in ,

Soto Sadang di Purwakarta, Kenikmatan Melegenda Sejak Tahun 1970-an

Soto Sadang yang Legendaris di Purwakarta

Soto Sadang
Soto Sadang

Jawa Barat tak hanya punya Bandung dan Bogor untuk dikunjungi. Kuliner di dua kota tersebut juga dikenal enak. Banyak juga lokasi lainnya yang memiliki makanan dengan rasa ngangenin, termasuk Purwakarta. Salah satunya adalah Soto Sadang yang telah ada berpuluh-puluh tahun lamanya di Purwakarta. Intip yuk seenak apa.

Baca juga : Empat Mie Ayam Kuah Kental di Jogja, Nikmatnya Bikin Tergila-gila

Cikal Bakal Soto Sadang yang Dirintis Tahun 1970-an

Alamatnya di Soto Sadang, via Instagram/adityadewantoro
Alamatnya di Soto Sadang, via Instagram/adityadewantoro

Kawasan sekitaran daerah Sadang, Purwakarta selama in dikenal sebagai industri sekaligus perlintasan dari dan daerah Jawa Barat lainnya. Di musim mudik, lokasi ini sangat padat. Dengan alasan itulah, Pak Karta dan keluarganya memutuskan untuk membuka warung Soto Sadang Asli Pertama Kali di tahun 1970-an.

Awalnya, di tahun 1970-an ini, hanya merupakan warung kecil yang dibuka Pak Karta untuk menambahkan pemasukan kelurganya. Awalnya mereka menjual soto mie sebagai sambilan. Namun lama-kelamaan tempat makan di Purwakarta ini dipadati oleh para pengunjung.

Tawarkan Dua Jenis Soto (Kuah Bening dan Santan)

Pilihan di Soto Sadang, via Instagram/ivanwongso
Pilihan menu, via Instagram/ivanwongso

Tempat ini menawarkan beberapa menu yang mengenyangkan. Unggulannya adalah soto dengan kuah bening ataupun dengan kuah santan. Soto bening ini merupakan kuliner dengan kuah kaldu yang berasal dari daging rebus dengan api kecil dalam waktu yang lama. Kuahnya jernih, namun rasanya gurih pekat dengan kaldu.

Soto Bening, via Instagram/istiyuli
Soto Bening, via Instagram/istiyuli

Sementara untuk Soto Santan akan ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat dan rasanya gurih kuat. Bumbunya lebih ringan, namun rasanya sama-sama menggoyang lidah. Tidak hanya soto, tempat makan ini juga menyuguhkan menu lainnya. Misalnya saja sate maranggi.

Informasi Umum Soto Sadang di Purwakarta

Soto Santan, via Instagram/purwakarta.kuliner
Soto Santan, via Instagram/purwakarta.kuliner

Soto Sadang pusat berada di Jl. Veteran, Jembatan Layang Sadang, Purwakarta. Lokasinya persis samping Jembatan KA, Purwakarta. Tempat makan ini buka 24 jam. Bisa jadi kuliner untuk makan kapan saja saat perut sedang kelaparan. Soto di sini dibanderol Rp30.000-an.

Pengin yang hangat-hangat saat melintas ataupun sedang di Purwakarta, Soto Sadang yang melegenda ini patut untuk dicoba. Semoga kamu suka. Next

ramadan

Pilihan Tempat Belanja Bunga di Bandung, Kado Cantik untuk Pasangan di Hari Spesial

Irish Bella Lamaran

Chakra Hall&Lounge, Venue Lamaran Pilihan Irish Bella