in , , ,

7 Summits Jawa Timur, Penakluk Puncak Pantang Mundur Sebelum Tempur!

Sudah pernah mendaki puncak-puncak maha indah Jawa Timur? Pernah taklukkan puncak yang mana?

Ditengah pandemi, tidak sedikit orang yang rindu untuk menaklukkan puncak-puncak Maha Indah yang ada di Jawa Timur. Kepuasan jiwa dengan bayaran sempurna di atas puncak menjadi salah satu hal yang paling dirindukan. Agar rindu sedikit hilang, Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler kembali melihat keindahan puncak-puncak indah di Pulau Jawa pada ulasan berikut ini.

Baca juga : Kelingking, Pantai di Nusa Penida Ini Bikin Pangling

1. Gunung Penanggungan 1653m

Gunung Penanggungan via Instagram @jejakpanthera_adventure

Gunung yang menyimpan sejarah panjang Kerajaan Majapahit ini berlokasi di 2 Kabupaten yakni Mojokerto dan Pasuruan. Walaupun tidak setinggi gunung lainnya, Penanggungan punya kenangan tersendiri di hati para pendaki. Teman Traveler bisa mendaki gunung ini melewati 4 jalur yakni Tamiajeng, Jolotundo, Ngroro dan Trawas.

2. Gunung Bromo 2329m

Gunung Bromo via Instagram @elgamartadewi

Salah satu gunung populer di Jawa Timur ini menjadi favorit pendaki karena sajian keindahan alamnya yang menawan. Bromo yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Teman Traveler bisa mendaki gunung ini dari Jalur Malang, Pasuruan atau Probolinggo.

3. Gunung Ijen 2799m

Gunung Ijen via Insatgram @findannehere

Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banywangi dan Bondowoso ini menawarkan pemandangan alam yang berbeda dari kebanyakan gunung di Jawa Timur. Blue Fire, fenomena alam yang hanya ada di 2 di Dunia ini salah satunya bisa Teman Traveler temui di Gunung Ijen. Namun, demi menikmati keindahannya Teman Traveler harus rela mendaki pada pukul 12 atau 1 dini hari karena fenomena ini hanya bisa disaksikan pada pukul 3 hingga 4 pagi.

4. Gunung Lawu 3265m

Gunung Lawu via Instagram @berkelana_62

Tidak kalah populer dengan gunung lainnya di Jawa Timur, Gunung Lawu yang berada antara Jawa Tengah dan Timur ini berada pada 3 kabupaten yakni Karanganyar, Magetan, dan Ngawi. Salah satu jalur pendakian yang menjadi favorit karena trek bebatuan tersusun rapi dengan jalur pendek adalah Comoro Sewu.

5. Gunung Raung 3332m

Gunung Raung via Instagram @m.dhendi123

Salah satu keunikan Gunung Raung yang membuatnya spesial di mata pendaki adalah 4 puncakya yang menawan dengan ketinggian serta kesulitan yang berbeda-beda. Gunung ini terkenal dengan berbagai puncak ekstrim yang jika ditaklukkan pendaki menjadi salah satu pengalaman berharga yang tidak mungkin dilupakan.

6. Gunung Arjuno 3339m

Gunung Arjuna via Instagram @oohsania

Gunung yang terkenal mempunyai banyak misteri sampai buat pendaki begidik ngeri ini punya pesona yang berbeda dibandingkan dengan gunung lainnya. Teman Traveler bisa mendaki melalui 3 jalur yakni Pasuruan, Batu, dan Malang. Sepanjang perjalanan mendaki, Teman Traveler akan disuguhi cukup banyak ‘bonus’ dengan pemandangan yang sangat menarik.

7. Gunung Semeru 3676m

Gunung Semeru via Instagram @bunga.ts

Memiliki ketinggian 3676 mdpl membuat Semeru menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Perjalanan mendaki yang punya ciri khas serta keunikan yang berbeda ini selalu bisa membuat banyak pendaki ingin menaklukkannya. Daya tarik yang tertanam dalam jiwa pendaki adalah keindahan berbagai danau yang dimilikinya yakni Ranu Kumbolo, Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Setiap gunung punya bagian berbeda di hati para pendaki. Namun semuanya setuju bahwa setiap gunung punya keunikan dan keseruan sendiri dalam menaklukkannya. Ciri khas berbeda inilah yang membuat pendaki rindu akan berdiri di puncak maha indah penuh pesona. Ayo mendaki lagi setelah pandemi nanti! Stay home stay safe! Next

ramadan

Warung Pecel Mbah Rodo, Legendaris Pekan Baru dengan Rasa Penuh Rindu!

Gotokuji, Kuil Kucing Jepang yang Dipercaya Bawa Keberuntungan!