in , , ,

Situ Patenggang di Ciwidey, Ranu Kumbolonya Bandung

Menikmati danau seperti di Ranu Kumbolo

fi situ patenggang

Teman Traveler merindukan suasana di Ranu Kumbolo Semeru? Akhir pekan ini coba kunjungi Situ Patenggang di Ciwidey, dekat dengan Bandung. Suasananya mirip dengan pos ke-4 menuju Puncak Gunung Semeru. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Ini Pantai di Lombok yang Punya Karang Unik Berbentuk Payung

Suasana Mirip Ranu Kumbolo

suasana mirip ranu kumbolo
Ilustrasi via instagram abibun

Situ Patenggang terletak di Bandung Selatan, punya pemandangan yang masih asri dan sejuk. Danau ini dikelilingi pepohonan hijau dan kebun teh, selaras dengan birunya air danau. Pemandangan serta suasananya mirip Ranu Kumbolo lho! Bisa menjadi tujuan wisata pelepas rindu sementara.

Selain itu banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti piknik di pinggir danau, mengelilingi danau menggunakan perahu, atau menuju Kapal Pinisi sebagai spot foto instagenic, kemudian berwisata kuliner di restorannya.

Memiliki Mitos Cinta Abadi

mitos cinta abadi
Ilustrasi via instagram xquisitephotography

Dibalik keindahan danau ini ternyata menyimpan mitos yang dipercaya masyarakat sekitar. Apabila sepasang kekasih mengunjungi Batu Cinta dan berlayar mengelilingi Pulau Asmara, maka cintanya akan abadi. Sesuai dengan sejarah danau ini, layaknya kisah cinta antara Dewi Rengganis dan Ki Santang.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas harga dan lokasi situ patenggang
Ilustrasi via instagram andridiary

Kemudian untuk fasilitas wisata ada area parkir, toilet, musala, restoran, penyewaan tikar, perahu, toko souvenir, toko buah, penginapan dan lainnya. Harga tiket masuk Rp 18.000 per orang saat weekday, lalu weekend Rp 20.500 per orang. Biaya penyewaan perahu mulai Rp 10.000 sampai Rp 150.000, biaya sewa tikar Rp 10.000, dan penginapan mulai Rp 300.000.

Situ Patenggang berlokasi di Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung berjarak 50 km, bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jam operasional pukul 08.00-20.00 WIB, buka setiap hari.

Rekomendasi Wisata Lain

rekomendasi kawah putih ciwidey
Ilustrasi via instagram novarissagita

Selanjutnya rekomendasi wisata lain yang bisa dikunjungi, ada Kawah Putih Ciwidey sebuah danau belerang alami dari letusan Gunung Patuha. Warna airnya unik berwarna putih kehijauan. Di sini Teman Traveler bisa berfoto pada latar pemandangan alamnya, naik kendaraan ontang-anting yang menjadi ciri khas objek wisata, dan melihat sunset di sunan ibu.

Fasilitas wisata ada area parkir, kios makanan, toilet, wahana, dan lainnya. Ada juga penjual belerang yang memiliki khasiat untuk penyakit kulit hingga menghilangkan jerawat. Tiket masuk per orang Rp 27.000 bagi WNI, sedangkan WNA Rp 81.000.

Kawah Putih Ciwidey belokasi di Jalan Raya Ciwidey Patengan Km.11, Lebakmuncang, Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. Dari pusat kota Bandung berjarak 44 km, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 48 menit perjalanan.

Demikian ulasan Situ Patenggang di Ciwidey dan rekomendasi wisata lainnya. Referensi liburan Teman Traveler saat di Bandung. Next

ramadan
fi tempat wisata dibuka

Larangan Mudik Lebaran 2021, Tempat Wisata Tetap Dibuka

fi rawon terenak

4 Kuliner Rawon di Surabaya, Sup Terenak di Asia