in ,

Situ Wulukut, Nirwana Tersembunyi di Hutan Perhutani Kuningan

Ini Penjabaran Mengenai Situ Wulukut di Kuningan yang Instagramable

Via Instagram alimsyafaa .
Via Instagram alimsyafaa .

Siapa yang tidak mengetahui keindahan dari Ranu Kumbolo merupakan danau gunung yang berada di Kabupaten Lumajang, tepatnya berada di kaki Gunung Semeru. Keindahan dari Ranu Kumbolo berhasil menyihir banyak pendaki untuk berdatangan. Namun, bagi kamu yang belum sempat datang ke Semeru, ada alternatif lokasi yang digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo namanya adalah Situ Wulukut. Situ Wulukut atau Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang asri.

Baca juga : Rujak Bebeg, Kuliner Unik dengan Rasa Ciamik Khas Nusantara

Lokasi Situ Wulukut

Suguhkan banyak spot selfie, Via Instagram an_anggra
Suguhkan banyak spot selfie, Via Instagram an_anggra

Situ Wulukut ini berlokasi di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dari pusat kota, lokasinya hanya perlu ditempuh selama 25 menit saja. Sehingga tidak perlu waktu lama sampai di lokasi dan tidak lelah di perjalanan. Tapi, lokasinya yang terpencil dan jauh dari rumah penduduk, berjarak kurang lebih 2 kilometer. Lokasinya berada di dalam kawasan Perhutani.

Dibuka Pada Januari 2018

Sering disandingkan dengan Ranu Kumbolo, Via Inatagram nina.nurfarida
Sering disandingkan dengan Ranu Kumbolo, Via Instagram nina.nurfarida

Lokasi wisata di Kuningan ini dibuka dan ditiket secara resmi pada awal Januari tahun 2018 yang lalu. Pengelolaanya sendiri dilakukan antara Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Kuningan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan dan juga Pemerintah Desa Kertayuga. Karena masih bisa dibilang baru karena belum ada satu tahun (saat penulisan artikel pada Juli 2018), masih banyak fasilitas dan spot selfie yang dalam pengerjaan.

Daya Tarik Situ Wulukut

Alam yang begitu mempesona, Via Instagram java_boy08
Alam yang begitu mempesona, Via Instagram java_boy08

Daya pikat utama Situ Wulukut ini adalah danau yang digadang-gadang mirip dengan Ranu Kumbolo. Ke depannya, akan ditambahkan berbagai spot selfie seperti halnya perahu selfie, jembatan, flying fox, sepeda air dan lain-lain. Ditambah lagi dengan fasilitas seperti halnya toilet, gazebo, area arkir dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut

Hijau bikin adem mata, Via Instagram robiatuladawhiya -
Hijau bikin adem mata, Via Instagram robiatuladawhiya –

Nah, buat kamu yang ingin jalan-jalan ke Situ Wulukut ini, harga tiketnya tidak terlalu mahal. Biaya masuknya hanya Rp2,000 saja per Juli 2018 ini. Selanjutnya untuk parkir sepeda motor Rp2,000 saja dan mobil Rp5,000 per unitnya. Lalu ada penyewaan perahu kayuh berkapasitas dua orang, harga sewanya Rp10,000 saja.

Alamnya istimewa, Via Instagram triistiyani_ -
Alamnya istimewa, Via Instagram triistiyani_ –

Bisa jadi alternatif destinasi wisata di sekitara Ibu Kota yang bisa kamu jelajahi ya. Wisata alam di tengah-tengah hutan yang asri dan bikin nyaman. Yuk berjelajah ke lokasi ini jika sedang berada di Kuningan. Next

ramadan

Liburan Semester di Bogor, Ini Tempatnya

Empat Kuliner Argentina yang Salah Satunya Mirip Kuliner Indonesia