in , ,

Sumber Brutu, Pemandian Alam Perawan di Lumajang

Merasakan Sensasi Segar di Sumber Brutu Lumajang

Sumber Brutu
Sumber Brutu (c) Rifqi Akbar/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin belum banyak tahu soal keberadaan Sumber Brutu. Pemandian alam di Lumajang ini memang masih perawan dan jarang dijamah wisatawan. Lokasinya berada di wilayah Mrutu, Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga : 7 Tempat di Dunia yang Selalu Punya Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru Paling Top

Sumber Brutu berada di tengah hutan. Lingkungan sekitarnya dikelilingi beragam pohon, mulai dari beringin, jati, hingga bambu. Airnya sangat jernih, terasa segar alami. Cocok untuk melepas penat dari segala kesibukan selama sepekan.

Akses menuju Pemandian

lrm_export_42384958711798_20190916_143150263_fOB.jpeg
Suasana asri di sekitar sumber (c) Rifqi Akbar/Travelingyuk

Berada tak jauh dari perkotaan, kurang lebih 12 km. Aksesnya cukup mudah. Jalannya rata-rata sudah beraspal, sisanya jalur setapak yang dibangun dari semen.

Sepanjang perjalanan Teman Traveler akan disuguhi pemandangan sawah luas dan indah. Benar-benar sangat menyegarkan mata. Kalian juga bakal melewati barisan rumah penduduk yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.

Suasana Alami

Dikelilingi pepohonan rindang, suasana di sekitar sini terasa sangat sejuk dan dingin meski siang hari. Kehadiran akar pepohonan merambat semakin membuat atmosfer terasa alami. Kolamnya sendiri tidak terlalu dalam, bagian tengah hanya setinggi dada manusia dewasa.

Waktu tepat untuk mampir ke sini adalah pagi hari karena suasananya bakal tak terlalu ramai. Teman Traveler bakal lebih nyaman menikmati suasana.

Air di kolam ini sangat jernih, bahkan bagian dasarnya bisa terlihat jelas. Nampak beberapa ekor ikan berseliweran. Mungkin Teman Traveler bakal merasa geli ketika memasukkan kaki di sini.

Aktivitas Menarik

lrm_export_42352075170136_20190916_143117379_S1L.jpeg
Warga datang untuk mencuci baju (c) Rifqi Akbar/Travelingyuk

Selain untuk mandi, kolam ini juga sering digunakan warga untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Begitu waktu sudah menunjukan pukul 07.00, beberapa penduduk sekitar kadang datang untuk mandi maupun mencuci baju. Namun tenang Teman Traveler, air di sini terus mengalir sehingga dijamin bersih dan aman untuk berenang.

Tempat Instagenic

lrm_export_42463077008850_20190916_143308381_WRO.jpeg
Merasakan segarnya air di kolam pemandian (c) Rifqi Akbar/Travelingyuk

Sumber Brutu juga memiliki beberapa sudut fotogenic. Tak jarang para pengunjung mengabadikan momen di sini. Kebanyakan memilih berfoto dengan latar pepohonan maupun ketika sedang merasakan segarnya air.

Pemandangan di bawah permukaan air juga tak kalah indah. Teman Traveler bisa melihat sejumlah ikan kecil berseliweran. Pas sekali buat kalian yang datang membawa kamera underwater.

Tiket Masuk Gratis

lrm_export_42300979167598_20190916_143026283_q8A.jpeg
Berpose di salah satu sudut sumber (c) Rifqi Akbar/Travelingyuk

Berenang di sini Teman Traveler bakal merasa seperti sedang berada di kolam VIP. Pasalnya masih belum banyak orang mengetahui keberadaan Sumber Brutu. Tak heran jika kalian tak perlu membayar tiket masuk atau biaya parkir untuk mengunjungi tempat ini. Benar-benar wisata yang sangat ramah kantong. 

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya Sumber Brutu. Buat Teman Traveler yang butuh tempat untuk melepas penat dari kesibukan selama sepekan belakangan, destinasi ini bisa jadi pilihan. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Lumajang ya. Next

ramadan

5 Kemewahan Dubai yang Bikin Sobat ‘Miskin’ Meronta

Staffed Craftsmen Motekar, Tempat Hasilkan Ribuan Boneka Setiap Harinya