in ,

Cerita Mengerikan di Balik Sungai yang Warna-warni

Air adalah sumber kehidupan. Sungai-sungai mengalirkan banyak manfaat sama seperti nadi yang mengalirkan darah di tubuh. Meski dengan fakta seperti itu, ada saja oknum-oknum yang entah sengaja atau tidak telah melakukan pencemaran yang berakibat pada kerusakan lingkungan. Bahkan air sungai bisa berubah warnanya jadi merah darah hingga biru pekat. Seperti yang terjadi pada beberapa sungai  berikut ini.

Baca juga : Jalan Taman Baluran Makin Oke, Akses Dua Jam Jadi 45 Menit

1. Sungai Bah Bolon

Sungai Bah Bolon [image source]
Sungai bah Bolon mengalir di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Tepatnya Senin (7/8/2017) lalu, warga setempat dihebohkan dengan air sungai yang tiba-tiba berubah warna jadi merah seperti darah. Usut punya usut diduga sumbernya adalah tumpahan zat pewarna tekstil di saluran air dekat Tempat Pembuangan Sampah Jalan DI Panjaitan. Setelah beberapa jam, warna sungai sudah kembali seperti semula.

Sungai Bah Bolon [image source]

2. Sungai Bilopa

Ilustrasi Sungai jadi biru [image source]
Yang ini bukan merah, tapi berubah warna jadi Biru. Kejadiannya menggegerkan warga Kelurahan Samataring Kecamatan Sinjai Timur, Sulawesi Selatan pada 21 Maret 2013. Ada banyak dugaan tentang peristiwa ini. Apalagi setelah air sungai dipindah dalam ember, warnanya berubah jadi bening kembali. Sebagian orang menghubung-hubungkannya dengan kejadian penangkapan ular raksasa beberapa hari sebelumnya.

Ilustrasi Sungai jadi biru [image source]

3. Sungai Jembatan Kuning, Bontang

Sungai Bontang [image source]
Lagi-lagi ulah manusia yang tidak bertanggungjawab bisa menyebabkan kerusakan alam. Selain menimpa Sungai Bah Bolon ternyata pencemaran lingkungan juga terjadi pada Sungai Jembatan Kuning di Bontang, Kalimantan Timur tanggal 11 Febuari 2014. Bahkan lautan dan muara sungai juga ikut memerah seperti kolam darah. Setelah diselelidiki, penyebabnya adalah limbah dari pabrik cat di dekat lokasi.

Sungai Bontang [image source]

4. Sungai Kalimakal

Sungai Brebes [image source]
Setahun kemudian yaitu pada 10 November 2015, Sungai Kalimakal di Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Jawa Tengah malah berubah jadi merah mudah selama beberapa waktu. Padahal para petani mengandalkannya untuk mengairi sawah. Penyebanya pun sama, diduga ada oknum yang mencemari sungai dengan limbah industri. Dampaknya bukan main-main, tidak hanya mengancam kehidupan sungai tapi juga mengurangi kesuburan tanah.

Sungai Brebes [image source]
Itulah beberapa kejadian berubahnya warna sungai di Indonesia. Terutama yang disebabkan oleh limbah, pasti memiliki dampak yang buruk baik untuk alam maupun manusia. Yang seperti ini pernah terjadi di daerahmu juga? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya. Next

ramadan

5 Guest House Unik di Jepang, Traveling Hemat dan Hati Senang

Tomohon ‘Berdandan’ Cantik dengan 7 Danaunya yang Menawan