in , ,

Wisata Taman Topi Bogor, Hepi Tanpa Bikin Kantong Kempes

Berakhir Pekan dengan Modal Murah di Taman Topi Bogor

Taman Topi Bogor
Taman Topi Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menghabiskan akhir pekan tak melulu harus jalan-jalan ke tempat jauh atau mahal. Jika dompet Teman Traveler sedang tiris, kalian bisa coba cari destinasi murah meriah untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Taman Topi yang berada dekat Stasiun Bogor. Yuk, simak keseruan apa saja yang ada di sana.

Baca juga : 7 Hal yang Sering Terlewatkan Ketika Mengunjungi Lawang Sewu di Semarang

Menuju Taman Topi

Stasiun Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kala berkunjung ke sini, saya berangkat dari arah Depok dengan menumpang commuter line. Begitu sampai di Stasiun Bogor, perjalanan saya lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 200 meter untuk menuju tujuan akhir. Bagaimana, lumayan dekat dan sangat praktis bukan Teman Traveler?

Taman Rekreasi Gratis

Bangunan berbentuk topi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kawasan ini disebut Taman Topi lantaran di lahannya yang seluas dua hektar ini terdapat beberapa bangunan dengan atap mirip topi raksasa warna-warni. Namun ada juga yang bagian atasnya dibentuk serupa buah-buahan.

Bangunan lainnya (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memasuki kawasan ini Teman Traveler takkan dikenakan tiket masuk. Pengecualian jika kalian datang dengan menumpang mobil atau motor pribadi, wajib merogoh kocek untuk biaya parkir.

Taman Ade Irma Suryani

Pintu masuk Taman Ade Irma Suryani (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Menariknya lagi, di kawasan ini terdapat objek wisata lain bernama Taman Ade Irma Suryani. Sejatinya nama tersebut merupakan sebutan asli dari komplek taman ini. Namun lantaran ada banyak bangunan dengan atap unik di dalamnya, masyarakat lebih mengenal tempat ini dengan sebutan Taman Topi.

Masuk Taman Ade Irma Suryani, Teman Traveler akan menemukan banyak wahana permainan anak seperti bom-bom car, monorail, gajah terbang, komidi putar, hingga flying fox. Untuk masuk sini, kalian harus membayar tiket masuk Rp9.000. Sementara untuk menjajal wahana yang ada, tiketnya bervariasi mulai dari Rp6.000 sampai Rp15.000. Cocok banget buat kalian yang sedang jalan-jalan bersama Si Kecil.

Kuliner di Taman Topi

Food court di sekitar taman (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagian lain yang tak kalah seru dari taman ini adalah food court dengan aneka jenis kuliner, termasuk soto mie – sajian khas Bogor. Teman Traveler bisa menemukan pujasera ini di salah satu sudut di dekat pintu masuk taman. Di bagian lain, terdapat deretan warung makan dan gerobak kali lima yang menawarkan aneka menu berbeda.

Es puter durian (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kala mampir ke sini terakhir kali, saya memutuskan menyantap soto mie dan menjajal es puter durian yang jadi salah satu favorit pengunjung. Seporsi soto mie ditawarkan seharga Rp15.000, sementara es puter-nya bisa ditebus dengan bermodal Rp4.000 saja. Hmm, tak perlu keluar biaya mahal sudah bisa mengenyangkan perut di sini Teman Traveler.

Jalan Kaki di Sekitar Taman

Jalur nyaman untuk pedestrian (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Puas menelusuri taman, Teman Traveler sebaiknya jangan langsung beranjak pulang. Cobalah menjelajahi area sekitar. Kehadiran trotoar lebar dan deretan pepohonan rindang bakal membuat kalian merasakan asyiknya menikmati suasana Bogor.

Rusa di Istana Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berjalan kaki sebentar ke arah Kantor Wali Kota Bogor, Teman Traveler bisa sekalian menyeberang ke Istana Bogor untuk melihat dan memberi makan rusa. Sekadar informasi, rusa-rusa di sana jumlahnya mencapai ratusan lho. Para pejalan kaki diperbolehkan memberi makan dari luar pagar istana. Seru, kan?

Penataan Kawasan Taman

Tourist Information Center (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kabarnya dalam waktu dekat taman ini akan ditata ulang untuk dijadikan Alun-alun Bogor dan sekaligus terintegrasi dengan Stasiun Bogor serta Masjid At-Taqwa. Dengan demikian, warga Kota Hujan akhirnya bisa memiliki ruang publik di pusat kota, fasilitas yang selama ini diidam-idamkan. Wah, semoga bisa segera terlaksana ya.

Nah, itu tadi pengalaman berkesan saya berakhir pekan di Taman Topi. Biar Teman Traveler nggak penasaran, jangan lupa sempatkan singgah kemari jika sedang wisata di Bogor. Next

ramadan

Konservasi Mangrove dan Balai Nelayan Manyar, Wisata Gresik yang Jarang Diketahui

Resto Bawang Putih Depok

Resto Bawang Putih Depok, Nikmatnya Hidup Tanpa Micin