in , ,

Taman Kencana, Nongkrong Sekaligus Kulineran di Kota Hujan

Jalan-jalan Sambil Nikmati Sajian Khas Bogor di Taman Kencana

Taman Kencana Bogor
Taman Kencana Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Ingin menikmati sejuknya Bogor tanpa khawatir soal kemacetan dan polusi? Teman Traveler bisa mampir ke Taman Kencana yang ada di Kecamatan Bogor Tengah. Tak hanya menikmati pemandangan hijau, di sini kalian juga bisa mencicipi aneka kuliner lezat lho. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Punya Nama Berhuruf RIC? Dapatkan Es Krim Gratis di Sini Selamanya!

Cerita Masa Lampau

img_20190703_125121_1Qt.jpg
Spot foto favorit (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Mulanya saya mengira taman ini baru-baru saja dibangun Pemerintah Kota Bogor sebagai area publik bagi warga dan wisatawan. Setelah menelusuri catatan sejarah, barulah saya tahu bahwa Taman Kencana sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Tepatnya antara tahun 1926-1930.

img_20190703_125257__JsX.jpg
Taman bersejarah (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dulunya taman ini dibangun sebagai fasilitas bagi warga asal Eropa di sekitar sini. Karsten, sang penggagas taman, menyampaikan idenya pada Pemerintah Belanda dan akhirnya diwujudkan dengan nama Von Imhoff Plein, diambil dari nama pendiri Istana Bogor.

Setelah Indonesia merdeka, taman diambil alih dan namanya diubah menjadi Taman Kencana. Cukup bersejarah juga ya tempat satu ini Teman Traveler.

Teduhnya Taman Kencana

img_20190703_130030_Dmo.jpg
Tampak sejuk kan? (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Diapit jalan raya, Taman Kencana menawarkan area terbuka hijau dengan banyak pepohonan rindang dan aneka tanaman di sekitarnya. Datang di siang bolong sekalipun, Teman Traveler tidak perlu khawatir kepanasan.

Bagian tengah sengaja tidak ditanam pohon besar. Namun demikian, tiap sudut taman terasa begitu sejuk lantaran ada banyak pohon tumbuh tinggi menjulang. Teman Traveler bisa duduk santai di salah satu deretan bangku taman, untuk menikmati hari sambil berbincang bersama kawan.

Aktivitas Menarik

img_20190703_125848_TgD.jpg
Terlihat sepi saat weekday (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memasuki akhir pekan, berbagai aktivitas seru biasanya dilakukan warga Bogor dan wisatawan di Taman Kencana. Sayangnya, saya berkunjung saat hari biasa dan suasana di sini terlihat lengang. Jauh dari keramaian orang-orang.

img_20190703_125539_MF3.jpg
Sebagian pengunjung hari itu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Meski sedang sepi, beberapa orang masih tampak meramaikan taman, termasuk saya. Mereka asyik mengobrol sembari menghabiskan camilan di bawah rindangnya pohon di bangku taman. Teman Traveler mau juga?

img_20190703_125725_B2t.jpg
Banyak obyek menarik di sini (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Tak jarang beberapa warga Bogor, khususnya para mahasiswa, memilih taman ini untuk berkumpul dan menyelesaikan tugas. Serunya, kawasan ini juga bisa jadi lokasi asyik untuk belajar fotografi.

Kuliner di Sekitar Taman

img_20190703_130344_i2c.jpg
Penjual bakpao dan susu (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sebuah taman di pusat kota agaknya bakal terasa kurang kalau tidak dilengkapi pojok kuliner. Tenang, di sini Teman Traveler takkan kesulitan mencari alternatif tempat makan. Sebagian besar lokasi kuliner di sekitar sini memang menawarkan makanan ala Barat. Namun tenang saja, kalian masih bisa menemukan beberapa street food di sudut-sudut taman.

img_20190703_124745_gt1.jpg
Resto Macaroni Panggang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Persis di seberang Taman Kencana, tepatnya di sisi timur, ada resto Macaroni Panggang. Teman Traveler juga bisa berburu beragam oleh-oleh menarik di sini.

Berjalan lebih jauh, Teman Traveler akan menemukan sederet resto menarik lain seperti Lasagna Gulung, serta Alania Chocolava, Kedai Kita, Pia Apple Pie, dan Klappertaart Huize di Jalan Pangrango.

img_20190703_125935_EnG.jpg
Penjual cakue dan Waroeng Taman (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Sementara itu, di sisi barat taman Teman Traveler akan menemukan pojok kuliner dengan menu khas Indonesia. Kalian bisa mampir ke Waroeng Taman atau Warung Sate H. Ismail. Memasuki akhir pekan, di sekeliling taman biasanya bakal dibanjiri gerobak makanan yang menawarkan beberapa menu seperti bubur ayam, lontong sayur, soto mie, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika memang berniat merasakan ambience Taman Kencana, datanglah saat akhir pekan. Namun berkunjung saat hari biasa pun tak masalah kok. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke sini saat menjelajah wisata Bogor? Next

ramadan
Bakso Solo Pojok Mangli

Bakso Solo Pojok Mangli, Ludes Ribuan Mangkuk per Hari Saking Enaknya!

Pantai Munggu

Pantai Munggu Bali, Yuk Intip Cantiknya Spot Foto dari Sampah Kiriman