraih ketertarikan pada sungai. Padahal banyak sekali sungai di Indonesia yang masih alami menyajikan pemandangan yang keren dan pas banget dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersantai entah bersama teman atau keluarga. Sungai Grindulu misalnya, memiliki arti tersendiri di benak keluarga SBY khususnya Ibu Ani Yudhoyono.

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]
Keluarga SBY di Pacitan [via instagram @aniyudhoyon0]
Beliau mengutarakan kekagumannya setelah melihat pemandangan di sekitar sungai Grindulu. Nampak dalam salah satu fotonya ada hamparan sungai, perahu nelayan, dengan tebing-tebing tinggi dihiasi aneka tumbuhan hijau.  “Kagum dengan jernihnya sungai Grindulu di Pacitan” kata Ibu Ani di keterangan foto Instagramnya.

3. Menyaksikan Peselancar di Pantai Pancer Door

Pacitan bukan hanya negeri 1001 gua, tapi juga terkenal dengan pantai yang menyuguhkan pemandangan alami dan suasana bak surga. Salah satu bukti keindahannya adalah Pantai Pancer Door. Tempat ini juga dikenal sebagai sebuah taman di pinggir kota karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pacitan.

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]
Keluarga SBY di Pacitan [via instagram @aniyudhoyono]
Kamu cukup menempuh perjalanan selama 10 menit saja sudah bisa merasakan terpaan angin laut dan aroma pantai yang begitu khas. Ombak di sini bisa digunakan untuk berselancar. Itulah mengapa diadakan acara rutin tingkat internasional seperti Hallo Pacitan dengan kegiatan lomba selancarnya. Beberapa kali Ibu Ani sempat memotret para peselancar yang sedang beraksi kemudian mengunggahnya di Instagram.

3. Hello Pacitan yang Menawan

Saat ini memang sedang banyak acara berkonsep  sport tourism yang digelar oleh berbagai pihak dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata. Ada lomba lari marathon yang digelar di Pulau Samosir, Danau Toba, hingga yang baru-baru ini kelar dilaksanakan adalah Hallo Pacitan. Tema acara yang bertajuk  “Flaming of the Sea.” tersebut, mampu menarik para wisatawan bahkan dari mancanegara.  Penampilan surfer top Asia di ajang tersebut rupanya mampu memberikan kesenangan tersendiri di benak Keluarga SBY.

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]
Keluarga SBY di Pacitan [via instagram @aniyudhoyono]
Terlihat ada beberapa postingan yang berkaitan dengan lomba selancar di Pacitan nampang di akun Instagram Ibu Ani Yudhoyono. Misalnya dalam foto ini, ada peselancar yang entah datang dari mana sedang berusaha menaklukkan ombak dan memberikan pertunjukan yang mengaggumkan. Dalam keterangan fotonya, Ibu Ani kembali menjelaskan tentang atraksi yang sedang dilihatnya saat itu. “Menyaksikan lomba berselancar (surfing) internasional di Pantai Pancer Door, Pacitan, dalam rangka Hello Pacitan 2016” tulis Ibu Ani dalam akun Instagramnya.

4. Piala untuk Penakluk Batang Pohon Pinang

Pada perayaan kemerdekaan Indonesia kali ini, SBY bersama dengan keluarga memang memilih untuk mengunjungi Pacitan. Selain datang ke berbagai lokasi wisata, mereka juga menyaksikan sebuah perhelatan rakyat yang seru dan meriah. Apalagi kalau bukan Lomba Panjat Pinang Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Pacitan. Pemenang akan mendapatkan piala bergilir yang khusus disiapkan oleh SBY untuk para peserta yang berhasil menjadi juara satu. Pada perlombaan tahun ini, pemenangnya adalah tim dari Suranto Gudel yang berasal dari Kecamatan Kebon Agung.

Keluarga SBY di Pacitan [via instagram]
Keluarga SBY di Pacitan [via instagram @aniyudhoyono]
Sebuah Ekspresi kebanggaan dan kepuasan terlihat jelas di raut muka Bapak Suranto atas kemenangannya kali ini. Momen keren tersebut diunggah oleh Ibu Ani Yudhoyono di akun Instagramnya juga. Dalam caption fotonya, beliau menceritakan jika ide pembuatan piala terinspirasi dari foto Bapak Suranto yang ikut lomba serupa tahun 2015 kemarin. “Tim Pak Suranto Gudel (Kecamatan Kebon Agung) berhak mendapat Piala Bergilir SBY, di mana piala ini khusus kami buat terinspirasi dengan foto dirinya yang saya ambil setahun yang lalu. From photography to creativity” tulis Ibu Ani Yudhoyono di postingan Instagram tanggal 19 Agustus 2016.

Itulah beberapa kegiatan keluarga SBY selama kunjungan ke Pacitan beberapa hari yang lalu. Lewat foto-foto di atas, keindahan Pacitan sebagai salah satu sudut Indonesia dengan pemandangan surgawi bisa begitu terlihat, setuju kan? Next

ramadan

Main air di Pantai-Pantai dengan Tiket Masuk Murah di Bali

Yuk ke Tempat Keren di Bengkulu, Biar Nggak di Rumah Melulu