in , , ,

Spot Diving Terbaik di Indonesia yang Mendunia

fi spot diving terbaik

Sebagai negara maritim tentu tidak susah mencari olahraga air seperti menyelam, apalagi beberapa tempatnya sudah dikenal terbaik di dunia. Berikut spot diving terbaik di Indonesia yang mendunia, menjadi destinasi para penyelam dunia. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 6 Inspirasi Pose Foto di Gunung, Bikin Gayamu Makin Bervariasi

1. Bunaken, Sulawesi

bunaken
Ilustrasi via instagram greatwhitesean

Pertama ada tempat yang tidak boleh dilewatkan yaitu Taman Nasional Bunaken di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Keindahan bawah lautnya tak perlu diragukan, tempat favorit para penyelam dunia. Para penyelam bisa menjelajahi puluhan titik dengan kedalaman bervariasi, spot terkenalnya ada Lekuan, Celah Thath dan Fukui Point. Terdapat 13 dinding karang raksasa dengan terowongan kecil bawah laut. Bunaken mempunyai biodiversitas laut tertinggi di dunia, ribuan spesies dari sekitar 58 genus ikan ada di sini.

Lalu cara menuju lokasi harus terbang ke kota Manado untuk ke Pulau TN Bunaken lalu melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Marina Blue Banter atau Nusantara Diving Center di Kecamatan Molas naik kapal, membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan 15 menit menuju lokasi penyelaman. Biaya sewa kapal sekitar Rp 700 ribu sampai Rp 2 juta, tiket masuk bunaken Rp 5 ribu per orang, biaya diving Rp 1 juta dan sewa peralatan selam Rp 100 ribu – Rp 150 ribu per jam.

2. Raja Ampat, Papua

raja ampat
Ilustrasi via instagram luminousdeep

Berikutnya spot populer The Last of Paradise Raja Ampat di Papua bagi para divers dalam dan luar negri. Terdapat spot menarik untuk dijelajahi seperti Cross Wreck, Blue Magic, Magic Mountain, Pulau Misool, dan masih banyak lagi. Paling menarik adalah sebuah kapal karam peninggalan Jepang saat perang dunia ke-II, tentunya semua spot memiliki keindahan biota laut yang cantik dan menawan.

Untuk menuju kepulauan ini, dari kota Sorong naik kapal cepat menuju Waisai ibu kota kabupaten Raja Ampat dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan. Tiket masuk Rp 500 ribu untuk WNI dan WNA Rp 1 juta, serta sewa kapal sekitar Rp 400 ribu. Sedangkan jika ingin mengikuti trip sekitar Rp 8-15 juta, biasanya untuk 4 hari 3 malam sampai 6 hari 5 malam.

3. Kepulauan Komodo, Flores NTT

kepulauan komodo
Ilustrasi via instagram timur_angin

Kemudian menuju Kepulauan Komodo di Flores Nusa Tenggara Timur, merupakan tempat spot diving incaran para penyelam lokal dan dunia. Di sini Teman Traveler akan bertemu dengan hiu karang, ikan pari manta, ragam biota laut serta terdapat 600 spesies pembentuk terumbu karang. Titik penyelaman yang terkenal di Batu Bolong, Tatawa Kecil, Batu Tiga, Crystal Rock, Three Sisters, Toro Sie dan masih banyak lagi.

Untuk menuju Pulau Komodo harus terbang menuju Bandara Labuan Bajo lalu menyeberang menggunakan kapal motor, waktu tempuh sekitar 2 jam dengan biaya mulai Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu. Tiket masuk wisata Rp 5 ribu per orang hari Senin-Sabtu, Minggu dan hari libur nasional Rp 7,5 ribu per orang, untuk biaya diving Rp 25 ribu.

4. Tulamben, Bali

tulamben bali
Ilustrasi via instagram nistiairene

Selanjutnya spot diving tak kalah populernya ada di Desa Tulamben, Kabupaten Karangasem timur laut pulau Bali, memiliki daya tarik sebuah kapal karam USAT Liberty di kedalaman 30 meter yang kini menjadi rumah biota laut Teman Traveler dapat bertemu ikan Mola-Mola, Paus Hiu dan Hiu Martil. Selain itu keindahan biota laut serta terumbu karang lainnya juga sangat indah dan menakjubkan.

Cara untuk menuju Tulamben bisa naik mobil, jika dari Kuta berjarak 101 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Biaya untu diving di Tulamben sekitar Rp 1,7 juta per orang dan biaya snorkeling Rp 500 ribu minimal 2 orang, sudah dengan pemandu.

Demikian ulasan spot diving terbaik di Indonesia yang sudah dikenal hingga mancanegara, bisa dijadikan referensi olahraga air menantang untuk Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
fi villa di lembang bandung

Villa di Lembang Bandung, Cocok Untuk Keluarga Besar Mulai Rp 1,5 Jutaan

Asah Adrenalin di Puncak Bukit Watu Jengger Mojokerto