in ,

Tak Perlu ke Eropa, Yuk Liburan ke Taman Bunga Nusantara

Taman Labirin [image source]

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga pertama di Indonesia yang diresmikan tanggal 10 September 1995 silam. Terletak di Jalan Mariwati Km. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, taman ini memiliki koleksi ratusan jenis tanaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri sehingga dapat dijadikan tujuan berwisata sekaligus menambah pengetahuan tentang tumbuhan yang ada di seluruh dunia terutama yang jarang ditemui di Indonesia.

Baca juga : Pesona Indah Wisata Ternate, Kota Mungil Penuh Warna yang Bikin Terpana

Dari jalan masuk pengunjung sudah bisa menikmati keindahan aneka bunga [image source]

Di lokasi seluas 23 hektare ini, bunga cantik berwarna-warni ditata sedemikian rupa seakan mampu menghipnotis siapa saja yang datang. Istimewanya, di beberapa sudut taman kamu akan menjumpai miniatur binatang atau benda yang terbuat dari rangkaian bunga. Udara di lokasi wisata ini terasa sejuk dan segar karena berada di dataran tinggi tidak jauh dari Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, membuat pengunjung merasa betah meski menghabiskan waktu seharian disini.

Air mancur di tengah lokasi Taman Bunga Nusantara [image source]

Selain wisatawan domestik. Taman Bunga Nusantara juga berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk datang kemari. Karena itulah, demi mempermudah para pengunjung dari luar negeri, disediakan brosur berisi informasi dalam 5 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Mandarin, dan Arab. Di tempat wisata yang buka setiap hari mulai pukul buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 05:00 sore ini, kamu bisa menikmati keindahan sedikitnya 8 jenis taman dengan desain maupun tanaman yang berbeda antara lain :

Taman Air

Indahnya panorama di Taman Bunga Nusantara [image source]

Karya Sansan Widjaja yang juga mendesain Taman Gaya Mediterania dan Bali. Sesuai dengan namanya, disini terdapat berbagai jenis tanaman yang hidup di air seperti Kana Air yang berasal dari Amerika Serikat dan Lotus tumbuhan asli Asia Timur dan Australia. Ada juga Cyperus Papyrus dari Mesir yang bentuknya menyerupai rambut terjurai, dulunya tanaman ini digunakan sebagai bahan pembuat kertas pertama di dunia. Bagi yang sudah familiar dengan bunga teratai, disini ada versi raksasanya yang diletakkan di dalam kolam terlihat seperti nampan berukuran besar.

Taman Mawar

Warna-warni bunga di Taman Bunga Nusantara [image source]

Mawar merupakan salah satu tanaman yang terkenal di seluruh penjuru dunia. Warnanya yang beraneka ragam dan baunya yang harum menjadikannya sebagai bunga yang digemari banyak orang khususnya kaum wanita. Ditaman ini pengunjung bisa menikmati mawar yang bermekaran dengan indah dan ditata sedemikian rupa sehingga terlihat semakin menarik saat dipandang. Demi menjaga keindahannya, bunga ini dirawat dengan baik dan diberikan perlakuan khusus dengan tata cara penyiraman, pemupukan, hingga penyiangan yang dilakukan dengan seksama.

Taman Perancis

Taman Perancis [image source]

Tak perlu jauh-jauh ke Perancis untuk dapat duduk di tamannya yang berbentuk unik dan menarik karena cukup di Cianjur saja kamu sudah bisa merasakan sensasi layaknya sedang berada di negara yang terkenal dengan Menara Eifelnya tersebut. Karya dari Russell Autrey, seorang desainer dari luar negeri taman ini dibangun dengan mengedepankan kerapihan, keserasian, dan keseimbangan bentuk geometris. Untuk dapat menikmatinya secara sempurna dari atas ketinggian, kamu bisa langsung naik ke Menara Pandang yang letaknya tidak jauh dari sini.

Taman Labirin

Taman Labirin [image source]

Buat kamu yang suka petualangan atau senang dengan teka-teki, maka kamu harus mampir ke lokasi yang satu ini. Taman Maze atau Labirin disini menggunakan pola Renaissance ala Eropa. Tanaman ditata dengan rapi membentuk lorong panjang berliku dan di ujungnya kamu dapat menemukan sebuah taman cantik sebagai wujud keberhasilahmu dalam memecahkan masalah. Jika takut tersesat, kamu bisa membeli peta seharga Rp 1000,- yang dapat memandu petualanganmu menyusuri jalan panjang yang mengasyikkan.

