in , , , , ,

Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Yang Mistis

Bandung menjadi kota di Jawa Barat yang kaya akan wisata alam. Hamparan perbukitan kerap kali menjadi destinasi para wisatawan yang mengunjungi kota Bunga ini. Seperti di Bandung Timur ada sebuah destinasi wisata yang unik dan sedikit misterus. Lokasinya berada di perbukitan Gunung Manglayang. Namanya sendiri adalah situs Batu Kuda, sebuah tempat wisata yang indah dan sangat menyegarkan. Situs Batu Kuda ini juga merupakan aset Perum Perhutani yang berada di wilayah Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Baca juga : Wot Batu, Menikmati Ragam Seni Kontemporer di Atas Perbukitan Bandung

Situs Batu Kuda yang mistis namun tetap unik. Foto via nativeindonesia.com

Sebelum mengenal lebih dekat mengenai Situs Batu Kuda Manglayang, alangkah baiknya mengetahui latar belakang wisata ini. Nama Manglayang berasal dari kata layang yang berarti terbang. Dalam mitosnya, terdapat sebuah kuda yang bisa terbang dengan cepat diberi nama Sembrani. Ketika perjalanan melewati gunung Manglayang, tiba tiba terjatuh kemudian terperosok disebuah tempat tidak jauh dari sanghiyang atau kaki gunung.

Kuda itu terjebak dalam waktu yang cukup lama, sehingga membuat tempatnya terperosok berubah menjadi kubangan. Diceritakan dalam mitosnya, lambat laun kuda tadi lalu berubah menjadi batu. Hingga sekarang dinamakan situs Batu Kuda Manglayang.

Salah satu tempat camping di Situs Batu Kuda Manglayang. Foto via nativeindonesia.com

Situs Batu Kuda, bisa dicapai dengan melewati beberapa jalur. Jalur paling gampang menuju Situs Batu Kuda adalah lewat jalur Cibiru. Perjalanan terus ke arah atas hingga Batu Kuda kurang lebih sekitar 7 kilometer. Sepanjang perjalanan mungkin jalannya agak sempit, tapi diimbangi dengan pemandangan indah dan hawa dingin Kota Bandung yang membuat siapapun suka. Kalau merasa bingung, jangan malu untuk bertanya pada penduduk sekitar.

Situs Batu Kuda ini memang agak mistis, bahkan ada aturan yang berlaku, setiap hari Senin dan Kamis para pendaki atau siapapun dilarang memasuki area Gunung Manglayang. Karena menurut kepercayaan setempat, itu adalah hari berkumpulnya para leluhur dan ruh halus. Selain itu pada hari lainnya pun jika mendaki tidak diperkenankan dalam jumlah yang ganjil. Teman traveler yang berkunjung ke Situs Batu Kuda sebaiknya juga ikut memperhatikan peraturan setempat seperti ini.

perjalanan menuju Puncak Gunung Manglayang yang cukup terjal. Foto via wisato.id

Keindahan situs ini bertambah dengan adanya hamparan hutan pinus yang lebat dan menjadi tempat spot foto para pengunjung. Didalamnya kamu bisa melakukan kegiatan camping, treking, hingga bersepeda. Dengan udara yang sejuk membuat pengunjung betah dan tak ingin kembali pulang. Tiket masuk ke situs Batu Kuda ini cukup membayar Rp. 3.000 per orang dengan tambahan Rp. 5.000 jika kamu ingin camping disini.

Hutan pinus situs batu kuda yang asri dan sejuk. Foto via wisatangehits.com

Meskipun tempat ini adalah wisata alam, namun sebagian besar fasilitas penunjang sudah cukup lengkap. Di tempat wisata Situs Batu Kuda sudah ada pendukung umum tempat wisata seprti warung – warung pedagang makanan, lapangan parkir, toilet, mushola dan lain-lain. Jadi jangan takut untuk kelaparan atau kebingungan jika memerlukan sesuatu di Situs Batu Kuda. Next

ramadan

Ayam Geprek Pak Atten, Kuliner Pedas dan Murah di Jogja. Levelnya Bisa Sesuai Selera!

Picu Adrenalinmu Di Nusa Ceningan Dengan Cliff Jump Point yang Mendebarkan