in

Serunya Off-Road di Lereng Gunung Merapi

Off-road Gunung Merapi
Off-road Gunung Merapi

Siapa sih yang tidak tahu tentang Gunung Merapi. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan tinggi 2.930 mdpl dan terkenal sebagai gunung api yang paling aktif di Indonesia, karena aktifitas vulkanisnya yang berbahaya dan sering mengalami letusan atau erupsi. Bahkan menurut catatan badan vulkanologi, Gunung Merapi bisa mengalami erupsi atau letusan setiap 2 atau 5 tahun sekali.  

Baca juga : Soetjipto Coffee Mataram, Nongkrong Sambil Belajar Kopi Nusantara

Daerah aliran lahar Gunung Merapi, (c) Anggi Paramita

Nama Gunung Merapi sendiri berasal dari penyingkatan nama ” Meru ” yang berarti gunung dan kata ” api “. Sehingga disebut ” Merapi ” yang berarti Gunung Api. Nama Gunung Merapi, tidak bisa lepas dari seorang juru kunci yang bernama Mbah Maridjan, yang namanya sangat dikenal oleh masyarakat luas karena keberaniannya pada letusan Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010. 

Menyusuri Lereng Gunung Merapi, (c) Anggi Paramita

Membayangkan mendaki sebuah gunung, pasti suatu aktivitas yang sangat menantang, namun ada hal dan aktivitas yang unik di lereng Gunung Merapi, yaitu menyusuri keindahan Gunung Merapi dengan menaiki jeep dan melakukan off road. Menarik bukan teman traveler? Adalah Merapi Lava Tour, sebuah wisata yang menawarkan petualangan di wilayah Kaliurang tepat di lereng Gunung Merapi dengan menggunakan Jeep dan menyusuri area bekas aliran lava dingin dan abu panas Gunung Merapi. Aktivitas Merapi Lava Tour ini dimulai dari tahun 2010 setelah letusan besar pada Gunung Merapi, dimana semua kawasan di lereng selatan diterjang oleh lahar atau yang terkenal dengan sebutan ” wedhus gembel ” yang meluluh lantakkan kawasan tersebut dan menyisakan lautan pasir yang luas.   

Off Road Merapi Lava Tour, (c) Anggi Paramita

Karena aktifitas Off Road ini merupakan suatu kegiatan yang tergolong sedikit ekstrim, baik nya teman traveler menyiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan mengikuti tour ini. Medan yang tidak mudah, menuntut stamina yang sehat loh teman traveler.  Tapi jangan kuatir, para driver dari Merapi Lava Tour ini sudah sangat terampil membawakan kendaraan jeepnya, bahkan kadang memang sengaja mencari jalan-jalan yang berbatu, terjal, menanjak dan kadang kala memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi untuk sekedar memacu adrenalin kita para penumpang, sehingga memperoleh pengalaman yang tidak akan terlupakan, pokoknya sangat seru deh teman traveler.   

Batu sisa letusan Gunung Merapi yang terkenal dengan nama Batu Wajah, karena memiliki bentuk menyerupai wajah manusia, (c) Anggi Paramita

Selain itu para pengemudi jeep yang di sewa, akan menjelaskan mengenai bagaimana saat erupsi Gunung Merapi terjadi dan menghancurkan beberapa desa di lerengnya yang terkena aliran lahar panas, dan karena memang rute yang akan dilalui adalah bekas dari erupsi, makan jalanan berdebu dan berbatu tidak dapat dihindari, dan sebaiknya teman traveler menyiapkan kacamata, masker atau penutup hidung dari teman traveler agar tidak terkena sesak nafas akibat debu bekas dari letusan. 

Daerah aliran lahar Gunung Merapi yang saat ini dijadikan area penambangan pasir, (c) Anggi Paramita

Harga yang ditawarkan untuk aktifitas off road yang ada di lereng Gunung Merapi bermacam-macam loh teman traveler, tergantung dari long, medium atau short dari trip yang dipilih. Jarak tempuh dan durasi perjalanan nya pun tergantung dari paket yang dipilih. Harga termurah untuk short trip dimulai dari harga Rp. 350.000 selama 1.5 jam off road, dan harga tersebut sudah mencakup 4 orang anggota tour, untuk rute yang medium sekitar Rp. 450.000 dan untuk rute yang long atau paling jauh dan paling lama bisa dengan harga sekitar Rp. 550.000 s/d Rp. 600.000 dan dengan lama tour sekitar kurang lebih 4 jam.    Bagaimana teman traveler? tertarik untuk menyusuri lereng Gunung Merapi dengan ber off road ria????  Next

ramadan
fi the green planet dubai

The Green Planet di Dubai, Hutan Tropis di Dalam Gedung

Pass untuk Wisata di jepang

Tokyo Subway Pass, Kartu Sakti Wisatawan untuk Explore Ibukota Jepang