in ,

Deretan Situ di Pangalengan Bandung Selatan, Dingin dan Tenangnya Seperti Gambaran Kahyangan

Danau Buatan di Pangalengan, Wisata Dekat Jakarta yang Tepat untuk Menenangkan dan Mendinginkan Pikiran

Deretan situ di Pangalengan berikan gambaran seperti kahyangan. Dingin dan tenangnya, bikin betah siapa pun. Sebagai salah satu kecamatan di selatan Kota Bandung, Pangalengan terkenal dengan suhu udaranya yang sejuk. Berada di ketinggian lebih dari 1500 mdpl, kawasan ini cocok untuk Teman Traveler yang ingin dingin-dinginan dan butuh udara segar. Mana saja yang keren untuk didatangi, ya? Ini daftarnya.

Baca juga : Aktivitas di Malioboro yang Dapat Kamu Lakukan Saat Malam, Dijamin Seru Abis!

1. Situ Cileunca

Kabut di Situ Cileunca via Instagram/ indra_lg

Situ Cileunca merupakan salah satu situ di Pangalengan dengan luas sekitar 1.400 hektare. Sebelum 1918, kawasan ini masih berupa hutan belantara yang hening. Baru pada tahun setelahnya, dibangunlah sebuah danau buatan. Mulanya difungsikan sebagai PLTA dan kebutuhan perairan untuk warga setempat. Seiring waktu, ketenangan air dan suhu udara di sekitarnya yang sangat asri, menarik hati banyak orang. Kini, Situ Cileunca jadi salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berlibur ke Pangalengan.

2. Situ Cisanti

Merasakan Hening dan Dinginnya Situ Cisanti via Instagram/ ridzal.fdl_

Terletak di Tarumajaya, Kertasari, Situ Cisanti juga merupakan danau buatan. Uniknya, ia menampung 7 mata air utama Sungai Citarum. Yaitu mata air Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisanti, Pangsiraman, Cihaniwung, dan Cisadana. Luas Situ Cisanti sekitar 5 hektare. Ia berada dan menjadi bagian dari kawasan perhutani di kaki Gunung Wayang yang berada di ketinggian 1.500 hingga 3.000 mdpl.

3. Situ Cipanunjang

Situ Cipanunjang yang Dramatis via Instagram/ lilo_armadilo

Situ Cipanunjang sering juga disebut sebagai situ di atas situ. Pasalnya, letaknya memang berada di bagian atas Situ Cileunca. Air yang ada di Situ Cileunca, merupakan aliran dari Cipanunjang. Jarak antara dua situ ini hanya sekitar 100 meter. Untuk sampai ke Situ Panunjang, Teman Traveler bisa datang ke Desa Pulosari, Pangalengan. Sesampainya nanti, tolong bersiap dengan suasana tenang dan asri. Dijamin betah!

4. Situ Cukul

Ini Masih di Indonesia, Belum di Surga via Instagram/ al.rasyd

Situ di Pangalengan yang nggak boleh lewat disambangi saat liburan ke sini adalah Situ Cukul. Ia berada di tengah-tengah perkebunan teh dengan ketinggian sekitar 1600 mdpl. Bisa kebayang dingin udaranya? Tanpa polusi dan bising perkotaan ditambah hamparan kebun teh yang hijau dan asri, Situ Cukul sungguh mampu bikin jatuh hati.

5. Situ Datar

Situ Datar yang Takbegitu Besar Tapi Tetap Segar via Instagram

Suasana tenang seperti di kahyangan yang dimiliki situ di Pangalengan selanjutnya, bisa Teman Traveler rasakan saat berkunjung ke Situ Datar atau Situ Ninah. Keberadaanya terbentuk secara alami. Meski tidak terlalu besar, berada di sini, cukup mampu tentramkan hati. Apalagi selain karena kesejukan dan kesegaran udaranya yang luar biasa.

Sejumlah situ di Pangalengan miliki udara sejuk dan segar sebagai tawaran utama pada para tamunya. Teman Traveler yang ingin menenangkan diri, mendinginkan kepala, tapi tidak mau terlalu jauh dari ibu kota, bisa berkunjung ke sini! Bagaimana? Nggak pengin merasakan suasana seperti gambaran kahyangan? Next

ramadan
Pantai Puncak Guha di Garut

Pantai Puncak Guha Garut, Destinasi Eksotis yang Sajikan Panorama Bukit dan Laut

Gunung Lembu

Gunung Lembu, Jalur Pendakian di Purwakarta yang Cocok untuk Pemula