in , ,

Soto Ayam Idola Pak Nanang, Nikmatnya Digandrungi Mahasiswa

Lezatnya Soto Ayam Racikan Pak Nanang Jogja

Soto Pak Nanang
Soto Pak Nanang (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk
Soto Ayam Pak Nanang (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Jogja bisa dibilang cukup lengkap untuk urusan kuliner. Hampir semua jenis sajian tersedia di sini. Apalagi soto, sangat mudah menemukan beragam variannya di Jogja. Mulai dari Soto Kadipuro hingga Soto Batok, entah ada berapa ratus atau ribuan penjual soto tersebar di seantero Kota Pelajar. Salah satu yang wajib coba adalah Soto Ayam Idola Pak Nanang.

Baca juga : 4 of the Best Culinary Tours in Bali

Semangkuk soto nikmat (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Berada di kawasa sekitar Jalan Janturan, Umbulharjo, Jogjakarta, Teman Traveler juga bisa menemukan kedai soto yang sudah cukup masyhur ini. Pemiliknya bernama Pak Nanang. Sejak berjualan, beliau seakan tak pernah kekurangan pelanggan dan langsung jadi idola bagi para penggemar soto di Jogja. Tak berlebihan rasanya jika kedai tersebut lantas dinamakan Soto Ayam Idola Pak Nanang.

Bermula dari Gerobak Keliling

Suasana di dalam warung (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Pak Nanang mulai berjualan pada sekitar tahun 2003. Kala itu, beliau masih belum berdagang di Jalan Janturan. Bermodalkan gerobak sederhana, ia menawarkan soto racikannya dengan berkeliling.

Meski demikian, dengan cepat soto ala Pak Nanang mendapat tempat
di hati para penggemar soto, terutama di sekitar kampus. Selain rasanya enak, harganya juga cukup murah.

Soto yang digemari mahasiswa (c) Gallant Tsany/Travelingyuk

Begitu memiliki cukup banyak pelanggan, Pak Nanang lantas memilih berjualan di sebuah bangunan permanen sederhana. Dengan demikian, penggemar setia soto buatannya takkan kesulitan mencari tempatnya berjualan.

Resep yang Terjaga

Isian yang diguyur kuah soto (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Sedikit berbeda dengan soto lainnya yang cenderung lebih encer, kuah soto Pak Nanang lebih kental dan pekat. Ketika ditanya apa rahasianya, cucu
beliau mengaku tidak tahu dan mengatakan bahwa ia hanya menggunakan resep warisan Sang Kakek. Metode racikan tersebut terus dipertahankan, hingga para penggemarnya tak merasakan perbedaan sama sekali.

Bebas Tambahkan Topping

Soto semakin nikmat disantap bersama perasan jeruk dan kecap (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Suiran ayam dalam seporsi soto Pak Nanang cukup banyak. Sama halnya seperti kedai soto lain di Jogjakarta, pengunjung juga bisa menambahkan topping keripik tempe, sate, maupun ceker. Semua perintilan tersebut disediakan dalam satu tempat.

Pengunjung bisa mengambil sate dan ceker sesuai selera (c) Gallant Tsany A/Travelingyuk

Pelanggan bebas mengambil sesuai selera. Masing-masing item dihargai dua ribu rupiah saja. Sangat terjangkau.

Sementara untuk semangkuk soto ayam, Pak Nanang memberikan harga tak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Sekadar tips untuk Teman Traveler, jangan datang terlalu siang jika tak ingin kehabisan.

Itulah sedikit ulasan mengenai Soto Ayam Idola Pak Nanang. Bagaimana Teman Traveler, tertarik datang ke Kota Pelajar dan membuktikan sendiri kelezatan soto yang digandrungi kaum mahasiswa ini? Next

ramadan

The Must-Visit Instagenic Spots in Bantimurung-Bulusaraung

New Thai Tanic

New Thai Tanic, Pertama di Singapura Suguhkan BBQ Seafood yang Ditangkap Sendiri