in , ,

Sumber Ubalan, Wisata Pemandian Menyegarkan dengan Harga Merakyat

Wisata dengan biaya murah akan tetap menjadi primadona banyak orang, apalagi tempat tersebut mempunyai nilai edukasi, baik histori ataupun nilai sosial. Tempat-tempat tersebut umumnya berada di daerah pinggiran yang masih memiliki tempat-tempat alami dengan sumber daya alam yang memukau.

Baca juga : Cari Suasana Tenang Bali? Nginep di Lilis Cempaka Mas Guesthouse Aja

Tugu Wisata Ubalan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Daerah yang memiliki sumber air besar dan jernih, biasanya dikelola sebagai sumber air untuk disalurkan ke masyarakat sekitar, serta sebagian lagi sebagai tempat wisata pemandian.

Gerbang masuk area wisata Ubalan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Beberapa tempat wisata alam pemandian telah menjadi ikon daerah atau kota tertentu sebagai salah satu aset yang menghasilkan. Salah satunya adalah Wisata Ubalan yang terletak di Kabupaten Kediri ini, tepatnya Desa Kalasan, Kecamatan Plosoklaten, yang dapat dijangkau dari beberapa arah. Baik dari wates jika berangkat dari Blitar atau Kediri jika dari Surabaya melalui Pare, kemudian menyusuri jalan ke arah Plosoklaten hingga dijumpai Tugu Ubalan yang dibangun megah.

Sayangnya standing neon banner ini terhalangi oleh beberapa tumbuhan dan kabel listrik yang sengkarut (c) Mei Indriani/Travellingyuk

Sebagai wisata yang mengandalkan sumber air, Wisata Sumber Ubalan juga dilengkapi dengan vegetasi pepohonan besar dan nampak tua namun kokoh yang tersebar merata. Mulai dari lahan parkir pengunjung hingga ke sudut-sudut area Sumber Ubalan. Dengan tiket yang hanya di patok Rp.5.000 per orang, dijamin para pengunjung akan puas mengitari luasnya seluruh area ini.

Spot kekinian menyambut setiap pengunjung setelah melewati gerbang masuk utama (c) Mei Indriani/Travellingyuk 

Memasuki area ini, patung sebagai simbol Wisata Sumber Ubalan menyambut setiap pengunjung di sebelah kiri melewati gerbang masuk. Pada sebelah kanan, terdapat spot foto kekinian yang tak lupa pengelola siapkan. Sudah menjadi ciri khas pula, bahwa tempat wisata pemandian
identik dengan adanya pohon beringin besar sebagai kelengkapan resmi.

Kolam renang yang luas dan teduh membuat aktifitas renang menjadi menyenamgkan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Masih disebelah kanan dari pintu masuk, dibangun pemandian luas yang terbagi untuk anak-anak dan dewasa. Namun harga tiket masuk area wisata tidak termasuk untuk bisa menikmati kolam pemandian yang ada. Sehingga pengunjung harus mengeluarkan biaya lagi. Namun, siapa
yang bisa menolak kejernihan air dan segarnya berenang di tempat teduh dari rindangnya pohon raksasa ini.

Area sangat luas sobat traveler (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Area yang luas pada wisata Sumber Ubalan, menjadikan tempat ini sering dijadikan lokasi kemah anak-anak sekolah atau kegiatan outbond instansi pendidikan, baik negeri dan swasta.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, dibangun panggung permanen berukuran sedang di area paling belakang. Sedangkan untuk area kemping berada di samping sepanjang telaga dengan pemandangan air yang memukau.

Telaga di Sumber Ubalan (c) mei Indriani/Travelingyuk

Rest area dan taman bermain sebagai pelengkap wajib juga tersedia, namun masih terbatas pada pemanfaatan beberapa pohon untuk dijadikan tempat istirahat yang nyaman.

Area wisata rakyat yang multifungsi (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Penulis sendiri secara tidak sadar sudah menghabiskan waktu lebih dari 3 jam, hanya berduduk-duduk santai menikmati rendah riuhnya suara pengunjung serta sesekali kicau burung. Suasana sejuknya bikin adem dan nyaman.

Dengan wisata yang berbiaya murah seperti Sumber Ubalan, tempat ini akan selalu diburu oleh pengunjung akan kesejukan tempat dan jernih air kolam renang yang alami dan tidak berbau obat penjernih. Sudah bersiap untuk mengunjungi berwisata ke tempat ini Teman Traveler? Jangan lupa siapkan bantal karena hawanya bikin ngantuk perlahan.    Next

ramadan

Wisata Religi 5 Agama Hanya di Rumah Kiai Mursyid

Rasakan Kesejukan Kolam Alami Taman Beringin Asri Bondowoso