in

Ini Nih Spot-Spot Asyik untuk Menikmati Magisnya Ikan Barakuda

Menikmati gerombolan barakuda [Image Source]

Menikmati keindahan bawah laut tak hanya selalu tentang terumbu karang dan koral, tapi juga ikan-ikan yang berenang di sana. Melihat liukan-liukan mereka yang lincah serta sisiknya yang berpendar karena pantulan cahaya pasti akan jadi pemandangan paling syahdu. Koral dan karang memang indah, tapi tanpa ikan maka mereka seperti sebuah kota mati.

Baca juga : Selain di Gili, Lombok Punya Banyak Resort Cantik dan Ciamik

Menikmati pemandangan ikan berenang di antara koral memang sangat menyenangkan. Tapi, nggak harus selalu ini yang harus kita pilih ketika menyelam. Ada satu opsi lain yang juga menawarkan pemandangan indah. Ya, ini adalah tentang gerombolan barakuda yang berenang beriringan itu. Menyaksikan ribuan barakuda berenang satu sama lain pasti bakal jadi pengalaman yang nggak terlupakan. Apalagi kalau bisa sangat dekat. Uh, rasanya seperti tidur di antara ikan-ikan.

Untungnya Indonesia adalah negara kepulauan. Jadi, kita nggak perlu sampai keluar negeri kalau hanya ingin menikmati gerombolan barakuda yang magis itu. Lalu, di mana saja sih tempat kita bisa mendapatkan pengalaman berenang bareng barakuda? Simak ulasannya berikut.

Berakrab Ria dengan Barakuda di Tanjung Lesung

Soal diving, Tanjung Lesung sudah terkenal sejak dulu sebagai pemilik spot menyelam terbaik di sekitaran Jakarta dan Banten. Di sini airnya masih begitu jernih dan juga cukup terjaga terumbu karangnya. Dan soal barakuda, tentu saja tempat satu ini juga memilikinya.

Barakuda di Tanjung Lesung [Image Source]
Barakuda di Tanjung Lesung [Image Source]
Memilih menikmati barakuda di sini adalah pilihan tepat. Bagaimana tidak, kita tak hanya akan disuguhi pemandangan gerombolan ikan bermoncong runcing itu berenang, tapi juga nuansa sekeliling yang begitu bersih dan biru. Serius, nggak bakal nyesel kamu memilih tempat ini meskipun harus menempuh 3-4 jam dari Jakarta.

Menantang Barakuda di Pulau Komodo

Pulau Komodo nggak hanya dikenal karena pantainya, tapi juga spot divingnya yang bikin mata mau lepas karena saking indahnya. Di sini kita akan menjumpai alam bawah laut yang benar-benar sempurna. Ikan-ikan dan terumbu karangnya saling melengkapi satu sama lain sehingga menghasilkan sebuah pemandangan yang luar biasa. Termasuk pula para barakuda yang seolah menantang untuk didekati.

Barakuda berenang bergerombol membentuk tornado [Image Source]
Barakuda berenang bergerombol membentuk tornado [Image Source]
Di sini memang jadi tempat para barakuda seliweran dan biasanya dalam jumlah ratusan bahkan mungkin lebih. Menyaksikan mereka berenang seperti itu pasti akan membuat jantungmu deg-degan karena mereka akan jahil dan cukup berani mendekat. Sarannya, jangan terlalu mendekat dan nikmati saja pemandangan magis ini dari jarak yang aman.

Morotai dan Barakudanya

Di antara banyak spot diving di Indonesia, Morotai bisa dibilang salah satu yang paling menggiurkan. Terletak di ujung utara Maluku, tempat ini memang eksotis banget. Airnya begitu jernih, lingkungan terumbunya juga masih apik. Dan bagaimana dengan barakudanya? Tentu saja di sana juga memilikinya.

Menikmati barakuda [Image Source]
Menikmati barakuda [Image Source]
Di sini barakudanya kadang tak selalu bergerombol. Jadi, kita hanya akan menyaksikan satu per satu dari mereka lewat begitu saja. Tapi, dalam satu waktu barakuda di sini membentuk formasi besar. Jadi, jika cukup beruntung kita mungkin akan bisa mendapatkan pemandangan yang luar biasa itu.

Menikmati Eksotisme Pulau Menjangan Ditemani Gerombolan Barakuda

Membahas spot diving kece nggak afdol kalau kita tak menyinggung Bali. Ada banyak spot diving di pulau dewata, tapi yang paling direkomendasikan terutama karena barakudanya adalah Pulau Menjangan yang ada di bagian barat Bali. Di sini kita nggak hanya akan menikmati si barakuda, tapi juga alam bawah laut pulaunya yang super eksotis.

Menikmati gerombolan barakuda [Image Source]
Menikmati gerombolan barakuda [Image Source]
Lingkungan bawah air pulau Menjangan ini sangat bagus dan masih alami. Airnya bersih pun dengan karang-karangnya yang masih terjaga. Soal barakuda, kita selalu bisa menemukan di sini dan kadang bergerombol dalam jumlah yang besar pula. Oh iya, diving di sini harus sedikit berhati-hati ya karena pulau menjangan bertipe wall diving alias tebing.

Barakuda Derawan yang Ramah

Sebagai pamungkas dari daftar ini, mari kita menuju Derawan. Derawan sendiri adalah sebuah kepulauan kecil di Kalimantan Timur yang sering jadi tujuan banyak orang untuk diving. Alasan kenapa Derawan banyak dipilih tak lain karena tempat ini istimewa. Airnya begitu jernih dan alam bawahnya pun eksotis.

Ratusan barakuda membentuk formasi [Image Source]
Ratusan barakuda membentuk formasi [Image Source]
Derawan juga punya spot barakuda yang harus dicoba. Di sini kita akan menyaksikan gerombolan ikan predator itu berenang bersama membentuk gugus baris yang besar. Kamu yang menyaksikannya dijamin akan terpikat dan terbelalak saking indahnya. Oh iya, menyelam di sekitar Derawan ini harus berhati-hati karena kadang arusnya cukup kuat sehingga berpotensi menarik para penyelam.

Menyaksikan ribuan barakuda yang berenang pasti jadi sebuah pengalaman yang nggak terlupakan. Sensasi deg-degan saat berdekatan dengan mereka serta kilat-kilat cahaya di tubuh ikan predator ini pasti akan membuatmu terpesona. Tentu rekomendasi tempat berburu barakuda di Indonesia tak hanya di lima tempat ini. Namun, inilah rekomendasi terbaik yang bisa kamu dapatkan. Next

ramadan

Ini Lho Cara Pilih Hotel Terbaik di Bali untuk Liburanmu Berikutnya

Wisata Religi dengan Napak Tilas ke Masjid-Masjid Tertua di Indonesia