in ,

8 Taman Kota yang Romantis di Kota Malang

fimalang

Seperti halnya kota-kota maju di Indonesia, agar dapat memanjakan orang-orang yang hidup dan tinggal, pemerintah Kota Malang beserta beberapa pihak terkait bekerja sama dan melakukan banyak pembenahan, perbaikan dan penambahan segala macam fasilitas publik yang dapat digunakan siapa saja.

Baca juga : Inaya Putri Bali, Hotel Mewah BUMN Rancangan Ridwan Kamil

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, kini Kota Malang sudah mempersolek diri dan menjadi lebih cantik lagi. Banyak pedestrian yang dulunya kumuh dan dihuni para pedagang kaki lima, kini nampak teratur, terawat dan benar-benar digunakan oleh para pejalan kaki. Tidak hanya itu saja, beberapa spot lainnya di Kota Malang juga sudah diubah dan dimaksimalkan sebagai tempat santai masyarakat atau orang-orang yang hidup dan tinggal di kota ini.

Bersamaan dengan akan datangnya hari kasih sayang atau Valentine’s Day yang masih menjadi pro dan kontra hingga sekarang, berikut ini ada beberapa taman di Kota Malang yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama pasangan atau juga sebagai tempat yang menarik untuk ‘menemba’ calon idaman hati.

1. Alun-alun kota

Dari tahun ke tahun, alun-alun kota memang menjadi pusat dan titik temu dari banyak orang yang ada atau berkunjung ke Kota Malang. Beberapa waktu sebelumnya, alun-alun kota ini penuh dengan para pedagang asongan dan kaki lima yang membuat para pengunjungnya merasa tidak begitu nyaman untuk berada di tempat ini.

Alun-alun kota [image source]
Alun-alun kota [image source]
Sekarang, alun-alun kota sudah dipermak habis-habisan dengan berbagai penambahan fasilitas, mulai pedestrian yang cukup leluasa untuk digunakan berjalan-jalan, taman bermain untuk anak, tempat nongkrong dan bangku taman di beberapa tempat, toilet umum yang bersih sampai dengan skate park.

2. Alun-alun Tugu

Selain alun-alun kota, alun-alun Tugu juga cocok digunakan sebagai tempat bersantai dengan keluarga, pasangan atau juga sangat tepat untuk menyatakan cinta kepada orang yang dicintai. Di tempat ini, selain dapat menikmati keindahan air mancur yang akan terlihat menyala berwarna-warni dengan balutan ‘kabut’ ketika malam hari, terdapat pula taman bunga plastik berukuran besar yang juga dapat menyala di beberapa titik.

Alun-alun Tugu[image source]
Alun-alun Tugu [image source]
Jika dulu siapa saja yang berkunjung ke alun-alun Tugu dapat masuk dan duduk atau melakukan aktivitas santai di rerumputan di sekitar tempat tersebut, kini hal tersebut tidak lagi diperbolehkan karena selain agar tidak disalahgunakan sebagai tempat mesum, juga agar tidak merusak rerumputan yang tumbuh apik itu.

3. Taman Rekreasi Kota (Tarekot)

Taman Rekreasi Rakyat atau Tarekot ini merupakan salah satu taman yang cukup lama dibangun pemerintah Kota Malang. Jika dibandingkan beberapa tahun lalu, Tarekot terlihat lebih lengang karena fasilitas yang ada kurang mendapat sentuhan atau perbaruan yang membuat tempat ini menjadi sedikit membosankan.

Taman Rekreasi Kota (Tarekot) [image source]
Taman Rekreasi Kota (Tarekot) [image source]
Walaupun begitu, jika Anda berkunjung ke Tarekot, ada beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan, seperti taman satwa yang berisikan beberapa hewan sampai dengan kolam renang rakyat. Tempat ini berada persis di belakang Kantor Walikota Malang.

4. Taman Cerdas Trunojoyo

Walaupun tergolong baru, namun taman yang dibangun oleh sebuah perusahaan rokok ternama di Malang ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung, terutama di hari libur. Terletak tidak jauh dari alun-alun Tugu, taman yang juga terdapat patung singa sebagai icon dari Kota Malang karena tim sepakbolanya itu didirikan dan diperuntukkan bagi siapa saja yang mengunjunginya secara gratis.

Taman Cerdas Trunojoyo [image source]
Taman Cerdas Trunojoyo [image source]
Banyak muda-mudi sampai dengan keluarga yang datang ke tempat ini untuk bersantai dan menikmati rindangnya pepohonan dan kesejukan udara di tengah kota. Pengelola tempat ini benar-benar tidak memperbolehkan ada satu pedangan pun untuk masuk ke dalamnya. Batas waktu berkunjung dan bersantai di Taman Cerdas Trunojoyo ini adalah sampai dengan pukul 22.00-23.00 WIB.

