in , ,

Liburan Pintar Bareng Anak di Taman Safari Bogor, Yuk Simak Tipsnya

Memaksimalkan Liburan Bersama Anak di Taman Safari Bogor

Melihat penyu di Taman Safari
Melihat penyu di Taman Safari via Facebook/surianaharsono

Hai Teman Traveler, semua orang tua tentu ingin anaknya pintar dan cerdas, bukan? Namun yang jadi masalah tentu adalah menemukan cara terbaik mencapai tujuan tersebut. Apalagi anak zaman sekarang lebih suka bermain dan liburan. Di bawah ini adalah beberapa tips liburan cerdas bersama anak di Taman Safari Bogor yang bisa dipraktekkan.

Baca juga : Liburan ala Aaliyah Massaid, Penuh Panorama Cantik Pantai & Laut

Wisata keluarga di Taman Safari Bogor via Facebook/surianaharsono

Di sinilah pentingnya peran ibu, yang sering dijuluki Madrasah pertama bagi seorang anak. Ibu yang pintar bisa mengajak anaknya liburan sambil belajar dan menambah pengetahuan. Yuk, simak bersama.

Wisata Edukasi

Berfoto di depan patung panda via Facebook/surianaharsono

Mengajak anak berlibur memang baik, namun akan lebih baik jika bisa sambil belajar. Uang takkan habis begitu saja karena ilmu bisa ikut bertambah. Apalagi jika buah hati kerap merasa bosan belajar dalam ruangan, mengajaknya liburan ke tempat-tempat bernuansa alam seperti Taman Safari Bogor akan membangkitkan semangat dan rasa ingin tahu.

Ajari Jadi Pemberani

Mencoba memberi makan hewan via Facebook/surianaharsono

Tips berikutnya adalah orang tua sebaiknya jangan terlalu sering melarang anak melakukan ini-itu. Rasa cemas memang wajar, namun jangan terlalu berlebihan. Jangan sampai si anak tumbuh menjadi generasi penakut. Biarkan ia menyentuh apapun dan jika memang harus dilarang, berikan alasan yang mudah dipahami.

Alam Daratan

Buaya sedang beristirahat di pinggir kolam via Facebook/surianaharsono

Dengan mengunjungi wisata bernuansa edukatif seperti Taman Safari Bogor, orang tua bisa sekaligus mengenalkan anak pada berbagai jenis hewan berdasarkan habitatnya. Mulai dari buaya di darat, ikan di laut, hingga burung-burung yang menghiasi angkasa.

Namun kali ini orang tua harus memberi penjelasan dengan lebih mendetail karena bisa jadi ada banyak jenis hewan darat yang belum diketahui anak. Ajarkan pula bahwa ada satwa jinak, ada pula yang berbahaya. Dengan demikian, secara tidak langsung orang tua juga mulai mengajarkan buah hati untuk mulai melindungi diri.

Dunia Air

Melihat penyu via Facebook/surianaharsono

Setelah mengenalkan hewan darat, orang tua sebaiknya juga memberikan pengetahuan soal jenis-jenis hewan air. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Yah, siapa tahu nanti akan ada kesempatan di mana anak berlibur ke pantai, sungai, atau kawasan lainnya yang dekat dengan perairan. Jika sudah diajari, si kecil bakal lebih berhati-hati terutama jika bertemu hewan air berbahaya.

Dampingi Anak

Naik gajah via Facebook/surianaharsono

Tips terakhir dari saya adalah dampingi anak di setiap aktivitasnya. Ini adalah poin terpenting, agar orang tua bisa terus menjelaskan hal-hal yang ingin diketahui anak. Dengan cara ini orang tua juga bakal sigap melindungi buah hati dari segala ancaman.

Itulah lima tips buat Teman Traveler yang sudah memiliki buah hati dan ingin liburan kalian tak sia-sia begitu saja. Jadi, kapan kalian berencana mengajak keluarga berwisata menyenangkan nan edukatif di Taman Safari Bogor? Next

ramadan
Soto Kwali Pak Gino yang tradisional, via Instagram/solo.asik

List Soto Kwali di Solo, Ada yang Jadi Langganannya Pak Harto

Candi Sari Jogja

Candi Sari, an Ancient Castle-like Buddhist Monastery