in , ,

Jalan-jalan ke Singapore Botanic Gardens, Super Seru!

Singapore Botanic Gardens
Singapore Botanic Gardens

Nah untuk sahabat yang bosan merasakan kesibukan perkotaan di Singapura kalian bisa mampir berkunjung ke Singapore Botanic Gardens yang terletak di 1 Cluny Road, Singapore. Kalau di Indonesia seperti Kebun Raya Bogor. Singapore Botanic Gardens ini merupakan taman tertua yang ada di negara ini.

Baca juga : Keliling Amsterdam Naik Becak, Bayar Berapa? Pasti Kaget!

Baca Juga : Pengetahuan Lengkap tentang Arah Kiblat

Taman ini juga sangat berharga bagi warga Singapura pasalnya bisa menjadi paru-paru kota. Tempat ini juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Areanya terbuka untuk umum dan tidak ada pungutan biaya untuk masuk alias gratis. Jam operasionalnya dimulai jam 05.00 pagi hingga jam 12.00 malam tidak 24 jam ya.

Singapore Botanic Gardens
Singapore Botanic Gardens via Instagram @singaporebotanicgardens

Untuk berkeliling tempat ini disediakan peta petunjuk yang bisa dilihat wisatawan, petunjuk-petunjuk jalan dari papan kayu juga banyak terlihat di jalan-jalan utama. Hal-hal yang dilarang dilakukan di taman ini juga diberitahukan di bagian bawah peta.

Peta Taman Botani

Waktu saya berkunjung kebetulan saat siang hari. Walaupun di sini banyak sekali pepohonan rindang udara disiang hari tetap terasa panas bagi saya jadi yang akan berkunjung datanglah di pagi hari untuk menikmati kesejukan dan udara yang segar di tempat ini.

Jalan utama

Kebun botani ini sangat luas sekali, luasnya mencapai 74 hektar berbagai jenis tanaman di tanam di tempat ini bahkan jumlahnya mencapai puluhan ribu. Di sini juga banyak tempat spot foto menarik yang yang bisa di abadikan. Kenakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman jika berkunjung. Jalanan di dalam kebun ini beragam mulai jalanan yang besar yang di aspal dan jalanan-jalanan setapak kecil yang kadang terbuat dari kayu.

Jalan kecil ditengah pepohohan rindang

Walaupun wilayahnya besar dan luas tempat ini sengat tertata dan terjaga kebersihannya saya melihat banyak petugas kebersihan yang menyapu daun-daun di area taman ini.

Warga Singapura banyak memanfaatkan tempat ini untuk sarana olahraga, saya melihat ada yang lari-lari mengelilingi taman dan pemuda yang bermain bola tangkap. Tidak hanya berhenti disitu tempat ini juga sangat cocok untuk bersantai ataupun piknik bersama tinggal membawa bekal lalu bisa duduk santai di rerumputan sambil menikmati pemandangan alam yang disuguhkan.

Taman Anggrek

Di dalam tempat ini ada beberapa spot wisata yang bisa dikunjungi diantaranya yaitu National Orchird Gardens. Ini merupakan tempat utama disini yang menjadi magnet wisatawan karena disini merupakan taman anggrek terlengkap koleksi anggrek di sini sangat lengkap dari berbagai penjuru dunia.

Untuk masuk ke area ini tidaklah gratis ada biaya masuk sebesar $5 bagi setiap pengunjung dewasa, $1 untuk pelajar dan lansia yang bisa masuk gratis kedalam area ini hanyalah anak-anak. Di dekat Taman Anggrek ini juga terdapat Taman Jahe atau biasa disebut dengan Ginger Garden. Di tempat ini ada lebih dari 200 spesies jahe dari berbagai negara. Ada Symphony Lake juga di teman ini dimana Symphony Stage dibangun ditengah danau. Jika ada pertunjukan pengunjung bisa melihat sambil duduk di pinggiran danau.

Shymphony Lake

Tidak hanya flora saja yang mendiami tempat ini lho disini juga ada beberapa binatang yang sering terlihat misalnya angsa yang ada di Eco Lake yang lokasinya berada di dekat pintu keluar, berbagai jenis burung yang terbang bebas, ikan dan beberapa binatang lainnya.

Eco Lake dari Kejauhan

Didalam taman yang luas ini juga ada restoran yang disediakan untuk bersantap disini. Kamar mandi umum juga tersedia bagi yang membutuhkan. Fasilitas yang ada sangat mendukung bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Menarik sekali kan Taman Botani yang ada di Singapura ini. Next

ramadan
Watu Lepek

Pantai Watu Lepek Malang, Sepi Berasa Milik Pribadi

fi rumah atsiri

Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu, Tur Museum Tanaman Aromaterapi