in ,

Taksi di Gunung Ijen, Pasang Tarif hingga Jutaan dengan Tenaga Manusia

Gunung Ijen, Sediakan Taksi Manusia yang Siap Antarkan Wisatawan Sampai Puncak

Taksi di Gunung Ijen
Taksi di Gunung Ijen

Berlibur ke Bromo bisa menaiki Jeep dan kuda sepertinya sudah biasa. Namun akan berbeda jika berlibur ke Gunung Ijen. Ada ‘taksi’ unik yang siap mengantarkan wisatawan hingga sampai puncak. Kendaraan ini menarik perhatian karena menggunakan tenaga manusia. Penasaran dengan taksi di Gunung Ijen ini kan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : Dua Srikandi Indonesia Kibarkan Merah putih di Everest

Menggunakan Gerobak

Taksi di Gunung Ijen ini merupakan kendaraan yang dimodifikasi sedemikian rupa agar nyaman untuk pelanggan. Taksinya berupa gerobak dan menggunakan tenaga manusia sebagai penggeraknya. Dalam sekali beroperasi, ada tiga orang driver yang mengendalikan kendaraan ini. Dua orang di depan menarik tali, sementara satu orang di belakang yang mengontrol arah termasuk mengendalikan rem.

Cuma Ijen Yang Punya Taksi Beginian (IG)@vemyliacarrinda
Cuma Ijen yang Punya Taksi Beginian via instagram/vemyliacarrinda

Awalnya, kendaraan tersebut merupakan gerobak yang digunakan untuk membawa hasil tambang belerang. Sementara jalur perjalanan menggunakan taksi ini berbeda dengan jalur pendakian pada umumnya. Treknya terus menanjak, berpasir dan tidak berundak hingga terus sampai puncak. Untuk masalah keselamatan dan keamanan tak perlu khawatir, semua taksi Ijen sudah dimodifikasi ditambah driver yang berpengalaman

Driver Sekaligus Penambang

Taksi ajaib ini dimanfaatkan oleh para driver untuk membantu wisatawan. Apalagi mengingat jalurnya yang terus menanjak. Belum lagi dengan fenomena penampakan Blue Fire yang hanya bisa ditemukan sebelum matahari terbit. Namun, para driver hanya akan mengantarkan ke puncak. Sementara pengunjung diharuskan turun menuju lokasi menikmati Blue Fire dengan jalan kaki karena kondisi track yang sempit dan berbatu.

Ke Ijen Pakai Taksi (IG)@n4zl14n1
Ke Ijen Pakai Taksi via instagram/n4zl14n1

Driver taksi di Gunung Ijen sebenarnya berprofesi sebagai penambang. Saat musim liburan, sebagian dari mereka beralih menjadi driver. Namun, jika sepi pengunjung baru kembali sebagai penambang. Sebagian besar adalah penduduk asli Banyuwangi.  Mereka juga bersaing dengan driver lainnya untuk memikat wisatawan. Suasana persaingan sudah mulai terasa di pintu masuk Taman Wisata Kawah Ijen.

Tarif Naik Taksi Ijen

Teman Traveler punya budget lebih? Bisa mencoba untuk naik taksi ini. Bagaimana tidak, tarifnya sekitar Rp600.000 untuk perjalanan naik dan Rp200.000 untuk turunnya. Harga tersebut berbeda untuk turis mancanegara. Untuk satu turis bisa mencapai Rp1 hingga Rp1,2 juta. Meski tergolong mahal, itu sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan para driver.

Sendiri Bukan Masalah, Ijen Tetap Mempesona (IG)@sellavine_
Sendiri Bukan Masalah, Ijen Tetap Mempesona via instagram/sellavine_

Untuk panjang track Gunung Ijen sampai ke kawah Blue Fire kurang lebih 2-3 jam waktu normal dengan jalan kaki. Jika mencoba jasa taksi ijen, sudah jelas akan mempersingkat waktu. Tak perlu capek lelah mendaki, cukup duduk dan ikuti arahan driver, Teman Traveler sudah bisa merasakan sebuah pengalaman tak terlupakan.

Nah, itulah ulasan tentang taksi di Gunung Ijen yang menjadi sorotan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya tidak? Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Loempia Boom, Sensasi Makan Lumpia dengan Ukuran Tak Biasa di Jogja

Via Instagram/balinesefoodie

Pilihan Tempat Kuliner Legendaris di Tabanan Bali, Ada yang Sejak 1938 Lho!