in , ,

Sungai Soca, ‘Jamrud’ Terindah di Slovenia

Menjelajah Sudut Indah Sungai Soca di Slovenia

Sungai Soca (c) Anggi paramita/Travelingyuk
Sungai Soca (c) Anggi paramita/Travelingyuk

Menjelajah Slovenia takkan pernah terasa membosankan Teman Traveler. Negara kecil di Eropa tengah ini simpan segudang keindahan yang begitu memanjakan. Mulai dari gugusan Pegunungan Alpen, landscape wilayah berbukit-bukit, hingga deretan sungai dengan aliran air cantik. Salah satu yang sempat saya sambangi adalah Sungai Soca.

Baca juga : Kenjeran Park Surabaya, Tawarkan Spot Instagenic dengan Arsitektur Memukau

Sungai dengan Aliran Air Cantik

dscn1402_01_0jd.jpeg
Menjelajah Slovenia (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membuat saya tertarik mampir ke Sungai Soca? Destinasi satu ini memang tak sepopuler Nil maupun Amazon, namun reputasinya tak boleh dipandang sebelah mata lho.

dscn1404_02_bZl.jpeg
Menikmati pemandangan sekitar (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang pernah menonton ‘The Chronicles of Narnia: Prince Caspian’? Nah, Soca merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film ber-genre fantasi ini. Aliran airnya berwarna biru tosca, bahkan kelihatan lebih indah ketika dilihat secara langsung ketimbang di film.

Pemandangan di sekitarnya juga sangat spektakuler. Dari kejauhan Teman Traveler bisa melihat gagahnya pegunungan Triglav, salah satu bagian dari Pegunungan Alpen.   

Incaran Penggemar Wisata Outdoor

20190716_140357_02_o70.jpeg
Aliran Soca (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Membentang sepanjang 136 kilometer dari sisi barat Slovenia hingga timur laut Italia, hulu Soca bisa ditemukan di Julian Alps sementara muaranya ada di Laut Adriatik. Begitu masuk wilayah negeri pasta, nama sungai berubah menjadi Izonzo. 

dscn1400_01_jCW.jpeg
Piknik di pinggir sungai (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Keunikan Soca adalah aliran airnya berwarna biru tosca, sesuatu yang sangat jarang ditemukan. Tak heran jika tempat ini dijuluki ‘The Emerald Beauty’ dan kerap diklaim sebagai salah satu sungai terindah di dunia. 

20190716_160146_01_JXt.jpeg
Salah satu spot hiking (c) Anggi paramita/Travelingyuk

Banyak hal bisa Teman Traveler lakukan jika berkesempatan mampir ke sini, terutama beragam aktivitas outdoor maupun memacu adrenalin. Memasuki musim panas, wilayah di sepanjang sungai biasanya memang dipadati wisatawan, baik dari Slovenia, maupun negara lain. Mereka biasanya melakukan rafting, kayaking, hiking, kemping, paralayang, bersepeda gunung, atau hanya sekedar piknik sambil nikmati pemandangan sekitar.

Tips Berkunjung

20190716_135041_01_aJF.jpeg
Menikmati pemandangan sekitar (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Jika berniat mampir ke sini, akses dengan angkutan umum memang agak sulit. Tapi jangan khawatir, biasanya ada banyak jasa day trip menuju Sungai Soca dengan fasilitas free shuttle dari meeting point yang sudah disepakati. Harganya dipatok di kisaran 66 euro per orang, dimulai pukul 08.00 hingga 19.00.

Titik pertemuannya biasa dipilih di stasiun bus Bled. Jadi jika Teman Traveler menginap di Ljubljana, Slovenia, bisa langsung ke Ljubjana Station Center dan naik bus pukul enam dengan tiket seharga 7 euro.

20190716_174635_01_RYN.jpeg
Salah satu spot di Soca (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain itu saya sarankan membawa bekal minum, makanan, maupun obat sederhana. Pasalnya di Eropa jarang sekali ditemukan minimarket, jumlahnya tidak terlalu banyak. Selain itu harga barang-barangnya juga cukup mahal untuk kantong backpacker.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke Sungai Soca, salah satu yang terindah di dunia? Jangan lupa sempatkan mampir jika berkesempatan menyambangi Slovenia ya. Next

ramadan
Nusa Penida (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Indahnya Pulau Nusa Penida, Serasa Pingin Liburan Terus!

Gerbang Pura Mandhara Giri

Pura Mandhara Giri, Gagahnya Pura Tertua di Lumajang