5. Taman Merbabu (Merbabu Family Park)

Seperti halnya Taman, Taman Merbabu atau juga dikenal dengan nama Taman Nivea ini merupakan tempat yang mengasyikkan untuk mengajak putra-putri Anda bermain-main. Di tempat ini disediakan berbagai macam fasilitas permainan sampai dengan lapangan futsal outdoor kecil yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin memakainya.

Taman Merbabu (Merbabu Family Park) [image source]
Taman Merbabu (Merbabu Family Park) [image source]
Bagi pasangan, yang dibangun oleh PT Beiesdorf Indonesia ini juga cocok digunakan sebagai tempat memadu kasih karena memang tempatnya jika malam tiba terlihat romantis dengan lampu taman yang temaram. Bahkan bagi pasangan yang sedang berkencan dan tiba-tiba lapar atau haus, di seberang jalan dari Taman Merbabu ini ada sebuah cafe yang tak kalah menariknya dan dapat digunakan sebagai tempat hangout.

6. Taman Singha Merjosari

Tidak seperti taman-taman kota lainnya, Taman Singha Merjosari ini boleh dibilang lebih sepi dan kurang begitu populer. Di taman yang terletak di Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, tepatnya di depan pasar Dinoyo Baru tersebut dibangun dengan menggunakan konsep 8 elemen kota hijau.

Taman Singha Merjosari [image source]
Taman Singha Merjosari [image source]
Terdapat beberapa gazebo dan pedestrian yang tertata apik serta fasilitas lain yang cukup memanjakan para pengunjung tempat ini. Walaupun belum sepenuhnya selesai seperti yang diinginkan, akan tetapi taman satu ini cukup nyaman digunakan untuk melepas penat, bersantai atau juga untuk berduaan bersama pasangan.

7. Taman Kunang-Kunang

Terletak di sepanjang Jalan Jakarta, Taman Kunang-kunang adalah salah satu spot menarik yang selalu dikunjungi baik oleh pasangan atau juga rombongan pengunjung lainnya, Dinamakan Taman Kunang-kunang karena pengelolanya, yaitu Bentoel Grup, terinspirasi dari keindahan kunang-kunang yang akan memunculkan cahaya dan warnanya di malam hari.

Taman Kunang-kunang [image source]
Taman Kunang-kunang [image source]
Taman satu ini diresmikan langsung oleh Walikota Malang pada tanggal 1 April 2015 lalu, bertepatan dengan hari jadi Kota Malang yang ke 101. Di taman ini memang tidak terdapat arena bermain atau juga ruangan khusus untuk membaca dan sejenisnya karena hanya tempat duduk dengan pengaturan yang lebih menitikberatkan pada sisi arsitektur dan seni saja. Walaupun begitu, keindahan Taman Kunang-kunang, khususnya ketika malam hari, tidak kalah menarik dari taman-taman kota lainnya.

8. Taman Idjen Boulevard

Taman satu ini dapat dikatakan yang paling baru dibandingkan dengan taman-taman kota lainnya. Walaupun hanya terdiri dari beberapa bangku taman saja dan tidak ada fasilitas lainnya, namun taman yang terletak persis di depan museum Malang ini, sangat nyaman digunakan sebagai tempat nongkrong atau berduaan dengan pasangan.

Taman Idjen Boulevard [image source]
Taman Idjen Boulevard [image source]
Sembari menikmati lalu lintas jalan raya Kota Malang, khususnya yang di sekitaran Jalan Ijen atau yang dari arah Jalan Semeru-Bromo-Kayutangan dan sekitarnya. Selain itu, Anda juga dapat berjalan-jalan di sekitaran pedestrian di Jalan Ijen yang akan terasa sejuk walaupun hari sedang panas-panasnya atau juga sangat menarik ketika malam tiba.

Pembenahan, perbaikan dan penambahan taman-taman kota ini menjadikan masyarakat Kota Malang pada khususnya akan lebih dapat menikmati pajak daerah yang mereka bayarkan dan diaplikasikan menjadi sarana publik. Tertarik untuk mengunjungi salah satu atau semua taman-taman kota di Kota Malang ini? Next

ramadan
fi

9 Batu Unik yang Berselimut Legenda Rakyat di Indonesia

8 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Eropa yang Tak Kalah Menarik dengan Kota-kota Besar Lainnya