in , ,

Staffed Craftsmen Motekar, Tempat Hasilkan Ribuan Boneka Setiap Harinya

Para pecinta boneka wajib mampir

Berkunjung ke Bandung, ada baiknya Teman Traveler mengunjungi tempat yang antimainstream. Yaitu Staffed Craftsmen Motekar yang merupakan rumah produksi berbagai macam boneka. Supaya kalian tidak penasaran, yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Tak Perlu ke China, Saksikan Indahnya Gugusan Karst di Taman Prasejarah Leang-leang

Belajar Tata Cara Pembuatan Boneka

Staffed Craftsmen Motekar
Melakukan proses pembuatan boneka (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di Staffed Craftsmen Motekar ini kalian bisa melihat secara langsung proses pembuatan boneka. Mulai dari awal hingga boneka tersebut sudah siap jual. Tak perlu sungkan untuk bertanya, karena semua karyawan di sini bersedia membagi ilmunya.

menjahit_bagian_boneka_ii_JFj.jpg
Menjahit boneka yang telah diisi dacron (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Berdiri dari Tahun 1993

Staffed Craftsmen Motekar
Karyawan yang melakukan tahap menjahit (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Salah satu pimpinan rumah produksi yakni Teh Eva menjelaskan bahwa Staffed Craftsmen Motekar sudah berdiri sejak tahun 1993. Dulu, di kampung tersebut banyak sekali pengrajin yang memproduksi boneka.

menjahit_mata_boneka_ii_wJl.jpg
Menjahit detail mata dan hidung (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Namun, akibat krisis moneter yang terjadi beberapa tahun silam, mengakibatkan banyaknya pengrajin menutup usahanya. Alhasil, hingga saat ini tercatat hanya 3 rumah produksi yang masih bertahan. Salah satunya Staffed Craftsmen Motekar ini.

Tahap Panjang untuk Membuat Satu Boneka

Staffed Craftsmen Motekar
Pengrajin sedang menjahit pola dasar boneka (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tak mudah untuk membuat satu boneka, karena ada beberapa tahap yang harus dilalui. Pertama adalah menggambar pola yang dilakukan secara manual. Namun, kalau ada pesanan dalam jumlah banyak, biasanya kain dicetak terlebih dulu sebelum pola dipotong.

mengisi_kain_luar_boneka_dengan_bahan_dacron_ii_AnC.jpg
Pengisian dacron (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selanjutnya, pola-pola tadi disatukan dan dijahit dengan menggunakan mesin. Kalau sudah, bagian utama boneka seperti badan, kaki dan tangan diisi dengan dacron. Apabila sudah selesai, tahap terakhirnya adalah menjahit ulang semua detail dan juga memasang bagian-bagian kecil, seperti hidung dan mata.

proses_mengelem_hidung_ii_FWS.jpg
Pemasangan hidung dan mata (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Pesanan Melimpah dari Luar Kota

boneka_beruang_Vw8.jpg
Boneka beruang yang sering dipesan (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Rumah produksi boneka satu ini ternyata mampu menghasilkan hingga 1000 boneka setiap harinya. Menariknya lagi, banyak pelanggan dari luar pulau yang memesan boneka-bonekanya. Seperti Sumatera dan Kalimantan. Boneka yang paling banyak dipesan adalah model beruang karena bentuknya abadi.

Harga Boneka yang Bermacam-macam

boneka_beruang_selesai_diproduksi_Sis.jpg
Boneka yang siap kirim (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler ingin membeli boneka di sini, ada beberapa harga yang ditawarkan. Untuk pemesanan dalam jumlah banyak, harganya dimulai dari Rp15 ribu. Sedangkan boneka yang dijual satuan, dibanderol dengan harga Rp20 ribu hingga jutaan. Semua harga bergantung kepada ukuran, bentuk dan kualitas bahan boneka.

Saat datang ke sini, kalian tidak hanya bisa membeli boneka. Tapi juga dapat mengetahui rumitnya pembuatan boneka dari awal sampai akhir. Kalau kalian ingin mampir, datang saja ke kawasan Kampung Boneka Sukamulya, Babakan Jeruk, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung. Next

ramadan
Sumber Brutu

Sumber Brutu, Pemandian Alam Perawan di Lumajang

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Mengenal Indahnya Adat Jakarta