in , ,

Taman Nasional Way Kambas, Habibat Eksotis Gajah Sumatera yang Menakjubkan

Jelajah Taman Nasional Way Kambas, Bisa Bertemu Gajah Lucu dan Menggemaskan

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas

Mengenal alam, tidak hanya berkunjung ke gunung atau menyelami samudera. Ada cara lain agar Teman Traveler makin cinta kepada alam Indonesia. Salah satunya berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas yang merupakan tempat tinggal aneka spesial fauna di Lampung. Salah satunya gajah yang hidup bebas di savana. Lalu seperti apa keseruan liburan di sini? Berikut cerita dari Kontributor Travelingyuk, Zenith Halalan.

Baca juga : Tampak Lebih Indah? Begini Potret Menawan Kawah Wurung yang Sepi Pengunjung

Perjalanan Menuju Lokasi

Savana tempat bermain gajah (dok.pribadi)
Savana tempat bermain gajah (c)Zenith Halalan/Travelingyuk

Taman Nasional Way Kambas terkenal karena ada tempat penangkaran hewan langka seperti gajah. Tempat ini terletak di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Dari Bandar Lampung menuju tempat ini, Teman Traveler harus menghabiskan waktu selama 3 sampai 4 jam. Sesampai di gerbang, harus melakukan registrasi dan membayar sebesar Rp20.000 per orang.

Aktivitas Seru di Taman Nasional Way Kambas

Gajah bermain di tempat lumpur dan sambil mencari makan (dok.pribadi)
Gajah bermain di tempat lumpur dan sambil mencari makan (c)Zenith Halalan/Travelingyuk

Ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Way Kambas. Salah satunya melihat atraksi gajah seperti menari, sepak bola, mengalungkan bunga, berjabat tangan, dan juga berenang. Bisa juga melihat interaksi antara gajah dan anaknya atau dengan Mahout (Pelatih Gajah). Hewan bergading ini tidak dikurung dalam kandang besar, tapi dibiarkan bebas di pelataran savana yang hijau.

Area Penelitian dan Pengembangbiakan Hewan Hampir Punah

Anak-anak Gajah (dok.pribadi)
Anak-anak Gajah (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Menurut pengurus tempat penangkaran gajah, ternyata di sini juga terdapat tempat bernama Suaka Rhino Sumatera. Kawasan ini merupakan lokasi pengembangbiakan satwa liar Indonesia berupa badak Sumatera. Di area tersebut juga dijadikan tempat untuk proyek penelitian populasi harimau Sumatera. Kabarnya, tempat tersebut satu-satunya lokasi pengembangbiakan badak Sumatera di dunia. Bahkan, jumlah wisatawan yang masuk dibatasi karena pengelola ingin memfokuskan diri pada kepentingan penelitian dan pengembangan.

Fasilitas Lengkap di Way Kambas

Mahout sedang melatih gajah (dok.pribadi)
Mahout sedang melatih gajah (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Di tempat penangkaran gajah juga memiliki beberapa fasilitas yang disediakan untuk wisatawan. Ada mushola, kamar mandi dan warung makan. Jika Teman Traveler ingin menikmati malam di sini, terdapat dua pilihan. Pertama, menyewa kamar homestay yang sudah disediakan. Sedangkan pilihan kedua mendirikan tenda. Nah, untuk yang ingin menjelajah hutan Way Kambas, bisa bersama dengan gajah dengan membayar Rp350.000. Jika ingin berfoto di atas atau sekelilingnya hanya membayar Rp25.000 per lima menit.

Gajah Lucu dan menggemaskan
Gajah Lucu dan menggemaskan (c) Zenith Halalan/Travelingyuk

Sebenarnya masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang menjadi tempat penangkaran gajah. Sebut saja Medan dan Aceh. Namun, taman nasional Lampung ini merupakan penangkaran terbesar di Indonesia. Pastinya bakal tak mengecewakan liburan ke sini. Bagaimana, semakin penasaran untuk liburan di Taman Nasional Way Kambas? Yuk agendakan dan tetap menjadi traveler bijak selama berlibur. Next

ramadan

Written by Zenith Halalan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Puri Mataram

Wisata Puri Mataram, Taman Liburan di Sleman yang Bisa Jadi Jujukan

via Instagram/sam_kuliner

Tempat Makan Soto di Ponorogo, Alternatif Kuliner Selain Sate untuk Menu Makan Siang