in , , ,

Tips Mudah Naik Gunung Bagi Para Pendaki Pemula

Aktivitas mendaki gunung belakangan ini memang digemari banyak pemuda. Mulai dari sekedar melepas penat, hingga mereka yang benar benar ingin membuktikan rasa penasarannya menyusuri hutan hingga puncak gunung. Bagi pecinta alam, mendaki gunung sudah menjadi kegiatan rutin sehingga menemui jalur sesusah apa pun tidak akan menjadi masalah. Lantas bagaimana bagi pemula yang ingin menikmatinya saat di gunung?

Baca juga : Nikmati Hamparan Sawah Nan Hijau di Menoreh Sky Bridge

Mendaki gunung dengan kelompok pecinta alam. Foto via amanat.id

Memang tak mudah bagi seorang pemula hanya sekedar membuktikan pendakian tanpa pengetahuan yang tepat. Karena gunung menyimpan banyak misteri dan kondisi yang wajib kita pahami sebelumnya. Keamanan dan keselamatan diri saat di gunung adalah poin utama bagi seorang pendaki. Panorama dan hasil jepretan abadikan momen adalah bonus disela perjuangan pendaki. Berikut adalah tips mendaki gunung bagi para pemula yang wajib dipersiapkan secara matang.

Stop rebahan !! Olahraga agar fisik kuat

Siapapun akan menyetujui apabila mendaki gunung memerlukan kekuatan fisik yang kuat. Hal yang harus dibiasakan sejak dini adalah rutinitas olahraga, seperti Jogging, badminton, renang atau sesuai dengan hobinya. Karena pendakian bukanlah sekedar perjalanan di medan aspal, serta harus membawa beban berat dipunggung.

Pilihan Gunung dengan Medan yang Ringan

Sebagai pendaki sangat penting untuk mengetahui medan dan ketinggian dari gunung yang akan didaki. Bagi pemula, sangat penting untuk memilih gunung dengan medan jalur yang ringan. Pilihlah gunung yang tidak terlalu tinggi, dan tanyakan kepada teman pendaki mu tentang  jalur yang mudah untuk didaki. Karena menuju puncak gunung, memiliki beberapa jalur dengan medan treking yang berbeda beda. 

Medan jalan ringan di dalam hutan. foto via samaweadventure.org

Hiking dengan kelompok pecinta alam

Pecinta alam jangan diartikan sebagai kelompok resmi.  Hal ini bagi siapapun yang memiliki intensitas tinggi dalam kegiatan pendakian. Mungkin sekedar hobi yang sudah melekat di jiwa para pendaki atau mereka yang benar benar hasrat untuk menenangkan pikiran ada di nuansa alam. Bagi mereka, mendaki gunung bukanlah kegiatan yang individualis sehingga pemula tidak perlu khawatir. Teman dalam kelompok mendaki akan terus menjaga satu sama lain hingga sampai puncak bahkan sampai turun kembali dan sampai rumah masing-masing.

Persianan dan perbekalan

Pendakian biasanya tidak cukup dilakukan dalam satu hari, melainkan harus menginap di pos tertentu untuk beristirahat. Atau bertujuan ingin mendapatkan pemandangan tertentu sehingga perlu waktu untuk menunggunya. Hal ini dipastikan pendaki akan membawa bekal selama berada di gunung. Bagi pemula, makanan manis memang cocok untuk menambah stamina.  Selain itu, air putih adalah keharusan yang wajib selalu tersedia. Dan pakaian tebal seperti jaket, kaos kaki, sarung tangan, dan aksesories penghangat lainnya yang wajib digunakan saat berada di gunung.

Alat dan bahan yang dipersiapankan sebelum mendaki. foto via maioloo.com

Menjaga kebersihan

Poin paling penting saat di gunung adalah menjaga kebersihan lingkungan. Bawalah selalu sampah mu sekecil apapun. Gunung adalah titipan Tuhan yang wajib kita jaga dan lestarikan. Yang biasa membuang sampah sembarangan, mulailah untuk menahan diri dan menyimpannya hingga menemukan tempat sampah. Bersikap baiklah pada alam, kebaikan itu akan nampak menakjubkan di esok hari.  Next

ramadan

Sunrise Memukau Gunung Bromo di Spot Terbaik Yang Perlu Anda Abadikan

fi olahraga tradisional khas indonesia

Olahraga Tradisional Khas Indonesia Permainan Seru dan Unik