in , ,

Bali Culture Central, Pusat Kebudayaan Pulau Dewata

Bali Culture Center
Bali Culture Center

Siapa sih  yang masih belum kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Pusat Budaya Yapp Bali Tentu-nya. Untuk kalian yang penasaran dengan tempat wisata yang satu ini, yuk kita simak bersama artikel ini. Bali Culture centre  atau yang disingkat menjadi BCC ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Pulau Bali. BCC dikenal dengan taman kecil Bali.

Baca juga : Resto Ini Masih Baru dan Langsung Hits di Banyuwangi

BCC didirikan oleh Pande Ketut Krisna pada bulan Juli 2007 di Banjar Nyuhkuning, Perkampungan Ubud, Kabupaten Gianyar. BCC berdiri dengan luas tanah 5 hektar.

Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai seni dan budaya di Pulau Bali seperti tari-tarian khas Bali, pertunjukan wayang lemah, pembuatan sesajen, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah pertunjukan-pertunjukan yang sering dilakukan di BCC,

Tari Seka Jagad (Penyambutan)

Tarian Seka Jagad atau tari  penyambutan merupakan tarian yang disuguhkan saat kita pertama kali berkunjung ke BCC. Para penari akan membawa hasil-hasil pertanian. Biasa-nya tari-an ini diiringi oleh orkes khas bali (bleganjur). Tarian ini berfungsi untuk menyambut pengunjung dan menghantarkannya ke Museum Panca Yadnya.

Tari Barong Macan

BCC keren

Tari Barong Macan merupakan salah satu tarian tradisional khas Bali yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sesuai namanya barong. Pementasan menari ini biasanya dengan ngelawang keliling desa. Terkadang pementasan barong ini dilengkapi dengan Arja (opera tradisional Bali). Tari Barong Macan dilakukan oleh dua penari dengan diiringi gamelan batel.

Tari Topeng Lucu

Tari Topeng Lucu merupakan salah satu tarian tradisional khas Bali yang bermuatan lokal dan cukup terkenal di kalangan masyarakat. Selain sifat menari-nya yang menghibur, menari  ini juga memiliki nilai-nilai yang mendukung. Sesuai dengan namanya, penari topeng lucu ini memang menggunakan topeng yang berwajah lucu. 

Tari Topeng Tua

Tari Topeng Tua juga merupakan salah satu tarian tradisional khas Bali yang bermuatan lokal dan cukup terkenal dikalangan masyarakat. Sama hal-nya dengan tari topeng lucu, menari ini nemiliki sifat yang mendukung dan memiliki nilai-nilai yang mendukung. Tidak lupa juga  penari ini menggunakan topeng yang berwajah tua.

Tari Pergaulan

Tari Pergaulan merupakan salah satu tarian khas daerah Bali. Pada saat menari ini, biasanya pengunjung harus ikut menari di atas Nyoman Mardika sebagai penghormatan bagi sang penari. Tentu saja menari  ini juga dapat mempererat rasa pesaudaraan.

Pertunjukan Wayang Lemah

Wayang Lemah merupakan salah satu jenis pertunjukan di Bali yang perlu difungsikan untuk “ngruwat”. Wayang ini biasa-nya dipentaskan saat siang dan malam hari, sesuai dengan Yadnya yang dipentaskan. Pementasan-nya menggunakan kelir benang tukelan yang berisi susun masing-masing berisi uang 11 keping.

Pertunjukan Cara Membuat Sesajen

Selain mempertontonkan tari-tari tradisional dan wayang, di BCC juga menpertunjukan proses atau cara pembuatan sesajen.

Pertunjukan Proses Penumbukan Padi Menggunakan Lesung

Di BCC juga memulai proses penumbukan padi pada zaman dulu dengan menggunakan lesung.

Nah itu tadi merupakan sedikit informasi tentang Bali Culture Center. Semoga bermanfaat:) Next

ramadan
Fi Gunung Patah

Gunung Patah di Bengkulu Memiliki Jalur Pendakian Ekstrem dan Rumah Bagi Bunga Langka

Taman Suroboyo

Taman Suroboyo, Tempat Jalan-Jalan di Kota Pahlawan