in , , ,

Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu, Tur Museum Tanaman Aromaterapi

Wisata edukasi tanaman aromaterapi di Tawangmangu

fi rumah atsiri

Libur lebaran nanti Teman Traveler bisa mengajak keluarga wisata edukasi di Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu, Jawa Tengah. Di sini banyak kegiatan yang dapat dilakukan, seperti tur museum, melihat kebun tanaman atsiri, dan menikmati makanan pada restonya. Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : 5 Desa Adat Terunik di Indonesia ini Bikin Heboh Dunia

Tur Museum dan Taman

tur museum
Ilustrasi via instagram rumahatsiri

Rumah Atsiri Indonesia adalah sebuah wisata edukasi tanaman atsiri, dahulu tempat ini merupakan pabrik pengelolaan tanaman atsiri. Dengan seiring perubahan jaman, kamudian direstorasi menjadi wisata edukasi yang menarik.

Teman Traveler bisa mengikuti berbagai wisata edukasi seperti tur museum dan tamannya. Untuk mengetahui alat-alat yang digunakan saat proses pengolahan serta melihat koleksi 120 tanaman penghasil minyak atsiri, mulai dari lokal hingga mancanegara.

Workshop Membuat Minyak Esensial

workshop membuat minyak esensial
Ilustrasi via instagram pinktravelogue

Kemudian Teman Traveler juga bisa mengikuti kelas workshop, belajar membuat produk yang dihasilkan pabrik ini seperti minyak esensial, sabun, hand sanitilizer, masker wajah, hingga lilin aromaterapi. Hasil yang telah dibuat bisa untuk oleh-oleh di rumah.

Selain itu tempat ini sangat instagramable, bisa dijadikan lokasi swafoto untuk konten atau ootd Teman Traveler. Siapkan outfit terbaik untuk berfoto pada taman, museum atau spot lainnya, hampir setiap sudutnya instagenic.

Menikmati Hidangan di Resto

menikmati hidangan di resto
Ilustrasi via instagram rumahatsiri

Setelah menjelajahi dan berwisata edukasi di rumah atsiri, pengunjung bisa menikmati hidangan di restonya. Mengusung konsep from the garden to table, menyediakan olahan makanan dan minuman dari kebun mereka sendiri. Pilihan tempat duduknya ada indoor dan semi outdoor.

Menu yang dihidangkan antara lain aneka camilan, salad, sup buntut tawangmangu, nasi goreng atsiri, pasta, kids menu, dessert, berbagai macam kopi, teh, kombucha, ice cream, ice blended, jus, tisane seperti pandan lemongrass, rumah atsiri spesials seperti rosemary red atsiri dan lainnya. Harga dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 80.000.

Fasilitas, Harga dan Lokasi

fasilitas harga lokasi rumah atsiri
Ilustrasi via instagram rumahatsiri

Selanjutnya untuk fasilitas wisata ada tempat parkir, toilet, musala, restoran, laboratorium, toko souvenir, nursing room, medical room, loker, museum, taman, hotel, ballroom dan lainnya. Harga tiket masuk per orang Rp 50.000 sudah bisa mengikuti tur museum dan tur taman aromatik, lalu untuk kelas workshop Rp 125.000 per hari.

Rumah Atsiri berlokasi di Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 10.00-17.00 WIB, buka setiap hari. Ketika bulan Ramadan buka pukul 12.00-19.00 WIB, hari Senin-Jumat lalu saat akhir pekan pukul 10.00-19.00 WIB.

Demikian ulasan wisata edukasi Rumah Atsiri Indonesia di Tawangmangu, bisa dijadikan destinasi liburan Teman Traveler saat libur lebaran. Next

ramadan
Singapore Botanic Gardens

Jalan-jalan ke Singapore Botanic Gardens, Super Seru!

fi awandaru

Awandaru Village di Jogja, Ngabuburit Bersama Keluarga Menikmati Alam