in , , , , ,

Taman Sari Goa Sunyaragi, Wisata Heritage Kota Cirebon

Taman Sari Goa Sunyaragi, Wisata Heritage dan Budaya yang ada di Kota Cirebon

Taman Sari Goa Sunyaragi, Wisata Heritage Kota Cirebon.
Taman Sari Goa Sunyaragi, Wisata Heritage Kota Cirebon.

Kota Cirebon yang terkenal dengan julukan kota Wali yang mana memiliki beberapa keraton yaitu keraton kesepuhan dan keraton kanoman menjadikan Cirebon sebagai kota yang menarik untuk wisata heritage. Wisata heritage merupakan wisata yang menawarkan edukasi tentang bangunan- bangunan kuno yang memiliki nilai, budaya, cerita sejarah yang dapat diwariskan kepada anak cucu. Salah satu wisata heritage yang dapat dikunjungi ketika berlibur ke Kota Cirebon yaitu Taman Sari Goa Sunyaragi.

Baca juga : Tari Kecak, Pesona Magis dengan Beragam Makna Tersembunyi

img_20190804_111852_bB7.jpg
Taman Sari Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Taman  Sari Goa Sunyaragi merupakan komplek bangunan gua peninggalan dari masa kesultanan Cirebon. Sunyaragi diambil dari bahasa sansekerta yang terdiri dari “Sunya” yang artinya sepi dan “Ragi” yang artinya raga. Dahulu kala Taman Sari Goa Sunyaragi dijadikan sebagai tempat peristirahatan Sultan.

img_20190804_113746_Ng3.jpg
Lokasi Komplek Taman Sari Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Lokasi komplek Taman Sari Goa Sunyaragi terletak di Kelurahan Sunyaragi Kec. Kesambi,Kota Cirebon. Akses menuju lokasi sangat mudah karena terletak di samping jalan besar. Goa Sunyaragi buka setiap hari mulai pukul 08.00wib s.d 17.30 wib. Harga tiket masuk kedalam kawasan komplek Taman Sari Goa Sunyaragi sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 10,000,- . Untuk parkir kendaraan motor dikenakan harga sebesar Rp. 2.000,- dan mobil sebesar Rp. 5.000,- 

img_20190804_112755_01_ysj.jpeg
Suasana Taman Sari Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Atraksi wisata di Taman Sari Goa Sunyaragi meliputi wisata heritage dan wisata edukasi bagi pelajar maupun wisatawan yang tertarik dengan sejarah. Dikarenakan bentuk bangunan Goa Sunyaragi yang unik, banyak juga pengunjung yang datang untuk melakukan pemotretan prewedding. Taman Wisata Goa Sunyaragi pun menawarkan atraksi wisata pertunjukan ketika malam tahun baru atau pertunjukan lainnya. 

img_20190804_112340_01_1S5.jpeg
Suasana Taman Sari Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Luas Taman Wisata Goa Sunyaragi sekitar 15 hektar yang mana terdiri dari bangunan goa dan taman. Bangunan Goa Sunyaragi terdiri dari 12 ruang yang memiliki nama-nama tersendiri yaitu Bangsal Jinem, Goa Pandekemasang, Goa Pengawal, Goa Langse, Goa Padang Ati, Goa Peteng, Goa Arga Jumud, Goa Pawon, Goa Lawa, Goa Kelanggengan, Goa Semayang dan Komplek Mande. Masing-masing bangunan memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Misalnya yang paling terkenal yaitu Goa Peteng yang digunakan untuk melatih kekebalan tubuh dan Goa Padang ati yang memiliki fungsi sebagai tempat bersemedi.  Di Goa Sunyaragi terdapat patung batu bernama Perawan Sunti, yang mana tedapat mitos yang sangat terkenal, apabila pengunjung yang datang ke Goa Sunyaragi masih single dan memegang batu tersebut maka dipercaya akan sulit mendapatkan jodoh. Apabila pengunjung secara tidak sengaja sudah menyentuh patung itu, terdapat penangkal untuk mitos tersebut yakni pengunjung harus masuk kedalam Goa Kelanggengan karena dipercaya bisa melanggengkan sesuatu termasuk masalah jodoh.

img_20190804_113600_01_nn8.jpeg
Suasana Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Apabila berkunjung ke Goa Sunyaragi bersama keluarga, kerabat maupun teman, anda bisa membawa tikar dan cemilan untuk dinikmati bersama-sama di taman sekitar Goa Sunyaragi. Terdapat pula cafe dan warung-warung menjual makanan, minuman maupun cemilan. Fasilitas lain yang ada di lokasi wisata yaitu musolah, toilet, tempat pertunjukan dan tempat parkir yang luas. 

img_20190804_111831_jie.jpg
Loket Masuk Goa Sunyaragi via Meta Tiara/Travelingyuk

Taman Wisata Goa Sunyaragi menyediakan jasa tour guide yang dapat menjelaskan asal mula dan sejarah Taman Sari Goa Sunyaragi sehingga sangat cocok untuk wisata heritage bagi anak-anak sekolah yang ingin mengadakan study tour serta cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, kerabat dan teman. Selain harga tiket yang terjangkau dan akses yang strategis di Kota Cirebon, Taman Wisata Goa Sunyaragi menjadi salah satu pilihan wisata heritage selain keraton kanoman maupun keraton kasepuhan yang berada di Kota Cirebon. Next

ramadan

Air Terjun Pengempu, Menimba Keasrian Alam Bali Sambil Detoksifikasi Diri

Mau Kepoin Rahasia Paling Tersembunyi Indonesia? Kunjungi 5 Museum Dunia Ini