Taman Bali

Taman Bali [image source]

Siapa sih yang tak kenal dengan Bali? Pulau Dewata dengan seribu pesona ini berhasil diangkat oleh desainer ternama Sansan Widjaja dan Darmasto Kusumaningrat ke dalam Taman Bunga Nasional tanpa meninggalkan ciri khasnya. Bangunan seperti candi, gapura, dan bale serta patung yang unik melengkapi kentalnya suasana Bali di taman ini. Tak lupa tanaman seperti bunga kamboja, sepatu, aneka helikonia, dan tumbuhan tropis lainnya turut mendominasi menambah indahnya suasana.

Taman Mediterania

Taman Mediterania [image source]

Tak perlu jauh-jauh ke gurun sahara untuk melihat tanaman khas negara beriklim kering, karena disini ada Taman Mediterania yang dilengkapi dengan bangunan berdesain unik dan didalamnya terdapat beragam jenis kaktus seperti Notocactus Magnificus, Cephalocereus Senilis, Opuntia Rufida, serta Cereus Hexagonus. Atap yang dibuat khusus dari kaca agar tanaman tersebut dapat tumbuh seakan di daerah aslinya. Unsur lain seperti hamparan batu dan pasir putih semakin melengkapi suasana benar-benar seperti sedang berada di Mediterania.

Taman Palem

Taman Palem [image source]

Pohon palem mungkin sudah sering kita temui di Indonesia. Tapi taukah kamu, ada ribuan jenis palem yang tersebar di seluruh dunia dengan bentuk yang berbeda-beda? Di taman ini setidaknya terdapat ratusan varietas yang juga berasal dari negara lain yang memiliki keunikannya masing-masing. Beberapa diantaranya seperti, Washingtonia Robusta dari Meksiko dengan bentuknya yang menyerupai kipas, Screw Pine dari Madagascar dengan batang dan daun yang melingkar-lingkar, Cuban Royal Palm dari Kuba, dan masih banyak lainnya.

Taman Gaya Jepang

Taman Gaya Jepang [image source]

Taman ini diciptakan oleh seorang desainer asli Jepang yaitu Hamana Yosuke. Suasana khas negeri sakura yang kental sudah bisa kamu rasakan sejak pertama melihat pintu gerbang besar yang terbuat dari kayu. Di dalamnya kamu tidak akan menemukan bunga berwarna-warni seperti di lokasi lain, karena disini didominasi oleh tanaman hijau seperti pinus dan cemara yang dibuat bonsai. Ketenangan dan kedamaian seketika menyeruak kala berjalan di atas jalur setapak yang disediakan. Terdapat kolam ikan dengan alirannya yang tenang, gemericik air dari pancuran kecil, tak lupa sebuah rumah adat khas Jepang berdiri kokoh di tengah taman.

Menara Pandang di Taman Bungan Nusantara [image source]

Selain 8 taman dengan desainnya yang cantik dan instagramable, masih ada fasilitas lain seperti rumah kaca dengan koleksi bunga warna-warni seperti anggrek dan lainnya yang tidak bisa hidup di iklim yang agak ekstrim, menara pandang bangunan tinggi tempat untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, danau angsa, topiari merak, jam raksasa serta display karpet yang semuanya dibentuk menggunakan bunga.

Garden Tram, salah satu transportasi keliling di Taman Bunga Nusantara [image source]

Ada juga area piknik bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama keluarga serta lokasi bermain khusus anak-anak dengan berbagai wahana bermain yang mengasyikkan, sehingga Taman Bunga Nusantara sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Jika takut kelelahan karena berkeliling, kamu bisa menggunakan kendaraan seperti Kereta Dotto, Garden Tram, dan Mobil Wira-Wiri dengan membayar tiket tambahan. Hanya dengan Rp 40.000,- saja kamu sudah bisa menikmati keindahan di setiap sudut Taman Bunga Nusantara.

 

  Next

ramadan

Written by Atikah W

I love Traveling

Oleh-oleh Khas yang Harus Masuk Tas Saat Datang ke Belitung

sun n surf stay

Hotel di Bali ini Bikin Kita Lupa Jika Sedang Berada di Indonesia