in , ,

Taman Suroboyo, Tempat Jalan-Jalan di Kota Pahlawan

Taman Suroboyo
Taman Suroboyo

Kota Surabaya dengan banyak anugerah Adipuranya merupakan salah satu kota di dunia yang mempunyai taman-taman terbaik. Kota Surabaya semakin menjelma sebagai kota seribu taman, salah satunya adalah Taman Suroboyo. Mau lebih tahu tentang Taman Suroboyo?

Baca juga : 3 Pasar Seni Tradisional Bali untuk Berburu Oleh-oleh Lucu dan Murah

1. Lokasi Taman Suroboyo

Tepatnya di Jl. Kenjeran Kedung Cowek Kecamatan Bulak, ada sebuah taman indah yang berada tepat di pesisir pantai di daerah Kenjeran. Kalau dulu Kenjeran menjadi daerah yang terkesan kumuh dan panas, dengan adanya Taman Suroboyo ini Kenjeran menjelma sebagai daerah kunjungan wisata dan dikunjungi banyak orang dari dan luar Kota Surabaya. 

2. Ikon Taman Suroboyo

Namanya saja Taman Suroboyo, maka di taman yang indah ini pun berdiri megah patung ikon Kota Surabaya di tengah-tengah taman. Patung ini bisa kita lihat begitu kita sampai di depan area taman. Tepat di depan patung megah ini ada pelataran untuk tempat kita berfoto sepuas-puasnya.

3. Melihat Aktifitas Nelayan Di Pantai

Siapa yang tidak kenal daerah bernama Kenjeran, daerah ini memang dikenal sebagai kawasan pesisir Surabaya yang tepat berada di tepi laut. Kenjeran sejak dahulu menjadi tempat aktifitas dan juga menjadi tempat hunian para nelayan. Kalau kita mengunjungi Taman Suroboyo yang letaknya tepat di bibir pantai Kenjeran ini sudah pasti kita juga bisa melihat aktifitas keseharian nelayan. Banyak kapal pencari ikan milik nelayan setempat yang bersandar di sepanjang pantai yang bisa kita lihat langsung dari area Taman Suroboyo. Tentu ini menjadi pemandangan menarik tersendiri yang bisa kita abadikan.

4. Sarana Bermain Anak-Anak

Datang ke Taman Suroboyo di sore hari adalah waktu yang paling pas sambil menikmati angin laut sore yang semilir. Tapi tentunya makin asik kalau kita mengajak anak-anak ke tempat ini, karena di Taman Suroboyo ini menyediakan beberapa fasilitas bermain anak. Salah satu yang bisa dinikmati adalah penyewaan mobil mainan.

Selain menyewa mainan yang disediakan di area Taman Suroboyo, di tengah area taman ini juga dibangun area bermain anak. Di sini anak-anak bisa bebas bermain sepuasnya tanpa dipungut biaya.

5. Tempat Bersantai Dan Berkumpul

Taman Suroboyo memang didesain untuk tempat berkumpul. Ini terlihat dengan disediakannya area berkumpul yang luas di depan patung suroboyo yang megah. Area berkumpul ini terlihat sangat bersih dan rapi dengan banyak tempat duduk yang mengelilingi tempat ini. Duduk di tempat ini  bersama teman-teman sambil menikmati suasana dan memandang patung suroboyo sebagai ikon taman ini sungguh sangat menyenangkan. Ditambah lagi dengan adanya banyak pepohonan yang mengelilinginya menjadikan tempat ini teduh.

6. Taman Bunga Yang Indah

Setelah kita menemukan area berkumpul, tempat duduk yang banyak, serta tempat bermain anak-anak, di sisi kiri Taman Suroboyo juga terdapat sebuah taman bunga dengan rerumputan hijau yang indah. Selain itu juga disediakan track untuk jogging atau sekedar jalan-jalan sehat di area taman ini yang bisa kita manfaatkan untuk olahraga pagi atau sore hari. Selain itu keberadaan taman bunga ini membuat suasana taman menjadi adem di tengah panasnya sekitaran Kenjeran.

7. Bisa Belanja Hasil Laut Segar

Masih di Jl. Kenjeran Kecamatan Bulak, selain ada sebuah Taman Suroboyo yang hits di tepat di depannya juga ada sebuah bangunan Sentra Ikan Bulak. Di Sentra Ikan Bulak ini menyediakan ikan-ikan segar hasil dari nelayan melaut yang tentunya masih sangat fresh. Tempat ini sangat cocok untuk tengkulak yang memiliki usaha rumah makan. Selain itu kita juga bisa membeli ikan-ikan matang yang siap kita jadikan lauk. Tidak itu saja, di sini juga tersedia sentra makanan atau food court yang bisa kita kunjungi kalau kita merasa lapar saat mengunjungi Taman Suroboyo.

8. Ada Taman Bulak Di Seberang Taman Suroboyo

Ternyata memang pembangunan Taman Suroboyo di Kecamatan Bulak ini tidak berdiri sendiri, itu terlihat dengan adanya fasilitas lain di sekelilingnya. Selain di depannya kita bisa menemukan Sentra Ikan Bulak, masih di seberang Taman Suroboyo kita juga bisa menemukan satu taman lagi yang Bernama Taman Bulak.

Masuk ke area Taman Bulak yang tepat berada di seberang Taman Suroboyo ini kita akan menemukan banyak tempat bermain anak. Berbeda dengan Taman Suroboyo di depannya, Taman Bulak ini lebih dikhususkan untuk area bermain anak. Di tengah taman yang rindang dengan banyak tanaman hijau ini kita bisa menemukan berbagai spot mainan anak yang dicat warna-warni.

Satu hal yang menjadi persamaan Taman Bulak ini dengan Taman Suroboyo, yaitu sama-sama punya tempat untuk berfoto. Di Taman Bulak ini disediakan jembatan-jembatan unik d atas sungai yang bisa kita gunakan untuk berfoto atau sekedar selfie.

Mendatangi Taman Suroboyo di Kecamatan Bulak ini ternyata bukan hanya untuk kita bermain saja, karena memang banyak sekali fasilitas dan spot yang kita dapatkan. Walaupun berada di pesisir Kenjeran yang dikenal kumuh tapi ternyata cukup menghibur, jadi tidak ada salahnya kalau kita menyempatkan ke sini. Next

ramadan
Bali Culture Center

Bali Culture Central, Pusat Kebudayaan Pulau Dewata

Fi dilarang memetik bunga edelweis

Dilarang Memetik Bunga Edelweis! Jika Tak Ingin Denda Rp 100 Juta, Berikut Aturannya