in , , ,

Situ Biru Cilembang, Jernihnya Danau Alami di Sumedang

Situ Biru Cilembang ialah daerah wisata alam di Sumedang yang masih jarang dikenal banyak orang, walaupun memiliki potensi alam yang luar umum cantik. Tak terlalu ramainya objek wisata menjadi keuntungan tersendiri bagi beberapa orang yang menginginkan suasana liburan yang tidak terlalu ramai. Cocok dengan namanya, situ atau danau ini mempunyai air yang berwarna biru dan akan terlihat sungguh-sungguh cantik ketika terkena sinar sang surya.

Baca juga : #PulangKampungYuk, Bikin Mudik Lebaran Kian Berkesan

Kejernihan air di situ Cilembang membuat pengunjung serasa enggan pulang. Foto via trippers.com

Namanya wisata air memang identik dengan wisata renang. Danau ini memang menjadi area berenang terbaik dengan lokasi yang super teduh serat air yang kian jernih hingga tampak bebatuan dasar situ. Hiasan sekitar dengan hamparan sawah yang hijau kian menambah suasana semakin syahdu dan menawan.

Danau ini juga banyak yang menyebutnya sebagai “hidden paradise”, sebab estetika kolamnya yang tersembunyi diantara rindangnya pohon-pohon. Kejernihan air situ membuat tampak berkilauan jikalau terkena cahaya matahari pokoknya indah sekali. Nah ada sisi dasi danau ini yang lemayan dalam hingga 3 meter, disitulah pengunjung yang berdatangan tidak diperkenankan untuk mandi dan bermain air dilokasi tersebut. karena sisi tersebut dibuat untuk keperluan air bersih dari masyarakat di sekitarnya. So, kita hanya bisa merasakan keindahannya dengan mengambil beberapa gambar atau video saja.

Serasa sejuk dan adem saat berada di Situ Biru Cilembang. Foto via liburdulu.com

Danau ini baru dibuka sebagai tempat liburan pada tahun 2016 lalu, dan sempat viral di pelbagai media sosial sebab estetika danaunya. Keindahan danau ini terbukti menyimpan kisah mitos ialah di setiap hari Selasa dan Jumat, air kolam yang mulanya berwarna biru akan berubah warna.

Lokasi objek wisata berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Rute menuju objek wisata ini dengan menuntun kendaraan menuju Gunung Puyuh Nangorak. Kemudian lanjutkan perjalanan sampai walhasil tiba di Hariang – Cisumur, untuk kemudian tinggal mencari lokasi dari daerah tamasya Situ Biru Cilembang. Jam operasional dari objek wisata ini tiap-tiap hari Senin hingga Pekan, mulai pukul 07.00 sampai 16.00 waktu setempat.

Situ biru Cilembang yang sangat menawan. Foto via ruber.com

Tiket masuk Situ Biru Cilembang dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang. Biaya lain seperti tiket parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda 4. Jangan lupa untuk membeli oleh oleh khas Sumedang ya, deretan situ Cilembang tersedia warung warung penjajah makanan dan oleh oleh kahs Sumedang. Next

ramadan

Wisata Gratis di Alun-Alun Magetan, Suasana Asri Siang Hari sampai Romantis Saat Malam

Serunya Buka Puasa dengan View Keren di Hyatt Regency Yogyakarta