in , ,

Sumber Jenon, Keindahan Telaga Bertuah

Menikmati Segarnya Telaga Jenon di Pinggiran Malang

Sumber Jenon Malang
Sumber Jenon Malang (c) Willy/Travelingyuk

Selain dikenal memiliki deretan wisata pegunungan yang bisa bikin pikiran segar, Malang juga punya beberapa destinasi bahari menarik. Salah satunya adalah telaga di lereng Gunung Ronggo, yang lebih dikenal dengan nama Sumber Jenon. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga : Melihat Jejak Freemason di Bandung, Salah Satunya di ITB

Telaga Tua dengan Pohon Raksasa   

Telaga tua dengan pohon raksasa (c) Willy/Travelingyuk
Telaga tua dengan pohon raksasa (c) Willy/Travelingyuk

Sumber Jenon merupakan telaga jernih berwarna kebiruan yang cukup dalam. Ada bongkahan pohon raksasa di dalamnya. Saat terkena pancaran sinar mentari, Teman Traveler bakal melihat alur batang besar yang nampak dimakan usia.

Telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk
Telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk

Menurut cerita warga setempat, pohon tersebut rubuh karena pertapaan seorang sakti bernama Mbah Wirogati. Pohon yang Jenu ini lantas mengeluarkan air hingga membentuk sungai. Dari sinilah Sumber Jenon diyakini berasal.   

Air Berkhasiat

AIr Dipercaya punya khasiat (c) Willy/Travelingyuk
Airnya dipercaya memiliki khasiat (c) Willy/Travelingyuk

Kebanyakan pengunjung di sini mengatakan bahwa air Sumber Jenon kelewat dingin. Padahal cuaca di sekitar sini lebih sering panas karena teriknya sinar mentari.

Satu lagi yang menarik dari telaga ini adalah keberadaan ikan sengkaring hitam berukuran besar. Sebagian warga menganggap ikan tersebut keramat dan tidak boleh diganggu, apalagi dipancing. Jika nekat, dipercaya bisa mendatangkan malapetaka.

Telaga Jenon yang indah (c) Willy/Travelingyuk
Telaga yang indah (c) Willy/Travelingyuk

Di sisi lain, air di Sumber Jenon juga dianggap memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Percaya tidak percaya ya Teman Traveler, silahkan dicoba sendiri.    

Lokasi Telaga

tempat makan di Telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk
Tempat makan di sekitar telaga (c) Willy/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu khawatir bakal nyasar jika hendak menuju sini. Lokasinya berdekatan dengan pusat Malang, namun secara administratif masuk wilayah Kec. Tajinan, Kab. Malang.

Jika berangkat dari Alun-Alun, Teman Traveler bisa lewat Pasar Gadang. Begitu sampai perempatan lampu merah Gadang, belok kiri hingga sampai di ujung jalan. Selanjutnya, belok kiri di depan Perkantoran Terpadu.

Bermain air di telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk
Bermain air di Telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk

Selanjutnya Teman Traveler cukup ikuti jalan sampai Tajinan. Patokannya adalah tugu dengan patung garuda. Dari sini Sumber Jenon hanya berjarak 4 km. Akses jalannya sudah diaspal halus dan sudah tersedia area parkir untuk mobil dan motor.   

Harga Tiket

Snorkeling di Sumber Jenon (c) Willy/Travelingyuk
Snorkeling di Sumber Jenon (c) Willy/Travelingyuk

Meski memiliki banyak daya tarik, tiket masuk Sumber Jenon tidak dipatok dengan harga tinggi. Pengelola setempat hanya menarik tarif Rp5.000 per orang. Hanya dengan harga segitu, Teman Traveler sudah bisa puas berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan dan menghirup udara segar.

Jika ingin pengalaman lebih seru, Teman Traveler bisa coba untuk snorkeling di sekitar bongkahan kayu tenggelam. Air telaga yang berwarna biru terang akan membuat kalian seolah-olah sedang berada di lautan, lengkap ditemani beberapa ikan.   

Telaga Jenon di Tajinan (c) Willy/Travelingyuk
Telaga Jenon (c) Willy/Travelingyuk

Sumber Jenon adalah wisata Malang yang bisa disebut sebagai paket lengkap. Selain pemandangannya indah, di sini Teman Traveler akan menemukan fasilitas lengkap seperti persewaan pelampung, toilet, mushola, warung makan, hingga spot foto gardu pandang, dan taman.

Buat Teman Traveler yang datang membawa anak kecil, terdapat kolam kecil yang lebih dangkal. Lengkap sekali bukan? Bagaimana, tertarik mampir ke sini?  Next

ramadan

Nikmati Alam lewat Jepretan Instagramable di Situ Gunung Sukabumi

Cicipi Hidangan Autentik Purwokerto di Saung Maron Jaya