in , , ,

Taman Ayu Gogoniti, Hutan Pinus di Blitar yang Sejuk nan Instagramable

Pesona hutan pinus yang terkenal akan kesegaran dan hawa sejuknya memang telah di kenal banyak komunitas pencinta alam maupun masyrakat umum. Di Blitar sendiri terdapat hutan pinus yang tidak terlalu luas, namun cukup nyaman untuk dinikmati dan bersantai bersama keluarga.

Baca juga : Alasan Kenapa Banyak Turis yang Bergeser ke Gili Trawangan

Spot foto yang diambil dari menara pandang (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Nama tempat wisata ini adalah Taman Ayu Gogoniti yang terletak di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tempat ini kini menjelma menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi, terutama kawula muda. Taman Ayu Gogoniti sendiri konsepnya memang menyasar kaum milenial yang begitu menggemari untuk foto selfie dengan spot keindahan alam hutan pinus yang nyaman.

Tulisan ini menyambut saat kita berada di tempat parkir (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dengan tiket masuk hanya sebesar Rp5.000 per orang (harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan) dan parkir kendaraan roda 2 Rp2.000, menjadikan Taman Ayu Gogoniti lokasi hiburan dan sarana menambah foto pada feed Instagram yang berbiaya murah.

Memasuki area utama wisata (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dengan area parkir yang sangat luas dan nyaman, tempat ini memang layak untuk dijadikan destinasi wisata baru Kabupaten Blitar. Akses menuju ke tempat ini pun juga sangat mudah.

Salah satu spot yang saya suka (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ketika berada di depan pintu masuk gerbang kayu Taman Ayu Gogoniti, siap-siap kamu akan terpesona dengan aliran air di samping hutan pinus ini. Aliran air ini terlihat jernih, begitu segar, dan sangat serasi bersanding bersama hutan pinus yang hijau dan berjajar rapi.

Pagar pembatas yang di buat alami menjadi daya tarik tersendiri (c)Mei Indriani/Travelingyuk

Di depan gerbang kayu masuk, sedikit disayangkan akan penggunaan cat pada batang gerbang yang sedikit mencolok, sehingga mengurangi nuansa alaminya. Tapi pagar pembatas pada media jalan pengunjung ditata apik dan dibiarkan alami dengan ornamen kayu bercabang yang di potong rapi.

Di area ini warn-warni sangat dominan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Medan hutan pinus yang berkontur sedikit curam, memang memaksa kita untuk banyak mengeluarkan tenaga saat berpindah dari satu spot ke spot yang lain. Penggunaan ornamen hias pada lokasi wana wisata ini memang dominan menggunakan warna-warni, seperti hendak menunjukkan rasa keceriaan pada jiwa muda yang mengunjunginya.

Jejatuhan khas hutan pinus (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Saat sampai pada spot semacam historikal tempat tersebut, mereka menyediakan informasi perihal muasal nama Gogoniti itu sendiri. Ada pula seperti bongkahan bangunan yang di tampilkan sebagai bukti informasi, namun tulisan pada kertas informasi sangat disayangkan sudah luntur sebagian dan sulit terbaca.

Tumbuhan ini juga ikut menyegarkan pemandangan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Pihak pengelola juga menyediakan pos pandang yang berfungsi juga sebagai area selfie dengan titik ketinggiian tertentu. Ada  juga spot foto gubuk cinta yang menarik untuk dibuat berfoto bersama pasangan berlatar pemandangan sawah. Perahu kayu yang bisa diberi beban serta kepala kereta mini jadul yang juga cantik untuk spot foto.

Spot foto yang disediakan pengelola (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dengan banyaknya spot foto yang menarik dan kesegaran hutan pinus yang asri, sangat sayang jika Teman Traveler sampai melewatkan Taman Ayu Gogoniti ketika sedang berada di Blitar.

Apabila ke spot ini selalu perhatikan arah pijakan kawan (c)Mei Indriani/Travelingyuk

Sebaiknya Teman Traveler menghindari datang saat musim hujan, karena jalanan untuk pengunjung masih media tanah. Akan lebih sulit untuk dilewati dan cukup berbahaya. Next

ramadan
Meningkatnya stataus Kawah Ijen

Status Gunung Ijen Level 1, BPBD Himbau Tak Mendekat Ke Kawah Radius 500 meter

Mengenal Tari Gandrung, Kekayaan Khas Banyuwangi Yang Memukau