in ,

Sop Balungan Babe, Kuliner Wajib Saat Liburan di Demak

Kuliner Sop Balungan Babe

Sop Balungan Babe Demak

Liburan ke Demak jangan hanya ziarah wali saja. Coba juga untuk berburu kuliner lezat yang ada di kota ini. Salah satu yang wajib kamu coba adalah Sop Balungan yang ternyata banyak difavoritkan oleh wisatawan. Penasaran di mana tempatnya? Berikut ulasannya!

Baca juga : Penginapan Murah di Lombok dengan Bonus Pemandangan Rinjani, Cantiknya Bikin Betah

Kuliner Enak di Sekitar Masjid Agung Demak

Kuah Sop Balungan Demak
Kuah Sop Balungan Demak [image source]
Bagi peziarah, Masjid Agung adalah salah satu tujuan wajib saat liburan ke Demak. Di sekitar inilah Sop Balungan Babe siap memanjakan perutmu yang keroncongan. Hanya butuh waktu 5 menit jalan kaki dari masjid, kamu bisa menemukan kedai makanan paling populer tersebut. Jika takut tersesat, langsung saja tanya kepada warga sekitar yang ramah kepada wisatawan.

Sop Balungan di Demak
Sop Balungan di Demak [image source]

Sop dengan Kuah Istimewa

Sayuran di Sop Balungan
Sayuran di Sop Balungan [image source]
Sop Balungan sebenarnya tidak jauh beda dengan lainnya. Tulang sapi atau balungannya dimasak dengan rempah seperti merica, bawang putih serta garam selama 4 hingga 5 jam. Uniknya, pemilik dari kedai ini tidak menggunakan minyak goreng untuk membuat kuah. Mereka malah menggunakan minyak dari balungan sehingga rasanya makin nikmat.

Seporsi Sop Balungan di Demak
Seporsi Sop Balungan di Demak [image source]

Harga Seporsi Kenyang Sehari

Perasan Jeruk Nipis di Sop Demak
Perasan Jeruk Nipis di Sop Demak [image source]
Selain kuahnya yang bening, daging di sop ini juga empuk. Belum lagi dengan wortel, kentang, kol, kacang merah serta perasan jeruk yang membuat rasanya makin nikmat. Biasanya, seporsi sop ini disajikan dengan sepiring nasi hangat. Hingga artikel ini ditulis, harganya dibanderol Rp30.000 per porsi. Jika tanpa nasi, kamu hanya perlu membayar Rp25.000. Nah, untuk semangkuk sop balungan ini, kamu bakalan kenyang hingga sehari.

Ilustrasi Sop Balungan
Ilustrasi Sop Balungan [image source]

Resep Keluarga yang Menggoda

Ilustasi Sop Balungan di Demak
Ilustasi Sop Balungan di Demak [image source]
Dilansir dari Tribun, kedai milik Sugeng dan Rahayu ini masih berjalan sekitar 2 tahunan. Awalnya, dalam sehari mereka hanya menghabiskan 5-7 kg balungan yang didatangkan dari Jakarta. Namun, setelah berkembang pesat, mereka bisa menghabiskan 1,5 kuintal setiap harinya. Melonjaknya bisnis tersebut juga membuat pendapatannya mereka naik drastis. Hal ini tidak lain karena resep rahasia mereka yang membuat siapapun tergoda.

Ilustrasi Tulang di Sop Balungan
Ilustrasi Tulang di Sop Balungan [image source]

Kuliner Buruan Peziarah

Sajian lezat Khas Kedai Pak Sugeng
Sajian lezat Khas Kedai Pak Sugeng [image source]
Hanya membuka lapak sederhana Sugeng dan Rahayu mulai berjualan sejak pukul 9 pagi hingga 12 malam. Namun, kedai mereka tak pernah sepi oleh pengunjung. Saking ramainya, belum waktunya buka sudah banjir pembeli yang mengantri. Hampir sebagian besarnya adalah peziarah yang datang dari luar kota.

Sop Balungan Enak di Demak
Sop Balungan Enak di Demak [image source]
Keistimewaan dari sop balungan babe ini memang wajib dicoba. Bagaimana, kapan nih mencoba kuliner buatan Pak Sugeng? Next

ramadan

Pantai Sembilan, Keindahan Pesisir Utara Gili Genting

Sensasi Naik Roller Coaster ‘Setengah Mati’ di Jepang