in ,

List Soto Kwali di Solo, Ada yang Jadi Langganannya Pak Harto

Berikut Ini Daftar Soto Kwali di Solo, Kenikmatan yang Bikin Terpukau

Soto Kwali Pak Gino yang tradisional, via Instagram/solo.asik
Soto Kwali Pak Gino yang tradisional, via Instagram/solo.asik

Soto kwali merupakan kuliner khas Sukoharjo, Solo. Ciri dari kuliner ini adalah dimasak dengan kwali atau wadah yang terbuat dari tanah liat yang memberi aroma yang khas. Sebagai kuliner khas, keberadaan soto kwali di Solo mudah ditemukan. Yuk intip di bawah ini daftar tempatnya.

Baca juga : Berkendara di Era New Normal Tidak Boleh Sembarangan, Ini Aturannya!

Soto Kwali Pak Di

Soto Kwali Pak Di, via Instagram/indahwidowati77
Soto Kwali Pak Di, via Instagram/indahwidowati77

Soto Kwali Pak Di merupakan langganannya mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto. Meksipun langganannya Pak Harto, jangan bayangkan lokasinya mewah ya. Malahan, soto kuali ini dijajakan di kaki lima oleh Walito Diharjo atau yang karib disapa denga Pak Di. Beliau telah mulai berjualan sejak tahun 1981 di sekitar Manahan dan Kalitan Solo.

Soto kwali di tempat ini sudah menjadi langganan Presiden Soeharto sejak 1991. Tidak jarang Soto Kuali Pak Di ini diboyong ke Ndalem Kalitan. Keunikan soto kwali di sini akan masakanya masih menggunakan kayu bakar, sehingga aroma sotonya makin sedap dan nikmat saja. Sekarang lokasinya berada di Jl. RM. Said, Solo di Barat Palang Rel Pasar Nongkro, jam bukanya mulai 06:00 hingga 11:00 WIB. Untuk harga sotonya, Rp12.000 saja.

Soto Kwali “Pak Sri”

Soto Kwali Pak Sri, via Instagram/ilatsolo
Soto Kwali Pak Sri, via Instagram/ilatsolo

Selanjutya ada Soto Kwali Pak Sri yang berada di Jl. Dr. Rajiman Singosaren. Alamat lengkapnya berada di Bakso Remaja ke sebelah Utara sedikit dan berada di kanan jalan. Jam bukanya, mulai pukul 06:00 sampai dengan 16:00 WIB. Salah satu yang rekomended adalah soto tetelannya yang porsinya melimpah. Ditambah dengan gorengan juga makin mantap. Soto kwali di Solo satu ini dipatok Rp10.000 saja.

Soto Kwali Pak Surat

Soto Kwali Pak Surat, via Instagram/indahwidowati77
Soto Kwali Pak Surat, via Instagram/indahwidowati77

Kemudian ada Soto Kwali Pak Surat yang cukup terjangkau. Lokasinya berada di samping PDAM Adisucipto Solo. Dari luar akan terlihat banyak gorengan di jendela warungnya. Warungnya memang sangat sederhana, namun rasanya boleh diadu ya. Soto kwali di Solo ini mulai dari pukul 06:00 hingga 15:00 WIB. Harganya sangat terjangkau, kamu bisa buktikan sendiri dengan datang ke sana.

Soto Kwali “Pak Gino” Sumber

Soto Kwali Pak Gino, via Instagram/rarabocila
Soto Kwali Pak Gino, via Instagram/rarabocila

Soto Kwali Pak Gino Sumber juga memiliki cita rasa yang begitu menggiurkan. Tempat makan di Solo ini sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Alamatnya berada sebelum Lapangan Sumber di sebelah kiri jalan.

Soto Kwali Pak Gino, via Instagram/solo.asik
Soto Kwali Pak Gino, via Instagram/solo.asik

Cara pengolahannya di sini masih menggunakan kwali dan juga kayu bakar, rasanya benar-benar otentik. Karena soto di sini disajikan menggunakan mangkok kecil, satu porsi sepertinya akan kurang.

Soto kwali khas Sukaharjo sampai sekarang ini masih masih menjadi salah satu kuliner yang bisa dicoba saat jelajah Solo. Aromanya yang harum akan membuat kamu kegirangan. Selamat mencoba ya. Next

ramadan

Enjoying the Refreshing Sri Gethuk Waterfall and Oyo River

Melihat penyu di Taman Safari

Liburan Pintar Bareng Anak di Taman Safari Bogor, Yuk Simak Tipsnya