in , , , ,

Sunrise Memukau Gunung Bromo di Spot Terbaik Yang Perlu Anda Abadikan

Berwisata ke gunung Bromo rasanya tak lengkap jika tidak mengabadikan keindahan momen sunrise atau matahari terbit. Betapa tidak, Gunung Bromo merupakan tempat menikmati sunrise terbaik di Indonesia, bahkan beberapa ulasan mengakuinya sebagai deretan sunrise paling indah di Benua Asia. Wisatawan mancanegara pun menyerbu pesona alam Jawatimur dengan Gunung Bromo sebagai urutan pertama yang ingin dikunjungi.

Baca juga : Candi Gedong Songo, Wisata Sejuk dengan Cerita Sejarah di Semarang

Panorama gunung bromo saat sunrise. foto via athallawisata.com

Memang banyak spot terbaik di deretan gunung Bromo yang menyajikan pesona luar biasa. Namun bagi kalangan pemburu golden sunrise pasti bakal mencarinya meskipun jalan menuju tempat tersebut sangatlah susah. Memang tak banyak pengunjung yang menginginkan berada ditempat tersebut, karena akses yang terjal membuat pengunjung enggan melaluinya. Tetapi dibalik terjalnya jalanan dan perjuangan, keindahan Gunung Bromo dan Semeru tampak indah dan menakjubkan.

Hamparan sinar pagi menyinari indahnya gunung bromo dan semeru. Foto via instagram @arif_f5

Poin view Gunung Bromo memang berada di Penanjakan 1. Tempat ini adalah wilayah tertinggi untuk menikmati keindahan alam gunung Bromo. Namun titik kumpul pengunjung membuat beberapa penikmat alam merasa kurang nyaman atas riuhnya pengunjung lain. Ada akses menuju hutan cantigi disebelah kanan tower. Berhati hatilah saat menuruni turunan terjal hingga sampai dititik titik tempat tertentu yang menurut kamu pas untuk mengabadikan momen. Dijamin tak ada penghalang seorang pun yang lalu lalang didepan kameramu.

Selain Penanjakan 1, serbuan penikmat sunrise gunung Bromo adalah Bukit Kedaluh. Bukit tersebut memiliki nama lain yang lebih dikenal masyarakat luas yaitu bukit Kingkong. Dimana bukit kingkong ini diambil karena salah satu sisi tebing disekitar area bukit lebih menonjol dan menyerupai kepala Kingkong.

Bukit Kingkong, tempat terbaik menikmati kaldera Tengger. Foto via zonautara.com

Bukit ini memang tak setinggi Penanjakan 1, lebih tepatnya terletak dibawah Bukit Penanjakan, yaitu sekitar kurang lebih 2,5 kilometer dari puncak Penanjakan 1 gunung Bromo, sehingga akses masuk meuju bukit tersebut tidak terlalu menanjak. Ketinggiannya sekitar 2.700 mdpl dan hanya perlu berjalan sekitar 200 – 250 meter untuk bisa menikmati pemandangan kaldera Bromo yang menakjubkan.

Untuk biaya masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memang tergolong mahal. Namun harga akan sebanding dengan pesona dan keindahannya serta fasilitas yang didapatkannya. Tiket bisa didapatkan melalui sistem online. Dan selama pandemi berlangsung ada syarat syarat khusus yang wajib disiapkan sebelum mengunjungi kawasan tersebut. Next

ramadan
fi pantai di banten

Pantai di Banten, Pelesiran Asyik yang Menenangkan

Tips Mudah Naik Gunung Bagi Para Pendaki Pemula