in , , , ,

Stone Garden, Bebatuan Purba Bandung yang Indah nan Eksotis

Pemandangan Eksotiknya Pasti Buat Kamu Terpukau!

Pasti banyak orang yang mempunyai hubungan cinta dan benci dengan tempat ketinggian. Di sisi lain sebagai penyuka ketinggian namun di sisi lainnya lagi juga takut ketinggian. Bagi pecinta alam dan friendly budget traveler, tempat ini wajib dikunjungi karena satu-satunya taman bebatuan purba yang ada di Bandung.

Baca juga : Wisata Lembah Gardena Lombok, Modal Rp5000 Ngabuburit dengan Pesona Alam Sepuasnya

Tempatnya di Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini dijuluki Stone Garden karena bukan bunga melainkan dihiasi oleh bebatuan. Unik bukan? Informasi lengkapnya bisa Teman Traveler lihat pada ulasan berikut.

Perjalanan menuju Stone Garden

img_0592_ptT.JPG
Stone Garden (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Dari Stasiun Bandung pintu selatan Teman Traveler bisa membeli tiket kereta KA Bandung Lokal jurusan ke Padalarang, harganya Rp5.000 untuk sekali perjalanan. Setelah sampai di stasiun Padalarang, lanjutkan berjalan ke arah kanan dimana banyak angkutan umum yang sedang menunggu penumpang. Angkutan yang akan mengantar Teman Traveler ke tempat ini berwarna kuning. Jangan lupa memastikannya dengan bertanya kepada supir dan penduduk sekitar tentang angkutan mana yang akan menuju Stone Garden. Ongkosnya hanya Rp5.000 saja loh!

img_0591_QFv.JPG
Bebatuan yang Cukup Besar (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Perjalanannya cukup memakan waktu, yakni kurang lebih 30 sampai 40 menit namun belum termasuk keadaan jalanan yang macet. Setelah supir angkutan umum memberhentikan Teman Traveler di area Stone Garden, jangan lupa bertanya jalan masuknya ya. Teman Traveler melewati perumahan warga.

img_0606_yUM.JPG
Salah Satu Perjalanan Menuju Puncak Stone Garden (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Sesampainya di pintu masuk, tarif yang dikenakan untuk memasuki Stone Garden waktu itu hanya Rp5.000. Jika berjalan kaki, Teman Traveler tidak perlu membayar parkir sehingga bisa langsung menuju bukit bebatuan mengikuti pengunjung yang lain. Jalannya mudah di akses tapi disarankan memakai sepatu yang anti licin dan menutup kaki. Bagi perempuan sangat tidak disarankan untuk memakai sepatu flat atau high heels karena akan menyiksa telapak kaki

Kerap Digunakan untuk Foto Pre Wedding

img_5375_UIz.JPG
Puncak Bebatuan dari Bawah (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pendakian ke puncak tidak membutuhkan waktu lama karena bukit bebatuan ini tidak terlalu tinggi tapi cukup membutuhkan tenaga untuk menjelajahinya. Di perjalanan Teman Traveler sudah bisa melihat hamparan batu yang tersusun indah dengan ukuran yang berbeda-beda.

img_5370_z8H.JPG
Pemandangan yang Menawan (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Di bukit bebatuan ini juga ada beberapa saung untuk beristirahat atau berteduh jika hari terlalu panas atau sedang turun hujan. Banyak yang menjadikan Stone Garden ini sebagai lokasi untuk foto pre-wedding juga. Pemandangan alam yang unik membuat siapa pun ingin mengabadikan kenangan indahnya di sini.

Pemandangan Indah dengan Kesejukan Udaranya

img_5340_goB.JPG
Salah Satu Pemandangan dari Atas Stone Garden (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Pemandangan dari atas bukit bebatuan ini sangat indah. Teman Traveler bisa melihat kehidupan Kabupaten Bandung Barat dari atas sini. Berada di dataran tingginya membuat cuacanya sangat sejuk. Apalagi di puncaknya, sesekali aku tertiup hembusan angin yang cukup kuat. Uniknya, bebatuan ini tersusun secara alami akibat perubahan alam sejak zaman purba kala sehingga mempersembahkan pemandangan yang luar biasa indah.

Waktu Kunjung

img_5338_nY4.JPG
Stone Garden dan Pemandangan dari Atasnya (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Teradapat juga gua peninggalan zaman purba yang dinamai Goa Pawon. Jika ingin pergi ke sana, datanglah sebelum matahari tenggelam ya. Tempat wisata ini hanya bisa di kunjungi dari jam 07:00 pagi sampai jam 06.00 sore.

Beragam Fasilitas Stone Garden

img_5358_XYD.JPG
Dataran di Puncak dan Saung Stone Garden (c) Lina Auliani/Travelingyuk

Jika Teman Traveler tidak membawa makan siang, tidak usah khawatir karena di sini ada penjual makanan dan minuman juga. Hidangan yang tersedia ada masakan Sunda, mie rebus telur, gorengan, es kelapa, kopi dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya juga tidak mahal seperti di tempat wisata pada umumnya.

Tempat makan ini adanya tepat sebelum bukit bebatuan setelah pintu masuk dari tempat Teman Traveler membeli tiket masuk. Selain warung makanan, juga ada toilet dan mushola, jadi untuk kaum muslim bisa berlama-lama menikmati pemandangan tanpa takut tertinggal waktu sholat.

Perjalan pergi dan pulang hanya memerlukan Rp32.000 saat itu. Biaya ini terbilang sangat murah dengan suguhan pemandangan yang luar biasa ini. Jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah agar tidak mengeluarkan ingkos lebih untuk kuliner di tempat. Jangan lupa masukkan Stone Garden ini dalam list liburanmu saat bumi sudah kembali pulih. Stay home and holiday later! Next

ramadan

Pedasnya Nagih! Cicipi Beragam Menu Pedas di Warung Tangkilsari Malang

Kerlap Kerlip Taman Lampion! Kota Lama Semarang dengan Segala Keindahannya