in , , , , , ,

Pesona Indah Pulau Menjangan, Nikmatnya Snorkeling di Ujung Barat Bali

Menjelajahi WIsata Bawah Laut di Pulau Menjangan yang Indah dan Mempesona

Snorkeling di Pulau Menjangan
Snorkeling di Pulau Menjangan

Bali merupakan sebuah destinasi wisata di Indonesia yang sangat terkenal di dalam negeri maupun luar negeri. Tidak heran banyak wisatawan asing berdatangan dari negara-negara lain. Selain memiliki keindahan hamparan pasir putih dan panorama sunrise atau sunset, Bali ternyata juga menyimpan keindahan terumbu karang bawah lautnya. Salah satu keindahan terumbu karang di Bali adalah pulau menjangan. Pulau Menjangan masih sangat alami dengan spot diving dan snorkeling yang luar biasa indah. Yuk simak ulasan berikut, Teman Traveler.

Baca juga : Kulineran di Kuta Lombok dengan Menu Nikmat nggak Bikin Kapok

img_0004_01_GM5.jpeg
Pulau Menjangan yang Indah (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

1. Lokasi Pulau Menjangan

img_0009_01_ZXm.jpeg
Pasir Pantai yang Putih dan Air Laut yang Jernih (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar.

2. Akses Menuju Pulau Menjangan

img_0022_02_1EE.jpeg
Potret Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Akses dari Bali

Dari Denpasar, Anda bisa mengambil rute Denpasar – Tabanan –
Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru. Disarankan untuk menyewa mobil beserta sopirnya agar memiliki waktu bersenang-senang lebih lama. Namun bagi kalian yang ingin menggunakan transportasi umum, dapat memulai perjalanan dari Gilimanuk. Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama 30-45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama perjalanan, Teman Traveler akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih.

Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi. Di Pelabuhan Lalangan sudah tersedia berbagai paket diving komplit yang bisa dipilih sesuai budget. Harga paket ini terdiri dari sewa kapal boat, guide, asuransi, dan sewa peralatan snorkeling. Adanya paket wisata ini sangat menguntungkan karena nantinya Teman Traveler tidak perlu dipusingkan dengan urusan tawar menawar. Pulau Menjangan ini juga bisa di akses dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses dari Banyuwangi Jawa Timur

Akses menuju Pulau Menjangan tidak hanya dari Bali saja, melainkan juga bisa diakses melalui Pantai Bangsring atau Pantai Grand Watudodol menggunakan kapal motor. Penyeberangan ke Pulau Menjangan banyak jasa operator paket trip yang dikelola oleh para nelayan yang tergabung di Bangsring Boat. Perjalanan dari Grand Watudodol menuju Pulau Menjangan memakan waktu sekitar 1 jam.

3. Harga Paket untuk Menikmati Keindahan Bawah Laut Menjangan

gopr1354_01_YyX.jpeg
Keindahan Bawah Laut Pulau Menjangan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Jika berangkat dari Bali menuju Pulau Menjangan, rincian harga yang dipatok biasanya untuk sewa kapal antara Rp 400.000-600.000 per hari. Untuk peralatan snorkeling per orang adalah Rp 40.000-50.000. Harga tiket masuk Rp 2.500 per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang dikenakan biaya 4.000 Rupiah. Jika ingin menggunakan jasa pemandu, Teman Traveler harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000 per kelompok. Sewa kapal bisa lebih murah jika kalian menyewa gabungan dengan wisatawan lain. Jika berangkat dari Banyuwangi harga paket trip Rp 250.000 per orang dengan minimal keberangkatan 2 orang dan mendapatkan kelengkapan fasilitas paket masker snorkeling, jaket pelampung, tiket lokal, dan makan sebanyak dua kali serta air mineral.

4. Daya Tarik Pulau Menjangan

img_0012_02_D7w.jpeg
Kapal Motor Bersandar di Dermaga Pulau Menjangan (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Pulau ini adalah definisi sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah. Pulau Menjangan berasal dari bahasa Jawa yang artinya kijang atau rusa. Setiap musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini terdapat banyak rusa liar yang semakin lama jumlahnya semakin menurun. Sehingga pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.

5. Aktivitas di Pulau Menjangan

img_0001_01_uyV.jpeg
Pura Segara Gili Dharma Kencana (c) Tikka Dessy/Travelingyuk

Jika Teman Traveler mengunjungi Pulau Menjangan, kalian wajib snorkling atau diving. Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut yang memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Kalian akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang Teman Traveler bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya ada kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik. Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Di sini pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa pura antara lain Pura Segara Gili Dharma Kencana. Pura ini merupakan ikon pulau dan mutlak patut kalian kunjungi. Hal yang paling menonjol yaitu Patung Ganesha, sebuah patung yang terbuat dari ukiran batu putih.

Itulah keseruan yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan. Tertarik untuk mencobanya bukan, Teman Traveler? Selamat berlibur! Next

ramadan

Bale Tirto Resto, Kuliner Terbaru Klaten Berkonsep Anti Mainstream

Yoshinoya, Makanan Khas Jepang yang Kini Ada di Indonesia