in , , , ,

Bandung, Bermula dari Daerah Kekuasaan Raja sampai Menjadi Kota Besar di Indonesia

Belajar Sejarah yang Mengasyikan di Museum Kota Bandung

bangunan_cagar_budaya_mgN.jpg
Museum Kota Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Membahas sejarah Kota Bandung memang tidak ada habisnya. Bagi Teman Traveler yang ingin liburan sambil belajar sejarah Kota Kembang, kalian bisa datang ke beberapa tempat di Bandung. Ada Museum Gedung Sate, Museum Konperensi Asia Afrika, Museum Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, sampai Museum Mandala Wangsit. Ada satu lagi museum yang bisa Teman Traveler datangi yaitu Museum Kota Bandung. Museum ini terletak di Jalan Aceh No.47, tidak jauh dari Balai Kota.

Baca juga : Kisah Dua Pura Serupa Tapi Berada di Pulau Yang Berbeda

Tata Ruang Apik dengan Ilustrasi Menarik

ilustrasi_menarik_7if.jpg
Ilustrasi di Dalam Museum Kota Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Saat pertama memasuki ruangan museum, Teman Traveler harus mengisi buku tamu. Kesan pertama ketika masuk ke ruangan adalah desain simple dan modern. Museum ini hanya terdiri dari dua ruangan, tetapi setiap sudut ruangannya diatur sedemikian rupa sehingga tidak hanya bisa menyediakan informasi yang runut tapi juga bisa jadi spot foto yang bagus. Ditambah dengan dukungan ilustrasi dan foto yang membuat pengujung tertarik untuk membaca setiap informasi yang ada.

masa_penjajahan_zGK.jpg
Foto dan Ilustrasi Disajikan Secara Runut (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Walikota Bandung

walikota_7nB.jpg
Walikota Bandung dari Masa ke Masa (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Di dekat pintu masuk, Teman Traveler akan menemukan ilustrasi walikota Bandung dari masa ke masa. Urutannya dimulai dari sisi kiri bawah, terus mengular sampai ke sisi kanan atas. Teman Traveler bisa melihat ilustrasi Bertus Coops, walikota pertama Bandung yang menjabat dari tahun 1917.

Awal Mula Bandung

awal_mula_bandung_UMr.jpg
Ilustrasi Bandung Pada Masa Kerajaan (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Apakah Teman Traveler tahu? Daerah Bandung merupakan bekas daerah kekuasaan Kerajaan Mataram. Pada saat Belanda datang, kerajaan melakukan serangan yang dipimpin oleh Dipati Ukur. Namun, serangan gagal sehingga Dipati Ukur mendapat hukuman dari Sultan Agung. Tidak terima dihukum, Dipati Ukur melakukan perlawanan, tapi berhasil dikalahkan. Akhirnya sebagian wilayah kekuasaan Dipati Ukur diberikan kepada Ngabehi Astramanggala.

awal_YXi.jpg
Awal Mula Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Inilah yang menjadi awal berdirinya Kabupaten Bandung. Kian lama kekuatan Kerajaan Mataram melemah dan akhirnya kalah oleh Belanda. Bandung memasuki babak baru pada masa penjajahan, tapi masyarakatnya tetap tidak tinggal diam. Banyak cerita perjuangan para pahlawan yang bisa teman travel baca di museum ini.

Timeline Kota Bandung

timeline_iLr.jpg
Timeline Kota Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Kota Bandung berdiri pada tanggal 25 September 1810. Kemudian pada masa penjajahan Belanda, mulai dibangun jalur kereta api, hotel, dan berbagai bangunan lain yang masih bisa Teman Traveler kunjungi sampai saat ini. Awal pembangunan dilakukan di daerah sekitar Alun-alun Bandung.

Jika berkunjung ke Jalan Asia Afrika, coba Teman Traveler cari di mana letak km 0 Bandung. Timeline terus berlanjut sampai masa kemerdekaan, perjuangan setelah merdeka, mulai berdirinya sekolah, berbagai media cetak, dan berdirinya berbagai bangunan.

Berbagai Kejadian dalam Satu Gambar

satu_gambar_banyak_kejadian_3eD.jpg
Tokoh, Bangunan, dan Peristiwa Penting di Bandung (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Teman Traveler bisa melihat satu bagian dinding yang diberi ilustrasi berbagai tokoh penting, bangunan bersejarah, dan berbagai peristiwa penting yang terjadi di Bandung. Apakah Teman Traveler bisa menyebutkan peristiwa penting dibalik tokoh dan bangunan itu?

Bangunan Bersejarah

bangunan_cagar_budaya_BS4.jpg
Bangunan Cagar Budaya (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Lokasi museum dipilih bukan tanpa alasan. Bangunan ini dulunya merupakan sekolah taman kanak-kanak milik kelompok freemasonry di Bandung. Seiring berjalannya waktu kegiatan kelompok freemasonry dilarang sepenuhnya di Indonesia.

Setelah mengalami berbagai perpindahan tangan dan fungsi, pada tahun 2009 bangunan ini menjadi cagar budaya. Kemudian resmi menjadi Museum Kota Bandung pada Oktober 2018.Teman Traveler bisa berkunjung ke museum ini pada hari Selasa sampai Minggu pukul 10:00 sampai 17:00 secara gratis. Tertarik? Next

ramadan

Bikin Ngiler! 5 Cemilan Pedas di Pandaan yang Wajib Dicoba

Kenali 7 Transportasi Umum Bangkok Biar Liburanmu Lebih Maksimal