in , ,

5 Fakta Unik Stadion Kanjuruhan Malang

Kapasitas tribun penonton stadion kanjuruhan malang mencapai 45.000
Kapasitas tribun penonton stadion kanjuruhan malang mencapai 45.000

Baru baru ini Kabupaten Malang tengah berduka atas tragedi kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang yang terjadi di Sabtu malam (01/10/2022). Sedikitnya 174 orang meninggal dalam insiden kericuhan sepak bola nasional ini. Kerusuhan ini dipicu oleh kekalahan sang tuan rumah Arema vs Persebaya dengan hasil skor 3-2 pada pertandingan Liga 1. Akibatnya presiden Jokowidodo mengintruksikan secara resmi untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan segala aspek prosedur terutama pengamanan dilakukan.

Baca juga : 10 Mata Air di Klaten yang Tawarkan Kejernihan dan Pemandangan Indah

Stadion Kanjuruhan Malang menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia
Stadion Kanjuruhan Malang menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia. Foto via skor.id

Sisis lain Stadion Kanjuruhan ini merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia dengan daya tampung hingga 40.000 lebih penonton. Beberapa fakta menarik tentang Stadion Kanjuruhan Malang.

Diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri

Peresmian stadion kanjuruhan malang oleh presiden ke lima indonesia Megawati soekarno putri
Peresmian stadion kanjuruhan malang oleh presiden ke lima indonesia Megawati soekarno putri. Foto via www.wearemania.net

Stadion yang terletak di di Jalan Trunojoyo, Kraja, Kedungpendaringan Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang ini resmi selesai di bangun dan diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Lebih tepatnya pada tangga 9 Juni 2014. Presiden Megawati ini menandatangani plakat yang diletakkan didepan pintu stadion. Stadion yang menelan biaya 35 milyar ini pertama kali digelar pada pertandingan Liga 1 Pertamina 2004 atas tuan rumah Singo Edan Arema vs Sleman

Kapasitas Tribun Pononton Mencapai 40.000

Kapasitas tribun penonton stadion kanjuruhan malang mencapai 45.000
Kapasitas tribun penonton stadion kanjuruhan malang mencapai 45.000. Foto via skor.id

Digadang-gadang sebagai stadion terbesar di Indonesia ini dapat menampung penonton hingga 40.000. Tidak hanya terhenti disitu, renovasi terjadi ditahun 2014 selama 10 tahun setelah didirikannya stadion kanjuruhan ini kapasitas tempat duduk mulai ditambah. Kapasitas tribun menjadi 45.000 tempat duduk, dan terpisahnya lapangan dan tribun dibangun pagar pemisah diseluruh lintasan tepi lapangan. Bahkan beberapa waktu menyebutkan membeludaknya penonton hingga menampung 52.000 penonton.

Fasilitas Lengkap Untuk Kenyamanan Penonton dan Pengunjung

Meski menjadi stadion terbesar di tanah air, Stadion Kanjuruhan juga memiliki segudang fasilitas yang sangat lengkap. Stadion dengan standar nasional ini memiliki lintasan atletik melingkar di pinggir lapangan utama. Dikawasan tribun ekonomi tersedia 28 unit toilet dan 18 unit toilet di tribun VIP. Uniknya lampu sorot untuk penerangan sebesar 1.200 lux dengan daya 320 kilowatt. Lampu sorot ini tengah berstandar internasional sesuai dengan standar FIFA.

Tribun VIP Stadion Kanjuruhan Malang
Tribun VIP Stadion Kanjuruhan Malang. Foto via kanjuruhan.weebly.com

Tidak hanya itu, fasilitas olah raga lainnya juga tersedia di luar stadion seperti kolam renang indoor dan outdoor berstandar internasional yang telah diresmikan pada tahun 2018. Tersdia juga videotron yang digunakan sebagai papan skor dan petunjuk waktu pertandingan. Terdapat juga masjid, ruang rapat, dan berbagai taman disisi luar stadion sebagai penunjang keasrian stadion.

Mempercantik diri Jelang Piala Presiden 2022

Beberapa waktu telah ditunjuk stadion Kanjuruhan menjadi tuan rumah Piala Presiden 2022. Pemerintah Kabupaten Malang tengah menyiapkan anggaran hingga 1 milyar untuk perbaikan sejumlah fasilitas seperti tribun penonton, toilet, ruang ganti, tempat tunggu pemain, mushola, dan pemberharuan cat tembok serta rumput lapangan dan berbagai taman di aerea luar stadion.

Ikon Patung Kepala Singa

Patung kepala singa menjadi ikon baru stadion kanjuruhan malang
Patung kepala singa menjadi ikon baru stadion kanjuruhan malang. Foto via gomalang.com

Beberapa bulan yang lalu pihak pemerintah Kabupaten Malang telah membuat patung singo baru yang menjadi ikon unik stadion Kanjuruhan Malang. Patung unik dengan gaya kubisme ini menjadi ilustrasi klup sepak bola asal Malang yakni Arema. Bentuk kotak kotak unik ini dibuat oleh seniman asal Yogyakarta. Bapak Timbul Raharjo yang memiliki tinggi 7 meter dan diletakkan di Utara Stadion tepat dipintu masuk stadion Kanjuruhan. Next

ramadan
Pantai Al Thakhira Qatar

Pantai Al Thakhira, Menyusuri Hutan Bakau sampai Jalan-Jalan Nikmati Matahari Tenggelam

Kopi literan menjadi populer dikalangan traveler

Kedai Kopi Handlebar, Sajian Kopi literan Cocok Untuk Menu Travelingmu