in ,

4 Kuliner Rawon di Surabaya, Sup Terenak di Asia

Menyantap sup terenak di Asia 2020

fi rawon terenak

Beberapa waktu lalu rawon dinobatkan menjadi sup atau makanan terenak di Asia pada 2020, menurut TasteAtlas. Nah, berikut ada 4 kuliner rawon di Surabaya, nikmat dengan kuah pekat dari Kluwek dan potongan daging sapi yang empuk. Yuk simak daftarnya.

Baca juga : Curug Gorobog, Destinasi Wisata di Sumedang Berlatar Keindahan Alam

1. Rawon Nguling

rawon nguling
Ilustrasi via instagram afterworking

Pertama ada Rawon Nguling yang telah dibuka sejak tahun 1972 dan sudah banyak cabangnya mulai Malang, Semarang, hingga Jakarta. Dalam satu porsi rawon disajikan dengan empal daging, perkedel, tempe, atau telur.

Ada juga rawon iga, rawon buntut, rawon dengkul, rawon daging dan lainnya. Untuk minuman ada beras kencur, teh, susu, kopi, soda gembira, es sinom serta masih banyak lagi. Harga dibanderol mulai Rp 6.000 hingga Rp 90.000.

Rawon Nguling berlokasi di Jalan Kendang Sari Industri Nomor 41 B, Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Jam operasional kedai 07.30-21.00 WIB, buka setiap hari.

2. Rawon Setan Bu Sup

rawon setan bu sup
Ilustrasi via instagram sbykulinerinfo

Selanjutnya ada Rawon Setan Bu Sup mengawali nama rawon setan yang hits di Surabaya, sudah ada sejak 1953. Memiliki 2 pilihan rawon yaitu rawon biasa dan rawon buntut. Rawonnya berwarna hitam pekat dengan potongan daging, taburan bawang goreng dilengkapi taoge serta sambal.

Menu lainnya ada nasi campur, nasi osik, nasi bali, nasi rawon, minuman ada teh, es jeruk, dan kopi. Dengan harga nasi rawon per porsinya Rp 37.000.

Rawon Setan Bu Sup berlokasi di Jalan Embong Malang No.42A, Genteng, Surabaya. Jam operasional pukul 09.00-01.00 WIB, buka setiap hari.

3. Rawon Kalkulator

rawon kalkulator
Ilustrasi via instagram surabayafoodies

Kemudian ada Rawon Kalkulator yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun, dinamai kalkulator karena kasir di sini dapat menghitung harga makanan dengan cepat tanpa kalkulator. Selain itu rawonnya juga tak kalah lezat dengan potongan daging yang besar. Harga satu porsi rawon dibanderol Rp 30.000.

Rawon Kalkulator berada di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Jam operasional kedai pukul 11.00-03.00 WIB, buka setiap hari.

4. Rawon Bu Soepinah

rawon bu soepinah
Ilustrasi via instagram devinovelia11

Terakhir ada Rawon ibu Soepinah sudah berdiri sejak tahun 1966, memiliki perbedaan dengan lainnya. Selain kuah pekat dan potongan dagingnya, rawon di sini disajikan bersama serundeng, jadi semakin nikmat nih! Menunya ada nasi campur, nasi semur, dan lainnya. Untuk harga sangat terjangkau.

Rawon Ibu Soepinah berada di Jalan Pasar Kembang No.85, Wonorejo, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Jam operasioal kedai pukul 05.00-12.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian daftar 4 kuliner rawon di Surabaya, bisa jadi referensi wisata kuliner di Kota Pahlawan. Next

ramadan
fi situ patenggang

Situ Patenggang di Ciwidey, Ranu Kumbolonya Bandung

fi casu marzu

Casu Marzu Keju Dari Sardinia, Paling Berbahaya di Dunia