in , ,

Tandon Ciater, Ekowisata Danau Buatan Tengah Kota

Jalan-jalan Nikmati Indahnya Tangerang di Tandon Ciater

Tandon Ciater
Tandon Ciater (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Tandon Ciater bisa jadi alternatif bagi Teman Traveler yang masih bingung hendak ke mana weekend ini. Meski sudah memasuki tengah bulan dan kantong mulai menipis, kalian bisa tetap refreshing di wisata Tangerang ini. Pasalnya eko wisata satu ini sama sekali tak menguras kantong.

Baca juga : 5 Tips Ampuh Buat Kamu yang Takut Naik Pesawat

Selain jalan-jalan, Teman Traveler juga bisa belajar cara melestarikan lingkungan lho. Tandon sendiri merupakan waduk buatan yang berfungsi sebagai resapan air dan penahan banjir. Namun selain itu masih ada banyak fasilitas lain. Yuk, simak ulasan soal Tandon Ciater di Tangerang berikut ini.

Rumah Joglo Betawi di Tandon Ciater

Rumah Betawi dengan aula luas (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Beberapa meter dari gerbang masuk Teman Traveler akan melihat rumah joglo khas Betawi di sisi kanan. Posisinya lebih tinggi dibanding jalan utama. Berukuran lumayan besar, rumah biasa digunakan untuk menggelar acara atau perayaan khusus.

Selain bangunan ini, masih ada dua rumah khas Betawi lainnya. Letaknya persis di samping waduk, namun dengan ukuran lebih kecil.

Mushola

Mushola yang cukup bersih (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin melaksanakan sholat, tidak perlu keluar area tandon. Pengelola sudah menyediakan mushola bersih dan dirawat langsung di bawah pengawasan Dinas Pemkot Tangerang Selatan. Kalian bisa menemukan mushola ini di samping kanan rumah joglo utama.

Toilet

Tidak usah khawatir juga bagi Teman Traveler yang tiba-tiba kebelet ingin buang air kecil. Langsung saja meluncur ke toilet yang ada tepat di belakang mushola. Kondisinya juga bersih dan nyaman.

Food Court

Lapar saat jalan-jalan? Hal tersebut juga sudah diantisipasi pengelola Tandon Ciater. Teman Traveler bisa menikmati aneka kuliner Tangerang yang ‘murmer’ alias murah meriah di food court dekat gerbang masuk. Inilah yang dinamakan psychology of tourism, semua tata letak fasilitas sudah direncanakan matang hingga memudahkan pengunjung.

Playground

Area paling digemari anak-anak (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin membawa si kecil menghirup udara segar juga cocok lho, datang ke tempat ini. Ketimbang buah hati hanya berdiam di rumah dan sibuk dengan gadget, ia bisa diajak bermain sepuasnya di playground sambil menikmati indahnya ruang terbuka.

Teman Traveler penasaran ingin tahu harga tiket masuk Tandon Ciater? Saya spoiler…GRATIS alias tidak bayar sama sekali. Destinasi ini termasuk fasilitas umum seperti taman kota, sehingga pemkot tidak menarik pungutan untuk akses masuk.

Teman Traveler cukup bayar tiket parkir jika menumpang kendaraan sendiri. Tenang saja, tarifnya tidak dihitung per jam seperti di mall kok. Pemilik sepeda motor cukup membayar Rp3.000 dan mobil Rp5.000. 

Pengunjung bisa keliling tandon naik kuda (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan menemukan beberapa arena bermain yang dikelola penduduk setempat. Kalian bisa mencoba asyiknya becak mini, bersepeda keliling tandon, berkuda, bermain pasir kinetik, dan masih banyak lagi keseruan lainnya. Semua ditata dengan cukup rapi.

Salah satu mata pencaharian yang dikelola oleh masyarakat setempat disini
Wahana becak mini (c) Parstya Arghawaty/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Tandon Ciater, ekowisata dekat Tangerang yang bisa kalian kunjungi akhir pekan ini. Pesan buat Teman Traveler yang ingin berkunjung, selalu jaga kebersihan lingkungan meski masuk kawasan ini sama sekali tak dipungut tiket masuk. Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk bertandang ke wisata ini? Next

ramadan

The Most Magnificent Waterfalls in West Kalimantan

Petualangan di Gunung Ciampea

Mengagumi Bogor dari Ketinggian di Gunung Kapur Ciampea, Indahnya Bikin Menganga