in ,

Soto Kuah Bening di Jawa, Rasanya Takpernah Gagal Menggugah Selera

List Soto Kuah Bening di Jawa, Ada Apa Saja?

soto kuah bening di Jawa
soto kuah bening di Jawa

Soto termasuk masakan khas Indonesia yang banyak diburu saat cuaca sedang dingin. Kuahnya yang penuh rempah akan menghangatkan badan seketika. Tidak hanya itu, makanan ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Ada yang memiliki kuah bening, sampai dengan keruh penuh bumbu. Memiliki kuah bening bukan berarti tak sedap ya. Inilah soto kuah bening di Jawa untuk dicoba. Apa saja, ya.

Baca juga : Pilihan Mie Kocok di Bogor, Hangat Pas Untuk Malam Mingguan

Soto Kudus, Jawa Tengah

Soto Kudus, via Instagram/mayonesia
Soto Kudus, via Instagram/mayonesia

Pertama datang dari Kota Kretek, Kudus. Soto di tempat ini memiliki karakteristik kuah bening, namun rasanya tak boleh diremehkan. Kuahnya berasal dari kaldu ayam yang dipadukan dengan berbagai rempah di dalamnya.

Seporsi soto Kudus biasanya akan ada taoge, suwiran ayam, irisan seledri, dan tak ketinggalan bawang goreng. Biasanya disajikan di mangkuk kecil. Jika dirasa kurang mengenyangkan, jangan ragu untuk tambah lagi.

Soto Seger Boyolali, Jawa Tengah

Soto Seger, via Instagram/mbokdjinten
Soto Seger, via Instagram/mbokdjinten

Masih dari Jawa Tengah, tepatnya di Boyolali ada yang namanya soto seger. Kuahnya bening dengan sedikit minyak dari daging atau gajih akan membuat nafsu makanmu jadi meningkat. Satu porsi komplit soto biasanya akan ada taoge, bawang merah goreng, keripik kentang, dan daging sapi atau suwiran ayam.

Biasanya soto seger ditempatkan pada mangkuk kecil. Agar makin mantap, biasanya ditambah dengan lauk pendamping seperti telur puyuh, sate kiki, ampel hati, dan lain-lain.

Soto Bandung, Jawa Barat

Soto Bandung, via Instagram/yossi_isoy
Soto Bandung, via Instagram/yossi_isoy

Di Jawa Barat ada soto Bandung dengan kuah beningnya. Kuahnya terbuat dari daging sapi, lobak, dan taburan kedelai goreng. Irisan lobak inilah yang membedakannya dengan soto lain. Biasanya ditambahkan dengan daging sapi dan kacang kedelai goreng.

Buat Teman Traveler dari Jawa Timur, jangan berpikir dua kali mencicipi soto jenis ini. Bisa dibilang, kuliner Bandung ini cukup berbeda dengan jenis lainnya, lho

Soto Pacitan, Jawa Timur

Soto Pacitan, via Instagram/the.lucky.belly
Soto Pacitan, via Instagram/the.lucky.belly

Kemudian ada pula soto kuah bening dari Pacitan yang kurang lebih mirip dengan Jawa Tengah. Bedanya, ada taburan kacang tanah goreng yang bikin rasanya makin gurih.

Tidak bening seperti air, kuahnya memiliki semu warna kuning pucat dan keruh karena penggunaan kunyit dan kemiri. Guna membuat rasanya makin mantap, biasanya ditambahkan bawang merah goreng dan seledri.

Bagaimana Teman Traveler, apakah sudah dicoba semua soto kuah bening di Jawa yang disebutkan di atas? Jika belum, yuk cicipi saat jelajah lokasi asalnya. Next

ramadan
kue kacimuih khas sumbar

Kudapan Khas Sumatera Barat yang Legit Menggigit.

Patung Bung Karno

Sambangi Pusara Bung Karno, Resapi Perjuangan Sang Proklamator