in , , ,

5 Hal yang Harus Dihindari Setelah Scuba Diving

fi 5 hal yang dihindari setelah scuba diving

Membutuhkan fisik stamina prima serta masuk dalam golongan aktivitas berat dan menantang, menyelam perlu memerlukan persiapan dan perencanaan secara matang. Tidak sampai di situ perlu juga memperhatikan 5 hal yang harus dihindari setelah scuba diving. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga : Begini Keseruan Vicky Shu Ajak Anaknya Pertama Kali ke Jepang, Bikin Gemas!

1. Jangan Naik Pesawat Terbang

jangan naik pesawat
Ilustrasi via pexels Tim Gouw

Pertama, hal yang tidak boleh dilakukan adalah terbang atau naik pesawat karena sangat berisiko bagi kesehatan. Ketika terbang tekanan udara berkurang, peningkatan ketinggian akan menyebabkan penurunan tekanan secara tiba-tiba. Efek yang dirasakan sama seperti naik ke permukaan terlalu cepat ketika menyelam.

Saat menyelam Teman Traveler akan menghirup tangki terdiri dari 79 persen nitrogen dan 21 persen oksigen. Semakin dalam penyelaman maka akan banyak nitrogen yang terserap dalam darah. Oleh sebab itu ketika menyelam harus melakukan safety stop di kedalaman tertentu agar nitrogen tersebut bisa keluar dari dalam tubuh, namun akan ada sisa nitrogen di tubuh.

Untuk itu perlu dibutuhkan waktu selama 12 jam sebelum naik pesawat, jika beberapa kali menyelam harus menunggu selama 18 jam, sedangkan bagi penyelam yang melakukan beberapa kali decompression stop harus memberi waktu 24 jam sebelum terbang.

2. Pijat

pijat
Ilustrasi via pexels Andrea Piacquadio

Hal kedua yang perlu dihindari setelah menyelam adalah pijat, mungkin terlihat ide cemerlang karena bisa melepas lelah. Namun, sebaiknya tidak dilakukan sebab pijat setelah diving berisiko membuat gelembung-gelembung kecil nitrogen dalam tubuh menyatu menjadi gelembung besar.

Meskipun belum ada kasus decompression sickness tetapi ada baiknya menghindari resiko tersebut. Decompression sickness sendiri adalah gangguan yang biasanya dialami oleh penyelam yaitu gejala berupa pusing, tubuh terasa lemas hingga sesak nafas.

3. Jangan Minum Minuman Beralkohol

jangan minum minuman beralkohol
Ilustrasi via pexels ELEVATE

Kemudian setelah menyelam jangan minum minuman beralkohol, sangat berisiko bagi kesehatan. Minuman keras dapat mengganggu proses tubuh membuang nitrogen dalam darah, penyebab utama decompression sickness salah satunya dehidrasi. Selain itu mabuk akan menutupi gejala, jadi sebaiknya tunggu beberapa jam sebelum Teman Traveler mengkonsumsi minuman beralkohol.

4. Mendaki Gunung

mendaki gunung
Ilustrasi via pexels Stan Swinnen

Selanjutnya setelah menyelam hindari mendaki gunung selama 24 jam, sebaiknya mengatur kembali rencana itinerary liburan Teman Traveler. Dengan melakukan pendakian terlebih dahulu kemudian melakukan aktivitas menyelam agar tidak terjadi decompression sickness.

5. Zip Lining

zip lining
Ilustrasi via pexels Laker

Berikutnya sama seperti mendaki, zip lining biasanya dilakukan pada area yang tinggi atau di pegunungan. Sebaiknya menunggu dahulu selama 24 jam atau mengatur kembali jadwal kegiatan Teman Traveler selama liburan dengan melakukan zip lining sebelum menyelam.

Demikian penjelasan hal yang harus dihindari setelah scuba diving demi keselamatan dan tidak terjadi resiko gangguan kesehatan. Next

ramadan
fi deep dive dubai

Deep Dive Dubai Kolam Selam Terdalam di Dunia, Bagian Dari Kota Bawah Air Terbesar

fi batu lumpang garden

Body Rafting dan Susur Gua di Batu Lumpang Garden Pangandaran